Cara Membuat Speedometer Mobil Warna | Indiglow Speedometer Avanza Xenia

Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
Indiglow speedometer Avanza Xenia
Anda bosan dengan tampilan speedometer bawaan mobil yang hanya kekuningan saja?Mobil avanza atau xenia keluaran lama sebelum great new pada tampilan lampu speedometernya memang tidak se elegant great new yang sudah menggunakan led putih. Baca juga cara mengganti lampu kabin lebih terang dengan LED

Nah diartikel kali ini Maz Cecep akan berbagi tips cara membuat tampilan speedometer mobil avanza atau xenia anda menjadi lebih menarik dan membuat anda semakin betah berada di belakang kemudi mobil anda.Tampilan pada cahaya speedometer ini sering disebut dengan nama indiglow atau glow in the dark dan lain sebagainya.

Baca juga Cara menyetel ketinggian sinar lampu utama mobil

Untuk membuat tampilan spedometer warna warni pada mobil ini tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya bermodalkan 5ribu untuk membeli skotlet,30 ribu untuk membeli lampu LED T10 dan membutuhkan kemauan saja untuk membongkar sendiri speedometer mobil kita atau DIY.

Baca juga cara mengganti lampu rem mobil

Langsung saja dibawah ini akan saya bagikan cara membuat indiglow speedometer mobil avanza atau xenia nya :
Video Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia

Pertama,siapkan skotlet warna dan lampu led t10 3 buah. Ini bisa anda beli ditoko variasi terdekat.Untuk skotlet cukup membeli 5ribu atau 10 ribu bisa untuk beberapa mobil. Harga LEd T10 di tempat saya adalah 10ribu.Jika toko variasi motor tidak paham T10,maka anda bilang lampu untuk sein.
Lampu Speedometer LED T10
Lampu Speedometer LED T10

Kedua,kita harus melepas dahulu speedometer dari dasboardnya. Namun sebelum anda melepasnya sebaiknya difoto dahulu untuk mengetahui posisi jarum.Supaya nanti tidak ngaco sewaktu memasangnya kembali.
Untuk cara membuka atau melepas speedometer bisa baca disini
Baca juga cara mengganti sensor door switch yang error
Baca juga cara memasang lampu led drl mobil sendiri 

Selanjutnya setelah speedometer terlepas maka kita harus membuka jarum indicatornya. Yaitu jarum bensin,jarum temperatur,jarum odo,dan jarum rpm. Cara membukanya harus hati hati supaya tidak patah. Caranya dengan menjepit jarum indikator menggunakan dua buah sendok kemudian dicongkel perlahan.
Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
Baca juga cara mengganti wiper depan mobil
Setelah jarum terlepas,langkah selanjutnya adalah membuka keempat papanya dan untuk membuka papan speedometer anda harus membuka dahulu baut yang menempel pada papan tersebut dengan obeng plus (+)
Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
BUka baut papan speedometer
Setelah papan terlepas,selanjutnya adalah kita harus mengamplas bagian belakang papanya. Kenapa harus diamplas? karena untuk mobil avanza dan xenia keluaran lama (2004-2011) tampilan belakang papanya tidaklah putih bersih seperti all new atau 2012 keatas. 

Tujuan diamplas adalah agar cahaya yang nanti dipancarkan lebih terang. Jikalau anda tidak mau mengamplas juga tidak masalah.
Baca juga cara memasang filter ac mobil sendiri

Setelah pengamplasan selesai,selanjutnya adalah menempelkan skotlet yang sudah dipotong kecil kecil sesuai angka atau garis pada panel speedometernya. Warna bisa sesuai selera anda.
Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
Tempel skotlet speedometer
Setelah semua ditempel dengan skotlet,langkah berikutnya adalah memasang kembali papan dan jarum indikatornya.Untuk memasang jarum indicatornya anda tinggal menekan saja kebawah,tidak perlu menggunakan sendok lagi. Sendok hanya untuk membuka saja.
Baca juga cara memasang kamera mundur mobil

Cara membuat indiglow speedometer avanza xenia
Posisi lampu T10 speedometer
Setelah semua terpasang,berikutnya pasang lampu T10 LED yang tadi sudah anda beli di 3 posisi.Dan kemudian pasang kembali speedometer ke dasboardnya.
Sesuaikan posisi jarum indicator dengan posisi sebelumnya yang tadi sudah anda poto.

Demikian tips cara membuat indiglow speedometer pada mobil avanza atau xenia dari maz cecep. Semoga bermanfaat.
Baca juga cara menghitung konsumsi BBM kendaraan