Lampu Sein Mati,AC mati, Dan Kaca Pintu Tidak Bisa dibuka.Ternyata Ini Penyebabnya

Berbagi pengalaman saja,Kemarin sore selesai bekerja dari pabrik,seperti biasa saya langsung pulang kerumah melalui jalur biasa yang setiap hari saya lewati.Saya mengendarai mobil dengan kecepatan rata rata tidak lebih dari 40KM/Jam.Ini dikarenakan jalan yang yang saya lewati untuk pulang lumayan padat.Hampir 1 jam 30 menit waktu yang saya butuhkan untuk jarak tempuh sekitar 15KM.

Dalam perjalanan itu semua fungsi mobil tidak ada masalah,dari lampu sein dan kacanya masih berfungsi dengan baik.Lampu sein masih bisa menyala ketika tombol saya geser dan Kaca kaca pada pintu juga bisa bergerak naik maupun turun ketika tombol di panel pintu saya tekan atau tarik.

Namun setelah mendekati rumah sekiranya kurang 1km lagi,tiba tiba saja lampu sein saya mati.Tombol sudah coba saya gerakkan namun tetap tidak ada lampu kuning berkedip.Baik lampu yang diluar maupun lampu indicator yang ada pada dashboard mobil.

Begitupun dengan lampu hazard,saya pencet tombolnya juga lampu sein tidak menyala.Sedikit bahaya juga jika lampu sein kendaraan kita tidak berfungsi.
Ketika mau berbelok saya pun jadi berpikir bagaimana caranya supaya kendaraan lain mengetahuinya.Karena lampu sein tadi mati maka saya berencana memakai isyarat tangan kanan melalui pintu sopir.Sebelum sampai ditikungan saya persiapkan dulu supaya tidak terburu buru.

Tombol kaca yang ada dipanel pintu saya tekan supaya kaca bisa turun namun yang terjadi kaca tetap tidak mau turun.Dan saya coba tekan tombol untuk semua kaca  namun hasilnya tetap sama.Akhirnya saya harus menunggu jalanan sedikit sepi dulu supaya bisa berbelok dengan aman.
Saya sempat bingung apa penyebabnya kenapa tiba tiba saja lampu sein mobil mati dan kaca saya tidak berfungsi sekaligus. Saya coba nyalakan AC ternyata tidak bisa juga.Apanya yang error? Sampai dirumah setelah istirahat sejenak saya langsung periksa mobil saya untuk mencari tahu masalah penyebab dari sein mati serta kaca pintu tidak bisa digerakkan.

Saya mulai periksa dari bagian sekeringnya,perkiraan saya sementara mungkin ada sekering (fuse) yang putus.Saya mulai dari sekering yang ada dibagian depan atau di samping ruang mesin.Saya cek semua sekering satu persatu  apakah ada yang putus dan ternyata sekering masih dalam keadaan baik semua. 
                   : Cara ganti lampu kabin dengan LED

Kemudian saya beralih ke sekering yang ada didalam dashboard.Letak sekering yang didasboard ada di sebelah bawah setang kemudi dibagian sampingnya.Untuk melihatnya kita harus membuka penutup yang ada dibawah stirnya.Lepaskan dua baut (plus) yang terdapat di sisi kanan dan kiri kemudian tekan pengunci yang ada ditengahnya.

Setelah itu terlepas maka tengoklah ke samping kanan.Maka akan terpampang tempat sekeringnya.


Sekering dibagian ini saya periksa satu persatu seperti tadi yang ada di bagian depan.Dan setelah saya cek semua,saya menemukan ada satu sekering (fuse) yang putus.Sudah tahu kan tanda sekering mobil yang putus? 

Caranya Lihat atau diterawan saja nanti kelihatan ada plat tipis dibagian dalamnya yang sudah tidak tersambung.JIka tidak kelihatan bisa pakai lampu senter. 
cara mengatasi lampu sein mati dan kaca pintu tidak mau digerakkan
Posisi sekering avanza xenia disebelah kanan
Letak sekering avanza xenia
Letak sekering avanza xenia 
Baca juga : Sensor mundur dan kamera parkir tiba tiba mati,ini penyebabnya
Sekering yang mati tadi adalah sekering warna merah dengan tulisan dibadanya 7.5A. Untuk kode dibagian tutupnya adalah sekering untuk IG/Back 7.5A . 

Saya menggantinya dengan yang baru,kebetulan ada spare dilaci mobil saya.Setelah saya ganti dengan yang baru kemudian saya test untuk fungsi lampu serta kaca pintu yang tadi error.

Dan hasilnya lampu sein kembali menyala dan kaca pintu mobilpun bisa turun naik lagi seperti sebelumnya. Ternyata penyebabnya adalah sekering yang putus tadi.Itu tadi cara mengatasi lampu sein mobil yang mati.

Sebaiknya kita sediakan spare beberapa sekering didalam mobil untuk berjaga jaga jikalau ditengah perjalanan sekering mobil kita putus. Harga sekering ini murah dan bisa dibeli ditoko aksesoris atau onderdil mobil. Sediakan semua jenis yang dipakai misalnya 7.5A,10A,15A dan lainya. 

