5 Kesalahan Perawatan Mobil Yang Tidak Disadari

Kesalahan perawatan dan perlakuan mobil
Perawatan mobil
5 Kesalahan Perawatan Mobil
Tidak sedikit pengguna atau pengendara mobil yang kurang memahami perlakuan terhadap mobilnya.

Dalam merawat mobil,setiap pengguna mempunyai cara masing masing. Ada yang melakukan perawatanya didirumah atau juga di bengkel mobil. 

Dalam hal merawat mobil dirumah memang tidaklah gampang apalagi jika kita tidak memahami caranya dan terkadang kita menyepelekan perawatan mobil itu sendiri. Dan akibatnya bisa terjadi kerusakan pada sistem mobil.

                   : Cara membedakan oli palsu dengan oli asli

Dan berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil.
1. Menyalakan AC pada RPM tinggi.
Pernahkah anda melakukan hal ini ketika sedang mengendarai mobil? Tidak sedikit pengendara yang menyalakan atau menghidupkan AC ketika RPM tinggi. Lalu masalahnya apa?

Menyalakan AC sewaktu mobil sedang melaju dan pada RPM tinggi ini bisa menyebabkan gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate dibagian kompresor AC serta kerja mesin menjadi lebih berat karena terjadi hentakan yang tiba tiba. 

Maka dari itu biasakanlah untuk menyalakan atau menghidupkan AC mobil ketika RPM atau Rotation Per Minute rendah atau pada saat mesin idle sewaktu pedal gas tidak diinjak.

                   : Kabin lebih terang dengan LED

2. Menghidupkan mesin di pagi hari
Aktifitas menginjak pedal gas ketika menghidupkan mesin di pagi hari ini juga masih banyak dilakukan oleh pengemudi atau pengguna mobil. Jika hal tersebut kerap dilakukan dimobil anda maka akan menimbulkan efek yang tidak baik pada kendaraan kita. 

Alasanya kenapa? Karena pelumas pada mobil masih belum sepenuhnya melumuri atau melumasi mesin pada saat mesin baru dihidupkan. Aktifitas gesekan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa oli ini bisa menyebabkan usia mesin mobil anda menjadi lebih pendek.

                  :  Aki mobil tekor? Jumper saja dengan motor 

3. Mencuci lantai kabin menggunakan air
Diarea lantai kabin terdapat beberapa komponen kelistrikan seperti audio atau yang lain. Dan mungkin sistem audio yang paling rawan akibat dari perlakuan ini.Beberapa sistem audio bisa saja rusak bila air sampai mengenai komponen kelistrikanya. 

Dan kemungkinan kerusakan paling parah terjadi adalah pada bodi bawah mobil bisa berkarat. Maka usahakan untuk menggunakan lap lembab ketika ingin membersihkan lantai kabin kendaraan. 


4. Balancing & Spooring .
Melakukan balancing dan spooring mobil sepertinya masih banyak yang tidak dilakukan oleh pengguna mobil. Mayoritas aktivitas balancing dan spooring tersebut hanya dilakukan pada saat diperlukan saja atau saat mobilnya ada keluhan. 

Sebaiknya lakukan pengecekan balancing dan spooring mobil anda setiap menempuh jarak 10.000km atau 20.000 km. Proses Balancing dan Spooring ini juga bisa menekan konsumsi BBM lebih sedikit dan ban pun tidak cepat menjadi gundul karena termakan sebelah. 

5. Mencuci mobil menggunakan deterjen
Mobil yang bersih memang menjadi dambaan,namun jangan sampai salah menggunakan bahan untuk membersihkan mobil kita. Masih banyak pengguna mobil yang menggunakan deterjen untuk mencuci mobilnya.

Hasilnya diketahui bodi mobil bisa semakin kinclong ketika dicuci menggunakan deterjen. Namun akibat yang ditimbulkan dapat merusak warna cat atau exterior mobilnya karena  bahan yang terkandung pada deterjen tersebut. Sebaiknya gunakan shampoo khusus untuk mencuci bodi mobil.

                  : Cara memperbaiki kaca spion mobil yang goyang

Diatas adalah beberapa contoh kesalahan dalam hal perlakuan atau perawatan terhadap mobil.Semoga bermanfaat

Post a Comment for "5 Kesalahan Perawatan Mobil Yang Tidak Disadari"