Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Blower AC Mobil Agar AC kembali Dingin

Cara membersihkan blower AC mobil xenia avanza
Cara membersihkan blower AC mobil xenia avanza
Cara Membersihkan Blower AC Mobil
Pada artikel kali ini,mazcecep akan menjelaskan sedikit tentang cara membersihkan komponen ac mobil Daihatsu xenia atau Toyota avanza untuk bagian blower ac nya dan untuk evaporator ac mobilnya. 

Dua bagian komponen ac ini yaitu blower dan evaporator merupakan salah satu perangkat komponen utama yang akan menghasilkan hembusan pendingin udara atau AC pada mobil menjadi segar dan dingin. 


Blower dan Evaporator AC yang bersih tentunya akan menghasilkan udara yang segar dan dingin didalam kabin mobil anda. Maka dari itu perawatan terhadap dua komponen ini wajib diperlukan. 

Baca juga : Tips merawat AC mobil agar tetap dingin , Cara melepas emblem mobil

Untuk membersihkan blower dan evaporator ac mobil avanza xenia anda,bisa dilakukan oleh bengkel ac profesional ataupun bisa anda lakukan sendiri di garasi mobil anda atau bisa disebut dengan Diy. 

Dibawah adalah video membersihkan blower ac mobil
Video cleaning blower ac mobil
Jika ingin ke bengkel ac professional silahkan baca pengalaman dan rekomendasi saya disini.Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips atau sedikit tutorial cara merawat dan membersihkan blower dan evaporator ac mobil xenia avanza anda. 
Baca juga : Cara mengganti oli gardan mobil dan Oli transmisi mobil manual

Untuk membersihkan blower ac mobil ini umumnya dilakukan dengan du acara. Cara pertama adalah dengan membongkar blower acnya dan cara kedua adalah dengan menemprotkan cairan ac cleaner ke dalam blower. Untuk metode dan cara pertama nanti akan saya share di artikel lainya. Kali ini saya akan membagikan tips membersihkan blower ac dengan menggunakan cairan ac cleaner.

Ac cleaner bisa anda beli di toko sparepart aau aksesoris mobil terdekat di kota anda ataupun membeli di toko online. Harga satu botol ac cleaner ini berkisar di harga 50ribuan dan dipasaran terdapat berbagai macam merk. 

Baca juga ; Pasang projie di mobil xenia avanza

Tahapan cara membersihkan blower dan evaporator ac mobil dengan ac cleaner adalah sebagai berikut.


Setelah bahan tersedia,langkah pertama adalah dengan membuka kap mesin mobil anda kemudian siapkan wadah kecil untuk menampung cairan ac cleaner tadi dibawah selang pembuangan yang berada di bagian kanan mesin tepatnya didepan dashboard yang terdapat blower dan filter acnya. Saya menggunakan gelas plastik bekas aqua gelas sebagai wadahnya.

Baca juga : Ini penyebab mobil susah dihidupkan

Langkah berikutnya dalah dengan membuka filter ac atau filter kabin jika mobil anda sudah dilengkapi filter ac dengan cara membuka laci dashboard terlebih dahulu dengan cara sedikit ditarik keatas supaya engsel laci dashboard terlepas dari batangnya. Untuk memasang housing dan filter ac (kabin) mobil anda silahkan baca disini atau bisa dilihat divideo ini.


Baca juga : Cara ganti oli mobil sendiri

Selanjutnya pasang selang kebagian lubang penyemprot ac cleanernya dan arahkan selang ke atas blower ac nya. Kemudian hidupkan mesin mobil anda dan hidupkan ac nya sampai knob pengatur di posisi paling kencang. 

Nah seterusnya adalah semprotkan ac cleaner yang sudah diposisikan di blower tadi sedikit demi sedikit sampai cairan ac cleaner tersebut habis. 

Biasanya dari kisi kisi ac juga akan mengeluarkan air. Untuk mengantisipasi jog basah akibat cairan dari kisi kisi,sebaiknya taruhlah keras koran untuk menahan air mengenai jog mobil anda.

Baca juga : Tips membedakan oli asli dan oli palsu
                  : Cara dan manffat reset ECU pada mobil

Setelah ac cleaner habis,biarkan ac menyala untuk beberapa saat dan lihatlah wadah di selang pembungan tadi apakah terlihat kotor atau tidak. Kira kira sekitar 10 menit atau terlihat sudah tidak keluar lagi cairan maka mesin mobil bisa dimatikan dan cara membersihkan blower dan evaporator sudah selesai.


Rasakan perbedan ac mobil anda sebelum dibersihkan dengan ac cleaner dan sesudah dibersihkan dengan ac cleaner.

Untuk evaporator anda bisa juga dengan menyemprotkan air bertekanan dari bagian depan ketika sedang cuci steam supaya lebih awet bersihnya dan ac juga tetap dingin.
Baca juga : Daftar ukuran wiper berbagai merek mobil

Demikian tips cara membersihkan blower ac mobil xenia avanza.Terimaksih sudah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat.