Pengalaman Memakai Daihatsu Xenia Li 1000cc Dari 2011

Review pengguna daihatsu xenia li family 2011
daihatsu xenia li family 2011
Postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang mobil daihatsu xenia yang alhamdulillah sudah saya pakai sejak 2011 sampai sekarang 2019.

Mobil saya adalah Daihatsu Xenia Li Family warna merah maroon dengan kapasitas 1000cc bertransmisi manual dan berpenggerak belakang (RWD). Xenia Li ini juga belum ada safety tambahan seperti Airbag dan Rem ABS.

Ketika itu type xenia ini dibagi dalam 3 varian yaitu deluxe,family dan sporty. Diantara ketiga type itu hanya berbeda di aksesoris saja, selebihnya hampir sama.

Waktu itu saya membelinya dengan cara kredit alias hutang ke leasing adira dengan tenor 5 tahun dengan DP 40juta dan angsuran perbulan sekitar Rp 2.350.00 flat selama 5 tahun dengan asuransi full allrisk selama 5 tahun juga. Silahkan dibaca beda asuransi Allrisk dan TLO.

Selama hampir 9 tahun mobil ini saya kendarai, alhamdulillah belum pernah terjadi masalah yang berat atau kerusakan fatal. Xenia saya ini sudah terbukti aman untuk berkendara jarak jauh dan sudah sampai di beberapa kota seperti , jakarta, bogor, sukabumi, cianjur, bandung, semarang, yogyakarta, klaten, solo, tawang mangu, sidoarjo, gresik, tuban, malang dan kota lain.

Total jarak tempuh mobil saya sampai saat ini adalah 120km dan saat ini mobil saya jarang keluar 
karena sering terjebak macet semenjak adanya kereta KRL yang melewati cikarang.

Dari pengalaman saya selama ini, type xenia ini memang tergolong irit bahan bakar tapi dengan beberapa perlakuan seperti ini :
1.Melakukan perpindahan gigi dengan rpm dibawah 3000
2.Melaju di jalanan datar
3.Akselerasi pertama harus pelan-pelan atau jangan langsung dibejek seperti mobil ber cc besar alias harus sabar.

4.Isi penumpang sedikit
5.Jika perlu jangan gunakan AC hehe
Saya menghitung konsumsi bahan bakar dengan metode full to full


Namun, ada beberapa kelemahan juga yang saya rasakan untuk xenia 1000cc saya ini:
1.Tarikan atau akselerasi awal lebih lambat dan berat karena hanya1000cc
2.Di siang hari suhu didalam mobil lumayan panas, terutama pada bangku baris ke dua dan ke tiga karena xenia ini hanya mempunyai single blower di dashboard saja.
3.Di tanjakan tenaganya memang agak berat, sehingga bensin lumayan agak boros. Namun xenia ini tetap kuat naik tanjakan curam karena memakai sistem penggerak roda belakang walaupun agak pelan.
4.Suara mesin lebih berisik dan terdengar sampai kabin, terutama untuk RPM tinggi.

5.Limbung,karena ground clearence mobil ini tinggi dan berjenis MPV
Daihatsu xenia 1000cc di jalan tanjakan curam
Melewati jalan sarangan-tawangmangu dengan xenia 1000cc
Dari segi perawatan dan spare part, mobil ini juga tergolong mudah dan harga spare part juga tidak terlalu mahal serta berlimpah dipasaran dari yang original atau kanibal dari mobil lain. Jadi untuk yang baru mempunyai mobil dan belum paham tentang mesin,xenia cocok untuk anda.

Untuk perawatan, pada tahun tahun awal saya selalu melakukan service rutin ke bengkel resmi daihatsu. Namun beberapa tahun belakangan, saya melakukan service sendiri di rumah atau dengan teman. Dengan alasan tentunya untuk menghemat biaya serta biar tahu tentang mobil walau sedikit. Jadi jika nanti ada masalah yang ringan minimal saya bisa memperbaiki sendiri.

Beberapa service atau perawatan ringan yang biasa saya kerjakan sendiri dirumah seperti : Ganti oli mesin, Ganti oli transmisi,Ganti oli gardan,Tune up,Ganti shockbreaker, Ganti lampu belakang,Stel kopling dan lain lain
Kalau sekiranya terlihat sulit, saya bawa ke bengkel langganan non resmi.

