Cara Setting atau menyetel Ketinggian Sinar Lampu Utama / Headlamp Mobil Avanza Xenia

Cara mengatur ketingian sinar lampu depan mobil
Cara mengatur ketingian sinar lampu depan mobil
Tips Cara menyetel atau Ketinggian Sinar Lampu Utama (Headlamp) Mobil Avanza Xenia oleh mazcecep.Sering kali cahaya yang dihasilkan dari headlamp kita tidak sesuai dengan yang diinginkan,atau tidak sesuai dengan standart .

Standart ketinggian sinar lampu yang saya ketahui adalah dengan jarak 4meter tinggi sinar maksimal sebatas spion mobil sedan atau kurang lebih 1meter.

Baca juga cara mengganti bohlamp rem (stoplamp) mobil

Ini untuk menjaga agar pengemudi yang berada didepan kita tidak silau akibat cahaya dari mobil kita yang ketinggian.Sinar yang terlalu rendah akan berakibat area pandang kedepan menjadi berkurang karena jangkauan sinarnya pendek.

Atau bisa juga terlalu tinggi sehingga pengendara dari lawan arah ataupun yang berada didepan kita merasa silau. Atau mungkin juga terlalu ke kiri atau ke kanan atau bahkan cahayanya di tengah semua sehingga menjadikan pandangan pengemudi ketika malam hari berkurang sehingga bisa membahayakan.
Baca juga cara ganti lampu plafon atau kabin dengan LED

Semua kondisi abnormal tersebut sangat mengganggu driver dan juga pengendara yang lain karena bisa mengakibatkan kecelakaan akibat pancaran sinar yang kurang pas atau kurang sesuai.Lalau bagaimana cara mengaturnya agar sinar yang dihasilkan sesuai dengan standart?

Mengatasai masalah ini sebenarnya mudah,tapi bagi yang belum tau tetap saja kebingungan dan ujungnya harus dibawa kebengkel.Dan tentunya harus keluar biaya untuk settingnya.Padahal cara setting atau mengatur sinar lampu headlamp bisa kita lakukan sendiri dengan mudah.
Baca juga cara pasang lampu led drl mobil sendiri

Nah disini maz cecep akan berbagi tips bagaimana cara setting ketinggian sinar headlamp agar sesuai :
Cara mengatur ketinggian sinar lampu utama mobil
Cara mengatur ketinggian sinar lampu utama mobil

1. Siapkan obeng plus (+) yang agak panjang namun besinya jangan terlalu besar agar bisa masuk ke celah adjusternya.
2. Buka kap mobil,tahan dan  kunci dengan pengait yang ada disamping kanan agar kap tidak terjatuh ketika kita sedang setting.
Baca juga cara menghidupkan indicator pintu avanza xenia

3. Nyalakan headlamp (lampu utama) mobil,ini cukup memutar saklar saja tidak perlu menghidupkan mesin.
4. Usahakan dipermukaan jalan yang rata dan sebaiknya depanya ada tembok atau pembatas untuk mengetahui kesejajaran hasil sinarnya
Cara mengatur ketinggian sinar lampu utama mobil
Cara mengatur ketinggian sinar lampu utama mobil

5. Adjust / putar setelan yang ada diatas headlamp (bentuknya seperti gerigi) seperti pada gambar.Setiap headlamp ada 2 adjusternya.sebelah luar dan dalam.

Untuk mengatur yang kiri maka gunakan adjuster yang kiri dan begitu sebaliknya.Untuk mengatur ketinggian sinar,putar adjuster yang bagian dalamnya dan untuk mengatur kanan kirinya sinar,putar adjuster yang sebelah luar (dekat dengan body).
Baca juga cara mengatasi doorswitch atau sensor pintu error

6. Sesuaikan dengan standart sinar yang berlaku,kira kira 4meter dengan ketinggian 1meter atau maksimal settinggi spion mobil sedan. 

7. Hati hati ketika memutar adjusternya,jika posisi obeng kita tidak pas bisa bisa malah merusak geriginya sehingga jadi halus dan dilain kali jadi susah untuk settingnya jika terjadi masalah pada sinar headlampnya.
Baca juga cara membuka dan melepas jog mobil

Nah kita sudah selesai setting cahaya headlamp mobil.Cobalah hasil settingan tadi dengan cara dibawa jalan muter untuk memastikan settingan kita tadi sudah sesuai.

Jika ternyata hasil sinar masih belum sesuai dengan yang kita harapkan,ulangi setting seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Ketinggian Sinar headlamp yang sesuai akan membuat berkendara dimalam hari lebih nyaman dan tidak lagi khawatir akan mengganggu pengendara atau orang lain.
Demikian tips cara menyetel atau mengatur ketinggian sinar lampu headlamp mobil avanza xenia dari maz cecep. Semoga bermanfaat.