Cara Mengganti Oli Transmisi Manual Mobil Avanza Xenia

cara ganti oli transmisi manual mobil avanza xenia
cara ganti oli transmisi manual mobil avanza xenia
Cara mengganti oli transmisi (presneling) manual mobil avanza xenia. Setelah sebelumnya saya tuliskan tips cara mengganti oli gardan, di artikel ini saya akan berbagi cara mengganti oli transmisi atau presneling (gigi) pada mobil avanza atau xenia yang bertransmisi manual.

Untuk interval pergantian oli transmisi mobil ini sama dengan interval penggantian oli gardan yaitu pada usia jarak tempuh setiap 40ribu kilometer.
Baca juga Cara mengganti oli mesin mobil

Pada kasus di mobil xenia saya ini sebenarnya belum sampai pada jarak tempuh standart yang disarankan yaitu 40ribu kilometer. 

Namun ada hal lain yang memaksa saya harus mengganti oli transimi mobil saya yaitu dikarenakan sewaktu perpindahan transmisi atau setiap oper gigi saya rasakan sudah agak berat dan bahkan sampai bunyi.

Kondisi ini tidak seperti biasanya yang empuk dan halus tanpa suara ketika perpindahan gigi. 

Masalah ini saya rasakan terutama ketika mobil mau berjalan mundur. 

Ketika tuas transmisi saya pindahkan mundur maka butuh 3 sampai 4 kali percobaan hingga posisi transmisi mundur pas dan mobil bisa dimundurkan. 

Tidak seperti biasanya yang hanya sekali atau dua kali perpindahan sudah bisa.

Maka saya dari itu saya putuskan untuk mengganti oli transmisi xenia saya. 

Baca juga : Cara setel ketinggian kopling xenia
                  : Cara ganti per belakang xenia

Untuk spesifikasi oli transmisi yang dianjurkan oleh buku panduan adalah HL4 dengan SAE 75-80. 

Namun untuk mendapatkan oli transmisi dengan SAE tersebut di daerah saya sedikit susah. 

Kebanyakan dari toko sparepart yang saya temui adalah dengan SAE80-90. 
Akhirnya saya browsing di toko online dan ternyata ketemu dengan spec SAE75-80 dengan merk SGO kapasitas 1liter. 

Saya membelinya 2 botol atau 2 liter karena kapasitas volume oli untuk transmisi adalah 1.5 liter. 

Jikalau oli transmisi SAE 75-80 tidak ada, anda juga bisa menggunakan yang SAE80-90. 

Jika kita melakukan penggantian oli ke bengkel resmi atau bengkel langganan, mereka biasanya juga memakai oli dengan SAE90 atau sama dengan oli gardan. 

Yang sering terjadi adalah karena mekanik tidak mau ribet ganti ganti oli, maka antara oli transmisi dengan oli gardan biasanya diisi dengan jenis oli yang sama memakai oli dengan  SAE90.

Baca juga : Cara ganti switch pintu mobil
                  : Tips hilangkan bekas lem sticker
Oli transmisi manual mobil avanza xenia
Oli transmisi manual mobil avanza xenia

Untuk langkah cara mengganti oli transmisi manual mobil Daihatsu xenia atau Toyota avanza anda bisa mengikuti yang saya lakukan berikut :

Pertama posisikan mobil dijalanan yang rata atau anda naikkan ke tempat yang biasa untuk setting knalpot atau cuci steam supaya lebih leluasa ketika dibawah mobil. 

Namun jika tidak ada maka seperti langkah mengganti oli gardan yaitu kita harus ngolong dari bawah dengan cara tidur. 

Selanjutnya dongkrak area depan disekitar roda depan bagian belakang dan naikkan mobil semaksimal mungkin supaya lebih lega ketika kita masuk kebawah. 

Baca juga : Tips membedakan oli asli dan oli palsu

Selanjutnya siapkan wadah untuk menampung oli bekas dan masuklah dibawah mobil diposisi transmisi atau dibawah batas antara jog depan dengan jog tengah. 

Kendurkan dan lepaskan baut lubang drain dengan kunci shock atau kunci ring 24.

Posisi lubang drain adalah yang dibawah dan lubang pengisian adalah yang diposisi atas. 

Setelah oli keluar sampai habis atau sampai tidak menetes lagi maka pasang kembali baut drainya kemudian tuangkan oli transmisi yang tadi sudah dibeli.
Baca juga :  Cara mengetahui konsumsi bahan bakar mobil
Untuk menuangkan oli transmisi ini biasanya menggunakan alat khusus karena posisi dari lubang pengisian oli transmisi ini sedikit susah. 

Namun jika anda tidak punya alatnya maka ada cara untuk mengakalinya seperti yang saya lakukan ini.

Caranya adalah, ambillah plastik yang biasa digunakan untuk membuat batu es dan buatlah seperti leher teko air dipojokan bawah dengan cara menarik plastiknya namun jangan sampai bocor. 


Lalu tuangkan oli transmisi tadi dari botol ke plastik tersebut. Untuk memasukkan ke lubang pengisian oli transmisi, lubangi di area ujung yang seperti leher teko tadi kemudian tuangkan semua oli.

Ingat kapastias oli transmisi ini hanya 1.5 liter saja dan jangan kelebihan karea nanti akan berakibat kurang bagus pada mobil. 

Setelah sesuai volume yang dianjurkan maka tutup kembali lubang pengisian dengan bautnya seperti semula. 
Baca juga : Arti kode API dan SAE pada oli
                  : Cara pasang talang air

Terakhir bersihkan oli yang menetes dibagian transmisi tersebut dan tips cara mengganti oli transmisi manual pada mobil Daihatsu xenia dan Toyota avanza sudah selesai. 

Perpindahan tiap transmisi kini sudah berasa empuk dan lembut lagi. 
Demikian tips cara mengganti oli transmisi manual mobil xenia avanza.
Semoga bermanfaat.