Cara Setel Ketinggian Kopling Mobil Avanza Xenia

Cara setel ketinggian kopling avanza xenia
Cara setel ketinggian kopling avanza xenia
Cara setel Ketinggian Kopling Xenia-Avanza.Clutch atau kopling ialah komponen sebuah mobil atau motor yang salah satu dari fungsinya untuk membantu perpindahan gigi (gear) pada transmisi manual.

Komponen kopling ini memiliki beberapa bagian part diantaranya adalah Rumah kopling atau Clutch Cover , Kampas Kopling, Garpu Pembebas (Release fork),Releasing Bearing atau Pemutus Putaran dari Mesin, Kabel Kopling serta Pedal Kopling.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas masalah pedal kopling khususnya bagaimana caranya menyetel ketinggian pedal kopling,atau jarak bebas (free play) dari pedal kopling ini supaya berkendara lebih nyaman atau mengikuti selera dari pengemudi. 

Pada DIY kali adalah untuk mobil yang koplingnya masih menggunakan kabel atau tali,seperti Toyota avanza atau Daihatsu xenia yang lama.Untuk mobil yang koplingnya menggunakan hidrolik saya belum tahu.
Baca juga : Cara membedakan magnet clutch yang asli dengan yang palsu
                   : Cara membedakan oli palsu dengan oli asli

Tinggi atau rendahnya setelan kopling mobil ini mengikuti selera masing-masing pengendaranya.Nyaman memakai jarak pedal kopling yang rendah (jarak pedal ke lantai mobil) ataupun suka dengan jarak pedal kopling yang tinggi. 


Mobil yang baru keluar dari pabriknya biasanya pedal kopling disetel dengan jarak kopling yang tinggi seperti pada mobil Daihatsu xenia ataupun Toyota avanza ini.

Cara menyetel atau mengatur ketinggian pedal kopling mobil bisa dikerjakan sendiri dengan mudah jika kita tahu caranya.Cara menyetel pedal kopling ini ada beberapa macam diantaranya  ada yang cukup hanya mengatur dari dalam kap mesin dan ada pula yang perlu mengatur dari bawah mobilnya atau dengan cara ngolong masuk kebawah 

Selain setting ketinggian kopling  atau ketinggian pedal kopling ketika kopling mulai bermain kita juga perlu setting Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling sesuai dengan ketentuan minimal dan maksimal dari Free Play Pedal Kopling.
Baca juga : Cara hitung irit / boros konsumsi BBM 

Berikut langkah-langkah cara setting ketinggian pedal kopling avanza xenia :

Cara Mengatur Ketinggian Kopling:
Cara setel ketinggian kopling avanza xenia veloz
Cara setel ketinggian kopling avanza xenia

Untuk menyetel atau setting ketinggian pedal kopling daihatsu Xenia atau Toyota Avanza yang harus kita lakukan ialah dengan memutar pangkal kabel yang terhubung kebagian mesin yaitu yang terhubung ke rumah transmisi.

Untuk mobil avanza xenia ini kita harus menyetelnya melalui kolong mobil tepatnya di bawah pedal kopling mobil kita.
Pertama cari kabel atau tali kopling yang ada dibagian ujungnya yang terdapat plastik pengunci seperti baut. 

Kemudian putar searah jarum jam atau kearah kanan untuk menambah atau meninggikan kopling dan hasilnya kopling akan bermain ketika kaki diangkat lebih tinggi. Jika kita memutar kekiri atau berlawanan arah jarum jam maka jarak kopling semakin rendah atau jarak kopling ke lantai lebih sedikit.

Sebaiknya kita memutarnya sedikit demi sedikit dulu lalu dicoba koplingnya sampai kita menemukan kondisi yang nyaman atau sesuai selera anda.Setiap kali kita akan merubah jarak kopling ini kita harus ngolong lagi.
Baca juga : Cara mengganti wiper mobil sendiri
                   : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil
Cara Mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling:
Cara setel jarak bebas kopling avanza xenia
Cara setel jarak bebas kopling avanza xenia

Jarak bebas kopling atau Free Play ialah jarak pedal kopling ketika diinjak sampai jarak kopling berfungsi atau bermain.Standart ketinggian dari free play atau Jarak bebas ini normalnya berkisar di angka 15-25 mm atau 1,5-2,5 cm.

Lalu bagaimana cara mengukurnya? Caranya adalah dengan menekan lembut pedal kopling menggunakan jari tangan sampai terasa ada tahanan atau terasa berat.Semakin kita menurunkan ketinggian kopling maka jarak bebas atau free play pedal kopling akan bertambah atau terasa kosong atau kendor.Maka dari itu perlu dilanjutkan dengan pengaturan free play ini.

Menyetel free play atau jarak bebas pedal kopling ini caranya juga cukup mudah yaitu kita hanya perlu memutar baut 14 yang ada dipangkal pedal kopling yg berada dibawah stir dengan menggunakan kunci ring 14. 


Fungsi dari baut ini untuk mengatur pedal ke  bawah atau ke atas.Jika diputar searah dengan jarum jam atau kekanan alias dikencangkan maka pedal kopling akan turun dan freeplay (jarak bebas) pun akan berkurang. 
Jika ingin meninggikan pedal kopling maka putarlah berlawanan arah jarum jam. 
Baca juga : Penyebab sensor mundur mati dan cara mengatasinya

Mana yang lebih dahulu?

Kemudian dari kedua langkah diatas,yang manakah yang harus dilakukan terlebih dahulu? Apabila kita ingin menurunkan kopling maka terlebih dulu aturlah ketinggian kopling dengan memutar pangkal kabel kopling yang berada dibawah mobil atau langkah yang pertama kemudian baru kita atur freeplay atau jarak bebasnya atau langkah yang kedua tadi.

Sedangkan jika ingin meninggikan kopling maka dibalik langkahnya alias perbanyak dulu freeplay koplingnya kemudian baru dinaikkan koplingnya.
Baca juga : Cara reset ECU dan manfaatnya
                   : Cara mengganti sensor switch pintu yg error

Demikian tips cara setel pedal kopling mobil avanza xenia.Semoga bermanfaat