DIY Ganti Sensor Pintu / Door Switch Mobil Xenia Avanza

cara ganti sensor Switch door (pintu) xenia avanza
Switch door (pintu) xenia avanza
Kali ini saya akan berbagi tentang cara mengganti switch atau sensor pintu di xenia maupun avanza.Kenapa harus diganti?Karena fungsi doorswitch ini untuk membantu dalam lock dan unlock pintu mobil dan juga mempengaruhi alarm.

Karena sudah beberapa minggu ini switch pintu mobil saya tidak bekerja secara konsisten.Artinya open close tidak stabil.kadang kadang pintu sudah terbuka tapi ketika saya remote unlock alarm masih bunyi 3x seperti penanda kalau pintu ada yang terbuka atau tidak rapat.

Baca juga : Cara mengatasi kaca spion getar dan goyang

Tanda tandanya yang lain adalah seperti ketika pintu dibuka harusnya lampu kabin langsung menyala karena saya setting switch lampu yag ada dikabin di posisi open door.Karena switch yang dipintu dengan yang ada dipilar sudah tidak terkoneksi. Atau seharusnya indicator pintu yang ada di speedometer menyala.


Tetapi mobil saya kadang menyala dan kadang tidak.dan setelah saya cek ternyata masalah ada pada switch pintu sebelah kanan (driver).Switch pintu saya tersenggol sedikit saja jadi berubah.

Baca juga ; DIY Cat cover tromol rem roda belakang

Setelah saya cek dibagian switchnya ternyata bagian penutupnya sudah sobek dan pin yang ada didalamnya sudah goyang.Dan akhirnya saya putuskan untuk menggantinya dengan yang baru.Fungsi door switch ini sangat penting karena alarm remote juga terpengaruh dengan switch ini.


Mengganti door switch ini mudah sekali untuk dikerjakan sendiri sambil dengerin burung berkicau (tapi punya tetangga ) hehee.Waktu yang dibutuhkanpun tidaklah lama.Kira kira 10 sampai 15 menit sudah selesai.


Begini langkah langkahnya :
DIY cara Ganti door switch xenia avanza
 Ganti door switch xenia avanza

Baca juga : Cara setting ketinggian sinar headlamp
Pertama,
Siapkan dulu part switch pintu penggantinya seperti gambar diatas, saya membeli di toko online dengan harga 50ribu. Anda bisa membelinya di toko sparepart terdekat atau di online shop seperti saya.
Kemudian buka pintu yang sebelah kanan driver.Lalu cari posisi switch pintu yang ada di body pilar pintu itu.

Setelah itu buka kunci pengait doorswitchnya dengan kunci 1o. Lebih gampangnya dengan kunci T atau shock.Karena kalau kunci pas akan sedikit menyangkut dikaretnya dan bisa merobek karet penutupnya.


Setelah bautnya terlepas dari bodinya,tarik switchnya keluar sehingga terlihat seperti gambar no 2.Maaf gambarnya kurang terang soalnya malam hari + kameranya kurang bagus hehee dan yang motonya sendiri pula haha.

Baca juga : Cara mengatasi bunyi gluduk roda belakang

Langkah selanjutnya adalah tekan dan tarik penguncinya yang warna putih sampai bagian switch dengan kabel penghubungnya terpisah (gambar no 3).

Setelah keduanya terpisah kemudian ganti dengan sparepart yang baru, pasang switch yang barunya. Setelah switch baru terpasang langkah selanjutnya adalah pasang lagi bautnya.

Kencangkan sampai rapat ke pintu.Kalau pemasangan benar maka switch pintu sudah normal kembali  dan Lampu akan menyala ketika dibuka dan akan mati ketika pintu ditutup. (seperti gambar no 3). Cobalah dengan membuka dan menutup pintu beberapa kali.kalau stabil berarti penggantian switch sudah beres.


Atau lihat video cara mengganti door switch dibawah ini :



Video cara ganti door switch error

Sekarang kondisi sudah kembali normal,jika pintu dibuka lampu akan menyala dan jika pintu ditutup lampu akan mati pun kalau ditest dengan remote. Demikian DIY kali ini,semoga bermanfaat

5 comments for "DIY Ganti Sensor Pintu / Door Switch Mobil Xenia Avanza"

arga muri August 18, 2017 at 9:19 AM Delete Comment
keren ni boleh dicoba
willykk October 21, 2017 at 5:11 PM Delete Comment
thx, bagus artikelnya
Unknown September 23, 2018 at 12:28 AM Delete Comment
Ane coba aplikasikan ke Mobil cina ane ya om, thanks banget
Randi November 4, 2018 at 10:00 AM Delete Comment
Mas lampu kabin mobil saya menyala terus walaupun semua pintu tertutup rapat,tpi di lihat dari indikator dekat amper Km berfungsi normal,apa yg kenak kira2 ya mas(Honda mobilio E),mohon pencerahannya mas
ADMIN November 5, 2018 at 5:42 AM Delete Comment
Coba cek posisi switch lampu kabin & cek keempat door switchnya apakah ada yang sobek?