DIY Mengecat Tromol Roda Belakang Mobil Avanza Xenia

Cara cat cover tromol rem belakang mobil
Mengecat cover rem tromol belakang mobil
Mumpung hari ini agak senggang,dan pandangan tertuju ke roda belakang bagian tromol yang karatan,maka langsung kepikiran buat mewarnai atau melapisi dengan cat agar karat pada tromol tidak kelihatan dan tromol juga terlihat sporty.

Tanpa pikir panjang lebar lagi langsung saja meluncur ke toko untuk membeli cat warna yaitu pilox.Kebetulan didekat rumah saya ada toko yang khusus menjual cat untuk kendaraan. 


Saya membeli 2 buah pilox yaitu satu untuk warna dasar dan satu pilox untuk warna yang diinginkan. Saya mau mengecat cover tromol rem roda belakang mobil xenia saya dengan warna merah metalik supaya terlihat sporty. 

Untuk pilox saya memakai merk samurai.Selain pilox,sebaiknya anda juga membeli amplas untuk meratakan permukaan tromol yang terkena karat.Karena saya lupa membeli amplas,maka cover tromol rem mobil saya tidak saya amplas dan hanya saya bersihkan saja dengan kain majun.
Baca juga : Cara menghilangkan karat pada chrome
                  Cara menghitamkan karet dan plastik kusam pada mobil
cara cat tromol rem belakang
Pasang dongkrak mobil
Setelah bahan komplit yaitu pilox dan amplas,kemudian langsung eksekusi.Pertama saya melepaskan roda belakang secara bergantian karena keterbatasan dongkrak yang saya punya. 
Saya memulainya dari roda bagian kanan terlebih dahulu. Karena saya mengecat pada waktu malam hari maka pengeringan agak lama. Untuk yang sebelah kiri saya lanjutkan pada siang hari supaya lebih cepat kering
cara cat tromol rem belakang
Melepas roda belakang
Untuk melepas roda,pertama siapkan dongkrak dan letakkan dongkrak dibawah chassis disamping atau didepan roda belakang. Kendurkan keempat bautnya sampai semua terlepas.Kemudian naikkan sedikit dongkraknya agar roda sedikit mengambang untuk memudahkan melepaskan roda dari asnya.

Langkah selanjutnya anda bisa langsung mengamplas bagian tromol yang tadi karatan dengan amplas halus. Untuk mengecat cover tromol anda bisa melepaskan cover dari tromolnya atau bisa langsung diposisinya seperti yang saya lakukan.
Baca juga : Cara melepas jog avanza xenia
                  Cara mengganti batreai remot mobil

Setelah cover anda amplas dan sudah lumayan rata atau berkurang karatnya,selanjutnya bersihkan permukaan cover dengan lap.Setelah tahap membersihkan cover tromolnya selesai,selanjutnya tutuplah bagian lain selain cover tromol agar nantinya tidak terkena cat. Saya menutupnya dengan koran bekas disekelilingnya.
Cara cat cover tromol rem belakang mobil
Cara cat cover tromol rem belakang mobil
Setelah semua ditutup langkah berikutnya adalah memulai penyemprotan cat dasarnya. Untuk cat dasar ini saya menggunakan warna silver.

Karena menurut penjual pilox,jika akan diwarnai dengan metalik sebaiknya memakai warna silver. Jika warna biasa (non metalik) bisa menggunakan warna dasar putih.


Atau tonton videonya dibawah

Supaya awet atau tahan lama sebaiknya lapisi cat dasarnya dengan 2 kali pelapisan atau lebih supaya merata.Setelah pelapisan dasar selesai,tunggu beberapa saat sampai cat dasar tersebut kering sebelum melanjutkan ke semprotan berikutnya.

Langkah selanjutnya adalah penyemprotan cat warna yang kita inginkan.Semprotkan cat sesuai warna yang kita inginkan secara merata dengan jarak kurang lebih 30cm dari obyek yang akan kita cat.


Tunggu hingga cat pilox tersebut kering dan ulangi lagi penyemprotan sampai merata. Saya melapisi hingga 3x penyemprotan.

Setelah cat dirasa kering,pasang kembali cover tromol dan pasang juga rodanya.Setelah bagian kiri selesai,saya lanjutkan untuk bagian sebelah kanan. Langkahnya seperti ketika mengecat pada roda bagian kiri.

Demikian sharing tips cara mengecat atau mewarnai cover tromol roda belakang mobil avanza atau xenia dari mazcecep. Semoga bermanfaat.