Magnet Clutch,Mengetahui Gejala Rusak dan Membedakan Asli vs Palsu
Diartikel ini saya akan memberikan tips cara mengetahui gejala dan penyebab magnet clutch bermasalah serta membedakan magnet clutch mobil yang asli
(original) OEM dan yang palsu (imitasi).
Fungsi magnet cluth pada mobil ini sangatlah penting terutama mobil yang sudah menggunakan pendingin ruangan (AC). Magnet clutch ini adalah perangkat komponen yang ada didalam AC mobil.
Jika magnet cluth sudah bermasalah maka akan berpengaruh besar terhadap kinerja pendigin ruangan (AC) mobil tersebut. Kebanyakan masalah yang ditimbulkan adalah AC kurang dingin atau bahkan bisa sama sekali tidak dingin. AC rusak juga bisa disebabkan karena magnetic clutchnya yang bermasalah.
Fungsi dari magnetic clutch ini adalah untuk menggerakkan atau memutar kompresor sesuai putaran (RPM) mesin. Lalu bagaimana cara kita mengetahui apakah magnet clutch dimobil kita bermasalah?
Baca juga : Cara pasang filter ac kabin
Berikut beberapa ciri jika magnet clutch mobil bermasalah :
1.Ac (pendingin ruangan) tidak dingin / panas
2.Yang keluar dari kisi-kisi pendingin hanyalah angin saja
3.Pada mobil tertentu ada yang secara tiba-tiba fungsi spul magnetnya mati mendadak.
4.Beberapa mobil juga mengalami jika panas atau dipakai terlalu lama spul magnet tidak berfugsi. Jika dimatikan ACnya dulu kurang lebih 10 sampai 15 menit lagi baru berfungsi
5.Ada bunyi kasar pada Laher atau Bearing seperti suara gesekan besi dan lama-lama ada bau seperti gosong.
6.Centerpiecenya sudah patah
7.Rpm mobil lebih tinggi dari biasanya
8.Ac terkadang panas dan terkadang dingin namun biasanya intervalnya tidak begitu sering.
Baca juga : Cara mudah membersihkan blower ac mobil
Cara menganalisa apakah magnetclutch bermasalah atau tidak adalah, dengan beberapa metode berikut :
1.Cek atau periksa dengan cara memberikan arus 12V langsung dari aki ke magnet clutch. Jika center piece tidak tertarik saat diberikan aliran listrik tadi maka bisa diindikasikan magnet clutch bermasalah.
2.Tes arus positif(+) yang menuju ke magnet dengan menggunakan test pen apakah strum (+) standby ketika AC ON. Jika strum ada tapi kabel tersebut dicolok ke magnet clutch tidak bisa hidup maka bisa dipastikan magnetic clutch tersebut bermasalah.
Itu tadi beberapa ciri magnet clutch sudah bermasalah dan sudah waktunya untuk penggantian dengan yang baru
Kemudian bagimana cara membedakan magnet clutch yang asli dengan yang palsu? Dibawah akan saya jelaskan sedikit tipsnya supaya kita tidak salah dalam membelinya.
Perbedaan magnet clutch yang asli dengan yang palsu berikut adalah dengan perbandingan sama-sama merk Denso. Magnet clutch itu terdiri dari tiga bagian yaitu center piece, Pully dan Spul magnet
Baca juga : Cara membedakan oli asli dan palsu
: Tips merawat ac mobil agar awet dan dingin
: Menjaga kampas kopling lebih awet
Ciri Magnet clutch asli atau original :
1.Magnet clutch yang asli di spulnya terdapat thermofusenya
2.Mugnet clutch asli memakai laher atau bearing merk Nachi
3.Ada rongga untuk membuang panas
4.Center piece magnet clutch asli menggunakan material baja
5.Diarea paku ripetnya ada titiknya
6.Cover bearing berwarna merah
7. Ada printing MFG date
Ciri Magnet clutch palsu atau imitasi :
1.Magnet clutch yang palsu di area spulnya tidak terlihat thermofusenya
2.Magnet clutch palsu memakai material yang bukan baja
3.Bearing atau laher magnet clutch palsu bukan merk Nachi
4.Tidak ada rongga untuk membuang panasnya
5.Diarea paku ripetnya tidak terlihat tanda titik
6.Cover bearing berwarna hitam atau selain merah
7.Tidak ada printing MFG date
Baca juga : Cara menghilangkan karat pada list chrome
Karena harga sebuah magnet cluth yang lumayan mengurangi jatah jajan kita, maka alangkah baiknya kita mengetahui beberapa tanda atau ciri keaslian dari part tersebut.
Karena jika kita mengetahui tandanya ini, adalah untuk meminimalkan kita tertipu oleh oknum bengkel yang tidak professional yang dengan sengaja memasang tarif tinggi namun sparepart yang diberikan tidak asli atau barang palsu.
Barang palsu atau bukan OEM tentu berpengaruh terhadap lifetime atau kekuatanya. Jika memakai barang tidak asli bisa-bisa kita akan menggantinya lagi dengan interval waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan part yang aslinya. Untuk itu kita harus teliti sebelum membelinya
Demikian tips cara mengetahui gejala magnet clutch rusak serta cara membedakan mana yang asli dengan yang imitasi. Semoga bermanfaat.
