DIY,Pasang Kamera Mundur Mobil Xenia-Avanza (Rear Camera)

DIY memasang kamera mundur mobil sendiri avanza xenia
Visual rear cam
Bagi sebagian pengendara mobil,kamera mundur itu sangat membantu mereka ketika sedang berjalan mundur yaitu untuk menambah yakin area dibelakangnya karena visual area terlihat dari kamera yang disambungkan ke Head Unit.
Adanya spion kanan kiri dan spion dalam serta sensor parkir pun sebenarnya sudah cukup.

Lalu kenapa saya memasang kamera mundur ini? Sebenarnya hanya ingin menambah safety saja supaya ketika saya mundur tidak ada obyek di belakang mobil yang membahayakan. Misalnya,kucing atau binantang lainya ataupun anak kecil dan lain lain.

Baca juga : Sensor parkir tidak nyala,kamera mundur mati,ini penyebabnya

Jenis kamera mundur after market ini beragam dipasaran.Saya memilih jenis seperti gambar no 1 di bawah yang langsung nempel dengan cover lampu plat nomer supaya waktu aplikasi ke lampu belakang lebih mudah, dan saya memilih yang memakai LED bukan yang infra red.


Karena kalau pakai infra red pandangan di malam hari kurang jelas.Untuk jenis kamera silahkan pilih sesuai selera masing masing.Banyak tersedia bentuk dan jenis kamera after market ini dari yang murah sampai yang mahal.


Saya memasang kamera ini hanya berdasarkan dari buku panduan yang terlampir di kameranya.Dengan tekad dan kenekatan saya memberanikan diri bongkar membongkar. Bagi saya,pekerjaan yang dilakukan sendiri itu rasanya lebih puas daripada kita langsung melihat hasil dari kerja orang lain. Selain kepuasan kitapun jadi tambah wawasan kan?

Baca juga : Penyebab kamera mundur dan Sensor parkir mati
                  :
Ok,tidak usah banyak basa basi lagi,langsung saja kita meluncur ke tkp.
Persiapan sebelum memulai memasang kamera adalah sebagai berikut :
Bahan :
1.Mobil (Jelas)
2.Rear Camera (kamera mundur)
3.Kunci 10 (saya memakai kunci T dan kunci pas)
4.Solasi untuk kabel
5.Cutter /gunting
6.Obeng plus (+) dan minus ( -)
7.Lidi atau kawat atau alat lain untuk memasukkan kabel ke lubang gromet.
8.Kopi,air mineral dan cemilan

Berikut proses dan step by step yang saya lakukan :

cara memasang kamera mundur mobil xenia avanza dan mobil lainya (rear camera)
Tahapan memasang kamera mundur mobil
Baca Juga : Membersihkan interior dengan mudah dan murah
                  : DIY Mengganti door switch mobil 

Buka doortrim bagasi belakang (pintu belakang) dengan cara di tarik sampai semua lock terlepas dari body pintunya.Hati hati meraiknya supaya locknya ga rusak atau panelnya ga patah.


Kemudian buka penutup yang ada di atas lampu belakang plat nomor (kalau ga salah namanya backdoor) dengan cara membuka baut dengan kunci 10 (4posisi) kemudian tekan lock pengunci samping kanan kiri lalu dorong keatas hingga lepas.

Setelah terlepas kemudian lepas cover dan lampunya.Lepas soket lampunya dari dalam kemudian dorong covernya keluar selanjutnya pasang kamera mundurnya ke tempat lampu bawaanya tadi dari arah luar mobil Dan jangan lupa masukkan dulu kabelnya. (gambar no2)

Baca juga : Cara pasang talang air mobil 
                  : Cara melepas atau membuaka Jog

Selanjutnya masukan kabel panjang yang ada soket RCA warna kuning melalui celah di pintu belakang yang berada di engselnya yang berbentuk karet gromet.Dimulai dari panel belakang melewati karet gromet kemudian ke samping bangku belakang lalu ke pilar bawah terus tariksampai ke depan melewati bawah strir.

