Cara Memasang Talang Air Pintu Mobil (Side visor atau Door visor)

Cara Memasang Talang Air Mobil (Side visor atau Door visor).Sesuai dengan namanya, talang air atau side visor bisa berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit, misalnya saat mengambil tiket parkir atau membayar tol, ataupun untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.

Namun tidak sedikit orang yang menganggap door visor hanya sebagai pelengkap tampilan saja, padahal fungsinya sangat menolong karena bisa mencegah masuknya air ke dalam kabin. Keberadaan door visor atau talang air ini bisa melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya adalah panel power window yang menempel pada bagian door trim. 

Baca juga : 5 tips cara merawat wiper dengan mudah
                  : Cara dan manfaat reset ECU pada mobil

Pada umumnya, pada sebagian besar mobil sudah dilengkapi dengan talang air atau door visor. Namun, di type atau varian rendah memang belum ada side visor ini. Bagi anda yang mobilnya belum dipasang dari delaernya bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori terdekat. Kisaran harga yang ditawarkan untuk sepaket talang air ini (isi 4 ) cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000, tergantung dari jenis dan dimensi mobil serta merk door visor tersebut.


Jika Anda memesan talang air di sebuah toko variasi, biasanya untuk pemasangan dilakukan oleh karyawan toko tersebut. Dan tentunya pihak toko memberlakukan tambahan biaya atau ongkos pemasangan yang dibebankan kepada pemilik mobil. Padahal jika kita tahu cara pemasangan door visor atau talang air mobil sendiri, ini bisa sedikit menghemat biaya yang kita keluarkan.

Baca juga : Cara memperbaiki kaca spion getar
                  : Membuat kabin mobil lebih terang dengan LED

Dibawah akan saya jelaskan tips cara memasang talang air atau side visor pada mobil sendiri.Nah Berikut cara memasang talang air atau door visor :

Pertama :
Pahami dulu penempatan talang air tersebut, manakah yang harus kita pasang di depan dan manakah yang harus kita pasang di belakang. Pada sebagian besar merk mobil memang jelas perbedaannya, ini terlihat dari ukuran serta bentuknya. Tetapi ada juga sebagian talang air atau door visor ini yang sangat mirip antara bagian depan dan belakangnya. Jadi jangan sampai tertukar

Untuk mengetahui dengan benar posisi depan/belakang silahkan lihat contoh foto talang air di bawah ini :
cara-memasang-talang-air-atau-door-visor-side-visor-pada-mobil-avanza-xenia-mobilio-brio-datsun-ertiga-timor-innova-yaris
Talang air- Door visor - Side visor mobil

-Talang air yang atas adalah untuk pintu mobil bagian depan
-Talang air yang bawah adalah untuk pintu mobil bagian belakangBiasanya jika kita membeli talang air dibagian dalamnya sudah ada perekat double tapenya.

Kedua :

Bersihkan permukaan pintu yang akan kita pasang door visor atau talang air tadi.dan juga bersihkan permukaan dari door visor itu sendiri. Usahakan terhindar dari debu dan kondisi permukaan kering.
Baca juga : Ganti sensor switch pintu mobil
                  : Cara mudah dan membersihkan interior mobil

Ketiga :

Siapkan perekat untuk menempelkan door visornya. Perekat yang dipakai biasanya ada 3 macam yang sering digunakan. Yang pertama adalah memakai double tape. Untuk double tape saya sarankan memakai 3M karena sudah teruji kekuatanya. Saya memakai 3M yang warna merah.

Perekat yang kedua adalah Lem : Untuk lem anda bisa memakai lem FOX atau Lem castol atau sejenisnya.Dan yang ketiga adalah dengan tambahan sealent. Sealent hanya digunakan untuk lebih mendapatkan daya tempel yang lebih kuat.


Untuk double tape 3M caranya tinggal kita tempelkan dulu dibagian doorvisor atau talang airnya kemudian kita lepas bagian luarnya semua. Setelah itu baru kita tempelkan talang airnya ke sisi pintunya.


Dengan memakai lem caranya kita oleskan dulu lem dibagian sisi talang air atau door visor yang akan menempel di pintu dan juga dibagian pintu yang akan ditempel talang air mobil tersebut.Setelah semua rata diolesi lem,kemudian tunggu sekitar 3menit baru kita rekatkan door visor dengan sisi pintu mobilnya.

Baca juga : Pasang kamera mundur sendiri
                  :  Penyebab aki soak atau tekor

Keempat :
Setelah pemasangan side visor selesai, diamkan dulu selama kurang lebih 30 menit, agar daya rekat lem menjadi lebih sempurna. 

Bagaimana? cukup mudah kan? Demikian tips tentang cara memasang talang air mobil atau door visor ataupun side visor dan semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. 

Post a Comment for "Cara Memasang Talang Air Pintu Mobil (Side visor atau Door visor)"