Saya lupa memberitahu bahwa kejadian ini adalah cara untuk mengatasi lampu sein avanza atau lampu sein xenia mati. Mobil lain mungkin bisa dipraktekan juga.
                    : Cara jumper aki mobil dengan motor

Demikian pengalaman saya tentang sein yang tiba tiba mati dan kaca pintu mobil yang tidak bisa digerakkan.Semoga bermanfaat.

23 comments for "Lampu Sein Mati,AC mati, Dan Kaca Pintu Tidak Bisa dibuka.Ternyata Ini Penyebabnya"

Unknown January 25, 2018 at 2:03 AM Delete Comment
Terimaksih maz cecep
Unknown May 25, 2018 at 9:14 AM Delete Comment
Terimakasih mas bos. Jam 9.30 pm td saya menggalami hal yg serupa dgn anda. Akan saya cek sikring yg anda sebutkan tadi.
Unknown August 7, 2018 at 1:53 AM Delete Comment
Saya sudah cek semua sikring tapi tdk ada yang putus tapi power window AC dan lampu sein belum jadi
Unknown August 7, 2018 at 2:06 AM Delete Comment
Saya sudah cek semua sikring dalam keadaan baik... Tapi AC power window dan lampu sein belum juga jadi. Mohon bantuannya
Unknown August 9, 2018 at 7:09 AM Delete Comment
Kalau d skring ig/back tidak ada api penyebab ny apa
Unknown August 11, 2018 at 7:24 AM Delete Comment
Kebetulan saya mengalami hal serupa dan sudah say cek semua sekring berfungsi dgn baik (tidak ada yg putus) saya juga sudah mencoba mengganti dgn sekring baru namun tidak berhasil, apa penyebabnya ya?
ADMIN August 12, 2018 at 7:26 PM Delete Comment
Sudah dicek semua sekering yang ada di area mesin & bawah stir om?
Unknown August 18, 2018 at 4:08 AM Delete Comment
Sama kek gitu, apa penyebab nya ya
Unknown August 18, 2018 at 4:20 AM Delete Comment
Selain itu cek apa lagi, ini masih gamau nyala lampu sein sama mundur ac jg mati, power window jg gamau
Unknown August 23, 2018 at 2:56 AM Delete Comment
Mobil saya juga gitu, ac tiba2 mati, power window gk bisa, lampu sein mati, ditambah setir jadi berat. Udah dicek sekring gpp. Kira2 apa ya penyebabnya?
Unknown September 4, 2018 at 3:04 AM Delete Comment
Saya jg ngalamin seperti ini...ac..pw..lampu sein..stir..tak berfungsi..padagal sekring bagus semua
Unknown September 18, 2018 at 2:45 AM Delete Comment
Saya jg ngalamin seperti ini...ac..pw..lampu sein..stir..tak berfungsi..padagal sekring bagus semua
ADMIN September 18, 2018 at 7:22 AM Delete Comment
Saya sempat ganti sekering sampai 3x dalam 1 kejadian,akhirnya sekering saya perbesar mjd 15A
Teguh November 13, 2018 at 6:16 AM Delete Comment
Sama kejadiannya baru saja. Terios. Dari kantor sampe rumah mandi kringat. Ac, sein,jendela mati semua. Sampe rumah buka mbah google nemu tread ini. Langsung cek, dan ternyata benar. Fuse ig/back putus. Ganti langsung normal. Thank's bro Cecep Udah rencana ke bengkel ga jadi... Wk wk wk
manic depressive December 5, 2018 at 7:36 AM Delete Comment
Makasih kang, mobil saya juga mengalami hal yang sama.
Ganti sekering langsung normal kembali
Unknown December 5, 2018 at 5:09 PM Delete Comment
Kijang innova v ,ac mati,pw mati,wiper mati,tape mati dan alternator gak bisa ngisi,sudah saya check semua fuse nya bagus,kejadian ini bersamaan secara tiba2,mohon penjelasannya,
ADMIN December 5, 2018 at 7:03 PM Delete Comment
Coba cek alternatornya om mungkin sudah lemah.
Unknown December 28, 2018 at 12:42 AM Delete Comment
Relay flashernya yg bermasalah
Unknown January 13, 2019 at 7:59 PM Delete Comment
Ok, sangat membantu 🙏🙏
Munawar Ali M.H. January 30, 2019 at 7:09 AM Delete Comment
terima kasih sudah share pengalaman... sangat membantu... berfungsi juga di mobil terios saya... 🙏🙏🙏
Unknown July 16, 2021 at 12:32 PM Delete Comment
Setelah sya baca artikel ini sya nemu sekring yg putus di bawah dasbrod setelah saya idupin kontak mobil ac idup sen idup eh sya coba mundur putus lagi sekring nya rupa nya masalah nya di lampu mundur kyk nya ada yg konslet kabel makasih jdi ngak pusing lagi hehehe....
Unknown April 19, 2022 at 4:17 AM Delete Comment
Terimakasih om informasi nya,, terbantu sekali,, kebetulan punya masalah yg sama, dan akhirnya mobil kembali normal
Jones April 29, 2022 at 8:50 AM Delete Comment
Terima kasih informasinya sangat membantu,
Namun saya ketemu masalah baru yaitu lampu mundur suka nyala sendiri dan alarm suka bunyi2 padahal pada posisi sedang maju. Akibatnya sekring untuk pw, ac, sein, wiper, putus lagi dan akibatnya lampu mundur juga ikut mati. Mohon bantuannya terima kasih