Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi,Kamera Mundur Tidak Nyala

Kamera mundur dan sensor parkir tiba-tiba tidak berfungsi,penyebab dan cara memperbaikinya.
Beberapa waktu lalu ketika saya mau memarkirkan mobil saya didepan rumah,tiba-tiba saja kamera mundur mobil saya tidak nyala alias tidak ada gambar dari belakang mobil.

Karena biasanya begitu masuk gigi mundur maka monitor head Unit secara otomatis akan menyala dan menampilkan gambar dari kamera mundur.Baik itu kondisi Head Unit sedang On atau Off.
Baca Juga : AC,Sein,Kaca tiba-tiba tidak fungsi 
                   : Ganti sensor switch pintu 

Parkir tetap saya lanjutkan seperti biasa karena memang biasanya saya jarang melihat kamera parkir dan lebih sering melihat spion dan dari suara sensor parkir saja. Namun setelah mundur beberapa meter tiba-tiba ada suara jedug,dan ternyata bagian belakang mobil sudah mencium batang pohon.

Untung saja pohonya masih kecil jadi tidak berakibat parah di body mobil saya. Ternyata suara dari sensor parkir yang dari buzzer juga ikutan mati makanya tidak ada tanda peringatan jika mendekati suatu obyek benda dibelakang.
Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan iterior mobil

Saya cari masalahnya satu persatu dimulai dari sekering (fusenya). Saya cek sekering dibagian bawah stir tidak ada yang putus,begitu juga yang ada di ruang mesin semua masih normal.

Kemudian saya pindah ke bagian belakang yaitu doortrim di bagasi belakang. Saya buka dulu pintu bagasi kemudian lipat baris bangku paling belakang supaya lebih leluasa. Buka trim yang ada disebelah kiri tepat diatas roda belakang kiri.

Disitulah letaknya buzzer sensor mundur beserta modulnya. Saya periksa satu persatu dari setiap kabelnya dan ternyata tidak saya temukan soket yang terlepas maupun kabel yang putus.
Baca juga : Penyebab aki mudah soak,tekor

Kemudian saya cek lampu mundurnya, ketika gigi saya masukkan ternyata lampu mundur yang warna putih juga ikutan tidak nyala. Setelah dicek ternyata ketiga perangkat tadi tidak nyala semua yaitu Buzzer sensor mati atau tidak bunyi,kamera mundur tidak menampilkan gambar,dan lampu mundur di stop lamp juga tidak nyala.

Akhirnya pengecekan terakhir adalah dibagian kabel sensor mundurnya yang ada dibagian kolong mobil.
Baca juga : DIY Pasang kamera mundur 
                  : Pasang filter AC / Kabin 

Kabel sensor ini adanya didekat area transmisi pada mobil, sehingga untuk memeriksanya kita harus dari bawah alias ngolong. Setelah dibantu dengan penahan agar posisi chasis lebih tinggi untuk bisa masuk kebawah pengecekanpun dimulai. Dan ternyata kabel sensornya sudah putus dimakan tikus.

Ternyata penyakitnya atau sebabya sudah ketemu dan sekarang tinggal mengobati supaya sembuh. Posisi kabel yang putus masih agak jauh dari soket jadi masih bisa untuk disambung.
penyebab-sensor-parkir-mobil-avanza-xenia-mati-dan-cara-memperbaikinya
Cek kabel sensor mundur dari bawah mobil
penyebab-sensor-parkir-mobil-avanza-xenia-mati-dan-cara-memperbaikinya
Kabel sensor mundur putus digigit tikus
penyebab-sensor-parkir-mobil-avanza-xenia-mati-dan-cara-memperbaikinya

Sambung dengan kabel seperti menyambung pada umumnya,kemudian setelah kuat jangan lupa untuk disolasi kabelnya. Saya memakai solasi bakar agar lebih mudah menyambungnya, karena untuk menyambung kabel ini posisinya cukup sempit.

Setelah tersambung dengan benar saatnya kita test. Dan ternyata semua berfungsi normal seperti sebelumnya. Ketika masuk gigi mundur monitor di Head unit menyala dan menampilkan gambar dari kamera belakang,buzzer ada suara ketika mendekati obyek benda,dan lampu putih belakang juga menyala.
Baca juga : Kabin Mobil lebih terang dengan LED
                   : Memperbaiki aca spion bergetar atau bergoyang?

Ternyata kejadian sensor mati yang disebabkan kabel digigit tikus ini sudah banyak dialamai para pengguna mobil. Beberapa kawan menyarankan agar mobil jangan sering diparkir dijalanan untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi.Demikian sharing tentang sensor mundur mobil yang tidak berfungsi.semoga bermanfaat