Tips Merawat AC Mobil Agar Dingin Dan Awet

tips merawat ac mobil agar tetap dingin dan awet
Tips merawat ac mobil tetap dingin
Tips Perawatan agar AC Mobil  Tetap Dingin
Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara merupakan salah satu fitur andalah dari sebuah mobil.

Demi menambah kenyamanan berkendara rata-rata pemilik mobil selalu menggunakan fitur tersebut (AC) terutama jika berkendara pada siang hari yang terik. 

Karena AC atau penyejuk udara tersebut sering digunakan,maka sebaiknya kita juga merawatnya dengan baik supaya kerja dari komponen AC tersebut bisa maksimal dan tentunya usianya juga lebih awet. 

Perwatan AC ini bisa anda lakukan sendiri dirumah jika mengerti,namun jika kurang memahami anda bisa lakukan pengecekan secara berkala dibengkel AC yang kompeten.

Baca juga : Cara cek irit atau boros bensin mobil anda
                   : Cara pasang filter kabin (AC) mobil

Banyak pengendara yang mengeluhkan tentang kondisi AC mobil mereka seperti bau tidak sedap yang dikeluarkan dari blower ac dan tidak sedikit juga yang merasa hembusan AC mobil mereka tidak dingin dan hanya keluar angin saja.Dari beberapa masalah yang terjadi tersebut tentunya akan mengganggu bagi pengendara ataupun penumpang mobil.

Nah berikut saya bagikan tips menjaga atau merawat supaya AC mobil tetap awet dingin :

Pertama,Jagalah kebersihan interior mobil anda terutama diarea jog baris depan.Segera mungkin bersihkan kotoran debu atau bekas makanan yang ada dikarpet ataupun dijog dan sekitarnya.Karena letak filter AC ada didasboard maka jika interior bersih kinerja filter ACnya tidak berat sehingga udara yang dihembuskan juga menjadi bersih.Filterpun AC pun tidak cepat kotor.

Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil
                  :  Cara jitu menghilangkan noda aspal pada body mobil

Kedua,Ketika anda mencuci mobil usahakan buka kap mesinya dan semprotkan air yang bertekanan agak kencang ke bagian condensor AC yang biasanya ada dibagian depan. Condensor AC ini bentuknya mirip seperti radiator dan biasanya letaknya ada didepanya supaya debu dan kotoran yang menempel hilang. 

Karena jika kotoran dan debu yang menempel pada kondensor ac ini tidak dibersihkan,lama kelamaan bisa menyebabkan 
korosi sehingga menimbulkan kebocoran.

Ketiga,sewaktu anda memarkirkan mobil usahakan memilih tempat parkir yang teduh.Ini dimaksudkan supaya pengemudi masuk kembali ke mobil udara yang ada dikabin tidak terlalu panas.Jika udara dikabin cukup panas maka beban untuk proses pendinginanpun cukup tinggi.

Keempat,sewaktu anda menempuh perjalanan yang jauh, matikan AC untuk beberapa saat kemudian nyalakan kembali.Hal ini ditujukan untuk mengistirahatkan kinerja AC supaya tidak terus menerus bekerja mendinginkan kabin mobil serta untuk menghindari pembekuan pada saluran AC.

Baca juga : Kabin mobil lebih terang dengan LED
                   : 5 kesalahan dalam perawatan mobil

Kelima,periksa dan pastikan extrafan kipas yang berada didepan condensor selalu hidup atau berputar sewaktu AC dalam keadaan hidup. Komponen AC ini (Extrafan) yang mati sewaktu keadaan penyejuk udara (AC)  hidup dapat beresiko merusak kompresor atau 
bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

Keenam,Jangan merokk di dalam mobil terutama ketika ac dalam keadaan hidup karena asap yang terhisap bisa mengotori Evaporator dan nikotinnya yang lengket dan berlendir bisa menimbulkan bau tidak sedap didalam mobil serta susah untuk hilang.

Ketujuh,Ketika anda mau menghidupkan mesin mobil,pastikan AC dalam kondisi mati dan hal serupa juga berlaku kondisi sebaliknya yaitu matikanlah AC sebelum anda mematikan mesin mobil.

Kedelapan,Lakukan perawatan dengan cara memeriksa komponen AC secara rutin ke bengkel AC yang kompeten didaerah anda untuk memastikan kodisi komponen AC seperti Compresor, Receiver,Dyer, Condensor, Evaporator hingga Freon masih bekerja dengan baik. Rekomendasi perawatan berkala biasanya setiap 1 tahun.

Baca juga : Cara mengganti wiper mobil
                   : Cara merawat wiper mobil

Demikianlah beberapa tips cara merawat AC mobil agar kinerja AC mobil anda selalu dalam kondisi baik . Perawatan berkala dapat memberikan manfaat pada AC mobil lebih terjaga dinginya,segar dan beraorama sehat serta tahan lama juga tentunya.

Post a Comment for "Tips Merawat AC Mobil Agar Dingin Dan Awet"