Daihatsu xenia ini menurut saya mobil yang serba guna, bisa digunakan untuk jalan-jalan dengan anggota keluarga dan bisa juga sebagai mobil pengangkut barang. Mobil ini tangguh di segala medan, jalan rusak, jalan keriting semua bisa dilibas aman.
Daihatsu xenia 1000cc 2011 yang serbaguna
Daihatsu xenia 2011 untuk angkut barang

Daihatsu xenia 1000cc 2011 yang serbaguna
Daihatsu xenia 2011 untuk angkut barang
Selama 8 tahun pemakaian, berikut adalah beberapa masalah atau kerusakan yang saya alami dan yang pernah saya repair ataupun yang harus ganti spare part,antara lain :

1.Ganti kampas kopling full set.
Karena memang sudah usianya. 4 tahun lalu harga dan ongkos jasa pasang sekitar Rp 1.500.000. Begini cara cek kampas kopling aus atau masih bagus

2.Central Door Lock.
Ini masalah pada motor pengaitnya, jadi ketika di kunci dengan remot, pintu yang lain tidak ikut terkunci. Tetapi ketika dikunci manual, semua pintu ikut terkunci. Seingat saya dulu 200ribu untuk barang dan jasanya.


3.Ganti Timing belt
Untuk xenia 1000cc ini masih memakai type belt. Menurut buku panduan, agar aman maka harus diganti ketika mobil sudah berjalan di 100km. Yang ini saya hanya beli barangnya saja sekitar Rp 150.000 dan dikerjakan oleh teman saya

4.Ganti karet stabilizer belakang
Gejala karet ini perlu diganti biasanya ada bunyi jedug ketika melewati jalan keriting atau berlobang. Harga karet ini sekitar 25ribuan dan bisa diganti sendiri

5.Tambah baut spooring
Saya lupa namanya,tapi di xenia ini tidak ada baut untuk spooring. Kata mekanik harus beli bautnya sekitar Rp 125.000 plus ongkos pasang agar roda bisa dilakukan spooring.

6.Ganti fanbelt
Fanbelt yang sudah retak ini biasa menjadi penyebab adanya bunyi berdecit pada ruang mesin. Kalau belum terlalu parah rusaknya masih bisa dibenerin tapi lifetimenya hanya sebentar. Daripada nanti putus dijalan, saya memilih ganti baru. Biayanya lupa

7.Ganti Door Switch
Switch ini biasanya sobek area rubbernya,jadi mudah konslet dan terkadang alarm bunyi sendiri. Harga door switch atau sensor pintu sekitar 40ribu dan menggantinya pun cukup mudah, ini saya lakukan sendiri. Caranya bisa dilihat disini

8.Service AC
Utuk service ac, saya bawa ke spesialis ac di daerah lenteng agung

9.Ganti wiper depan
Untuk wiper depan saya sudah mengganti dua kali. Saya mengganti dengan wiper frameless yang saya beli dari toko online. Dan saya ganti sendiri dirumah,saya membeli wipernya saja. Harganya macam-macam,tergantung merk dan ukuran wiper


10.Aki Tekor
Sudah 2 kali saya mengalami aki soak ini. Awalnya saya coba jumper akinya,namun beberapa bulan udah mati. Berarti memang usia akinya yang harus waktunya ganti baru. Saya mengganti dengan aki kering seharga 800ribu

11.Kaca tidak bisa digerakkan,sein mati,ac mati dan sensor mundur juga mati berbarengan
Setelah saya cek satu persatu ternyata ada sekering /fuse yang putus.

12.Kaca spion Getar

Kaca spion yang getar bisa menghalangi pandangan sopir. Segera lakukan perbaikan jika kaca spion getar atau kendor . Ini gratis dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

13.Nozzle wiper
Saya mengganti nozzle wiper dengan part kualitas no 2 karena wiper sempat mampet tidak keluar air. Dulu saya beli nozzle seharga 40ribu dan saya kerjakan sendiri.

Masih ada beberapa kerusakan-krusakan kecil yang menurut saya tidak terlalu berpengaruh dengan fungsional dan performa.
Daihatsu xenia Li Family 1000cc 2011 merah maroon
Daihatsu xenia Li Family 1000cc 2011 merah maroon
Selain beberapa kerusakan diatas, saya juga menambahkan atau mengganti beberapa part yang fungsional atau sekedar untuk penampilan, Seperti :
1.Sarung jog

Saya mengganti kulit jog bawaan xenia ini dengan kulit Mbteck dan dijahit permanen. Kira-kira tahun 2012 saya meggantinya dengan harga Rp 2.400.000 untuk 3 baris.