Buka dulu doortrim bagasi sebelah kanan serta pilarnya untuk memudahkan dalam penempatan kabelnya.Buka pilar penutup dibawah strir yang sebelah kanan (Ada lock pengunci dan baut).Setelah terbuka masukan kabel melewati kolong dibawah dasboard sampai ke belakang head unit.


Untuk memasukkan kabel RCA ini ke gromet,saya memotongnya dulu.Karena kepala RCA susah sekali masuk ke gromet tersebut karena kabel sebelumnya sudah banyak. Kalau anda telaten bisa mencoba masukin langsung tanpa potong dengan bantuan kawat dan sejenisnya.


Saya memasukkan dengan bantuan kawat sebagai penunjuk jalannya.Potongan tadi nanti disambung kembali setelah kabel berhasil masuk melalu karet gromet.

Baca juga : Kaca spion kendor / bergetar? Begini memperbaikinya

Selanjutnya buka atau lepaskan head unit dari dasboarnya,caranya tarik cover HUnya (gambar no 3).Setelah terbuka cari kabel reverse atau rear cam control atau nama sejenisnya.Beda merk head unit biasanya berbeda namanya tetapi masih mirip dan secara fungsi adalah sama.


Sambungkan potongan kabel merah di RCA kuning ke kabel reverse tersebut (Gambar 4).Kemudian masuukan RCA kuning ke Video in / R cam.Pasang kembali head unit ke dasboarnya.


Kenapa harus disambungkan ke reverse?Ini fungsinya supaya ketika posisi mundur head Unit akan otomatis menampilkan video dari kamera belakang meskipun head unit dalam keadaan mati atau sedang memutar music atau video.

Baca Juga : Pasang Sendiri Filter AC Mobil
                   : Ganti sensor switch pintu mobil

Yang area depan sudah rapi sekarang kita kembali ke area pintu belakang.Terlihat sekarang kabel RCA masih belum disambungkan.Sambungkan RCA kuning dengan RCA kunig kemudian kabel RCA merah disambung ke RCA hitam (gambar no 5)


Tersisa 2 kabel lagi yang belum tersambung.Yaitu kabel potongan merah di RCA kuning dan kabel hitam merah yang di RCA hitam (gambar 6).LAlu disambungkan kemana kabel tersebut?


Jumper kabel merah dengan merah lalu sambungkan ke power atau (+) lampu attride (mundur) dan yang hitam sambungkan ke massa body mobil.Dalam menyambung power ini saya mengambil di posisi panel baris bangku belakang sebelah kanan.


Semua sambungan kabel yang tanpa badan atau mengelupas jangan lupa dibalut dengan solasi agar tidak terjadi short.Setelah semua tersambung dengan benar cobalah menyalakan mobil atau bisa dengan kontak diposisi ON saja.Lalu posisikan transmisi pada R (mundur).


Jika tampilan pada headunit terlihat area belakang maka instalasi rear cam kita berhasil.Jika tidak ada gambarnya berarti ada yang salah dalam penyambungan.Urut satu persatu supaya masalah ditemukan.Jika semua sudah berfungsi maka rapihkan kembali pilar ,doortrim panel dan lain lainya.

Baca juga : Cara jitu membersihkan noda aspal
                  : Kabin terang dengan LED

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat,dan selamat ber DIY

3 comments for "DIY,Pasang Kamera Mundur Mobil Xenia-Avanza (Rear Camera)"

arga muri August 18, 2017 at 9:25 AM Delete Comment
keren-keren isi artikelnya mas.. sangat bermanfaat nih
Mister Kumis September 22, 2017 at 5:59 PM Delete Comment
Saya punya Head Unit Thump 6009, tidak ada/tidak ketemu kabel reversenya Om. Jadi saat ingin mengaktifkan kamera mundur harus manual k menu dulu. Ada solusi gak om?

Atau ada cara lain selain disambungkan k kabel reverse?
WapPur September 30, 2017 at 2:49 AM Delete Comment
This comment has been removed by a blog administrator.