Fungsi magnet cluth pada mobil ini sangatlah penting terutama mobil yang sudah menggunakan pendingin ruangan (AC). Magnet clutch ini adalah perangkat komponen yang ada didalam AC mobil.
Jika magnet cluth sudah bermasalah maka akan berpengaruh besar terhadap kinerja pendigin ruangan (AC) mobil tersebut. Kebanyakan masalah yang ditimbulkan adalah AC kurang dingin atau bahkan bisa sama sekali tidak dingin. AC rusak juga bisa disebabkan karena magnetic clutchnya yang bermasalah.
Fungsi dari magnetic clutch ini adalah untuk menggerakkan atau memutar kompresor sesuai putaran (RPM) mesin. Lalu bagaimana cara kita mengetahui apakah magnet clutch dimobil kita bermasalah?
Baca juga : Cara pasang filter ac kabin
Berikut beberapa ciri jika magnet clutch mobil bermasalah :
1.Ac (pendingin ruangan) tidak dingin / panas
2.Yang keluar dari kisi-kisi pendingin hanyalah angin saja
3.Pada mobil tertentu ada yang secara tiba-tiba fungsi spul magnetnya mati mendadak.
4.Beberapa mobil juga mengalami jika panas atau dipakai terlalu lama spul magnet tidak berfugsi. Jika dimatikan ACnya dulu kurang lebih 10 sampai 15 menit lagi baru berfungsi
5.Ada bunyi kasar pada Laher atau Bearing seperti suara gesekan besi dan lama-lama ada bau seperti gosong.
6.Centerpiecenya sudah patah
7.Rpm mobil lebih tinggi dari biasanya
8.Ac terkadang panas dan terkadang dingin namun biasanya intervalnya tidak begitu sering.
Baca juga : Cara mudah membersihkan blower ac mobil
Cara menganalisa apakah magnetclutch bermasalah atau tidak adalah, dengan beberapa metode berikut :
1.Cek atau periksa dengan cara memberikan arus 12V langsung dari aki ke magnet clutch. Jika center piece tidak tertarik saat diberikan aliran listrik tadi maka bisa diindikasikan magnet clutch bermasalah.
2.Tes arus positif(+) yang menuju ke magnet dengan menggunakan test pen apakah strum (+) standby ketika AC ON. Jika strum ada tapi kabel tersebut dicolok ke magnet clutch tidak bisa hidup maka bisa dipastikan magnetic clutch tersebut bermasalah.
Itu tadi beberapa ciri magnet clutch sudah bermasalah dan sudah waktunya untuk penggantian dengan yang baru
Kemudian bagimana cara membedakan magnet clutch yang asli dengan yang palsu? Dibawah akan saya jelaskan sedikit tipsnya supaya kita tidak salah dalam membelinya.
Perbedaan magnet clutch yang asli dengan yang palsu berikut adalah dengan perbandingan sama-sama merk Denso. Magnet clutch itu terdiri dari tiga bagian yaitu center piece, Pully dan Spul magnet
Baca juga : Cara membedakan oli asli dan palsu
: Tips merawat ac mobil agar awet dan dingin
: Menjaga kampas kopling lebih awet
Ciri Magnet clutch asli atau original :
1.Magnet clutch yang asli di spulnya terdapat thermofusenya
2.Mugnet clutch asli memakai laher atau bearing merk Nachi
3.Ada rongga untuk membuang panas
4.Center piece magnet clutch asli menggunakan material baja
5.Diarea paku ripetnya ada titiknya
6.Cover bearing berwarna merah
7. Ada printing MFG date
Magnet clutch mobil.Kiri asli kanan palsu |
1.Magnet clutch yang palsu di area spulnya tidak terlihat thermofusenya
2.Magnet clutch palsu memakai material yang bukan baja
3.Bearing atau laher magnet clutch palsu bukan merk Nachi
4.Tidak ada rongga untuk membuang panasnya
5.Diarea paku ripetnya tidak terlihat tanda titik
6.Cover bearing berwarna hitam atau selain merah
7.Tidak ada printing MFG date
Baca juga : Cara menghilangkan karat pada list chrome
Karena harga sebuah magnet cluth yang lumayan mengurangi jatah jajan kita, maka alangkah baiknya kita mengetahui beberapa tanda atau ciri keaslian dari part tersebut.
Karena jika kita mengetahui tandanya ini, adalah untuk meminimalkan kita tertipu oleh oknum bengkel yang tidak professional yang dengan sengaja memasang tarif tinggi namun sparepart yang diberikan tidak asli atau barang palsu.
Barang palsu atau bukan OEM tentu berpengaruh terhadap lifetime atau kekuatanya. Jika memakai barang tidak asli bisa-bisa kita akan menggantinya lagi dengan interval waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan part yang aslinya. Untuk itu kita harus teliti sebelum membelinya
Demikian tips cara mengetahui gejala magnet clutch rusak serta cara membedakan mana yang asli dengan yang imitasi. Semoga bermanfaat.
1 comment for "Magnet Clutch,Mengetahui Gejala Rusak dan Membedakan Asli vs Palsu"