2.Ganti headlamp Projie
Selain karena tampilan,saya juga ingin agar sinar lampu lebih terang. Karena mengganti bohlamp dengan watt lebih besar bisa bahaya,maka saya putuskan mengganti headlamp bawaan daihatsu xenia dengan HID Projie custom. Sudah dua kali saya memakai projie yang berbeda.

3.Ganti velg
Xenia Type family ini sudah memakai velg racing alloy wheel dengan ukuran 13". Saya menggantinya dengan velg ukuran lebih besar yaitu 15"

4.Ganti Lampu Kabin
Saya mengganti lampu kabin bawaan yang agak redup dengan lampu kabin jenis LED agar lebih terang

5.Rear Cam atau Kamera Mundur
Saya juga menambahkan perangkat kamera mundur untuk membantu melihat obyek di belakang mobil lebih terlihat jelas. Lebih jelas silahkan baca cara pasang kamera mundur

6.Head Unit
Head unit xenia ini masih type jadul yaitu masih  menggunakan kaset pita dan radio saja. Tidak ada bluetooth dan juga pemutar CD. Saya menggantinya dengan Head unit merk Nakamichi

7.Modul genit/Modul Pesawat
Modul pesawat ini posisinya di lampu spoiler. layaknya lampu pesawat,kalau tidak di rem dia akan kedip lambat dan kalau di rem dia akan berkedip cepat

8.Ganti Knalpot Racing

Awalnya saya mau ganti knalpot racing full sampai header. Tapi karena masih awam pengetahuan, akhirnya cuma dari resonator ke muffler saja.

9.Pasang Audio
Selain mengganti head unit saya juga memasang audio tambahan yaitu subwoofer dan power namun untuk kelas telinga awam. Tidak untuk kontes atau memakai custom audio yang wah. Dulu pasang 1 set seharga Rp 1.800.000 sudah terima beres.

10.Indiglow Speedometer
Tampilan speedometer xenia ini masih berwarna orange semua. Jadi saya rubah menjadi warna warni atau indiglow. Caranya bisa anda baca disini

11. Indicator Pintu
Mobil xenia fiturnya masih sangat minim, bahkan untuk sekedar indikator pintu terbuka saja belum difungsikan. Ini hanya bermodal lampu T5 dan membuka speedometer saja lalu pasang lampunya

12.Ganti Per ceper
Modifikasi ceper xenia atau avanza ini menurut saya susah susah gampang. Gampang jika hanya mencari tampilan saja, tapi susah jika mengejar sisi kenyamanan dan keamanan.

Beberapa kali saya sudah mencoba dengan ganti2 per biar jadi ceper tapi tetep kurang pas. 
Pakai per OEM Xenia di potong 
Pakai Per vios dan Custom
Pakai Per Great Corolla dan BMW
Tadinya mau pakai per Eibach tapi sudah terlanjur di standarin karena dikomplain istri terus ☺
Mengganti per belakang bisa saya lakukan sendiri,tapi untuk per depan saya bawa ke bengkel kaki-kaki.

13.USB Port Charger
Supaya sewaktu didalam mobil tidak rebutan charger,maka saya juga memasang port charger tambahan di samping tombol hazard. Disitu ada satu button yang tidak ada fungsinya

14.Pasang Lampu DRL
Mobil keluaran lama seperti xenia belum ada lampu DRL bawaan pabrik seperti mobil keluaran terbaru saat ini. Maka saya tambahkan lampu DRL di bumper depan

Masih ada beberapa yang tidak saya tuliskan disini. Secara keseluruhan,mobil daihatsu xenia 1000cc ini sudah cukup buat mobilitas saya. Untuk jarak dekat atau jarak jauh,dengan lalu lintas lancar maupun stop go seperti jakarta.

Ini adalah sedikit review dari saya tentang daihatsu xenia 1000cc type Li Family 2011. Anda bisa berbagi pengalaman atau review di kolom komentar blog ini.

2 comments for "Pengalaman Memakai Daihatsu Xenia Li 1000cc Dari 2011"

Martinustok September 3, 2020 at 6:10 PM Delete Comment
Mohon info bengkel non resmi tapi recommended. Terima kasih
Bimbingan dan Konseling Islam April 6, 2023 at 11:21 PM Delete Comment
Terima kasih sharing pengalaman nya sangat bermanfaat bagi saya yg baru punya mobil yang xenia 1000 cc