Cara Mudah Ganti Lampu Plafon (kabin) Mobil Agar Lebih Terang

Lampu kabin xenia avanza
Lampu kabin xenia
Bosen dengan tampilan warna lampu plafon bawaan mobil anda? Atau kurang terang jika kita mencari sesuatu di dalam kabin mobil? atau bahkan diledekin kawan ” Mobil kok remang2 mirip kandang ayam” .Itu kata temen saya waktu saya belum ganti lampu PLafon hahaha.
Lampu plafon atau lampu kabin di mobil itu juga penting fungsinya.Diantaranya yaitu sebagai indicator jika pintu tidak tertutup rapat atau terbuka.Maka dari itu saran saya posisikan switch lampunya di door supaya kalau pintu tidak rapat atau terbuka lampunya nyala.Karena bahaya jika pintu tidak tertutup dengan rapat.
Selain itu,bisa berfungsi sebagai penerangan jika kita mau mencari sesuatu didalam kabin mobil.Jika lampu gelap kita kesulitan menemukan sesuatunya jika lupa penempatanya.
Semenjak itu langsung saya ganti lampu plafon mobil saya dengan LED.Selain tampilan juga nambah kece,fungsinyapun bertambah,antara lain sebagai penerang kabin dan jika pintu tidak tertutup rapat maka bisa langsung ketauan dari terangnya lampu plafon tersebut.
Untuk efeksamping yang lain sampai saat ini belum terlihat,hanya efek nambah keren saja yang ada hhaaaha.
Ada bermacam2 jenis LED yang dijual dipasaran.Antara lain SMD,CREE,COB,Plasma dan lain lain.Hal penting sebelum anda mengganti adalah perhatikan spec lampu LED nya.Daya,tegangan serta size panjangnya.Karena tidak semua mobil panjangnya sama.

Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil
Lampu led kabin SMD xenia avanza
Led SMD
Saya menggunakan lampu Led SMD soket tabung ukuran 31mm warna putih dan warna ice blue yang murah meriah namun terang.Untuk avanza xenia ukuran panjangnya adalah 31mm,untuk mobil lain saya belum cek
Setelah itu lampu dilepas dari soketnya dan di gantikan dengan lampu variasinya.Cara pemasanganya sangat mudah dan tidaklah lama.Tinggal dicongkel sedikit penutup lampu plafonya dengan tangan langsung atau dengan bantuan obeng (-) secar perlahan lahan lalu tarik covernya kebawah.
Setelah diganti kemudian pasang lagi cover lampunya dan nyalakan,taraaaa……kabin sudah terang benderang hahaa

Ini penampakannya : saya menggantinya dengan warna putih dan ice blue
CAra ganti lampu kabin dengan LED
Lampu led kabin blueice xenia avanza
CAra ganti lampu kabin dengan LED
Lampu led kabin putih xenia avanza
 Baca juga : Cara Pasang kamera mundur mobil 

Jika masih kurang jelas silahkan lihat videonya DISINI


Untuk DIY dan tips lainya silahkan ikuti blog ini.
Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mudah Ganti Lampu Plafon (kabin) Mobil Agar Lebih Terang"