Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Xenia Avanza

Cara mengganti oli gardan mobil daihatsu xenia dan toyota avanza transmisi manual
Ganti oli gardan xenia avanza
Cara mengganti oli gardan mobil xenia avanza
DIY kali ini adalah cara mengganti oli gardan pada mobil xenia atau avanza untuk transmisi manual. Pada mobil yang berpenggerak belakang terdapat sebuah komponen yang dinamakan gardan. 

Pada gardan mobil ini didalamnya terdapat oli dengan spec sesuai buku pedoman adalah GL5 SAE90. Tidak semua mobil menggunakan spec oli gardan yang sama,maka sebelum anda menganti olinya sebaiknya periksa di buku pedomanya berapa spesifikasi yang dianjurkan. 
Baca juga Tips membedakan oli asli dan oli palsu,
DIY cara mengganti oli mesin mobil 

Oli gardan pertamina
Oli gardan SAE90

Untuk interval penggantian oli gardan ini pada umumnya dilakukan setiap jarak tempuh 40ribu kilometer dan sekaligus penggantian oli transmisi (gigi presneling). Volume oli gardan pada mobil Daihatsu xenia atau Toyota avanza sesuai dari buku pedoman adalah 2.5 liter. 

Untuk oli gardan yang saya gunakan untuk mengisi di mobil Daihatsu xenia saya adalah merk Rored yaitu produk keluaran dari pertamina dengan SAE 90 yang saya beli di toko sparepart terdekat dengan harga 140ribu untuk 4liter oli atau 1 galon. 

Selain keluaran dari pabrik pelumas pertamina tersebut juga ada dari merk lain seperti Castrol,top1 dan merk oli lainnya. Oli gardan ini juga tersedia dalam ukuran botol 1 literan. Jadi silahkan anda pilih. 
Baca juga cara menghitung konsumsi bahan bakar 
Arti kode API SAE pda kemasan oli

Langsung saja kita menuju kepada point utamanya yaitu mengganti oli gardan mobil xenia atau avanza.Langkah dalam mengganti oli gardan mobil Daihatsu xenia atau Toyota avanza adalah sebagai berikut :


Yang pertama adalah siapkan dulu oli penggantinya dengan spec seperti tadi diatas. Kemudian posisikan mobil anda di jalan yang rata agar dalam membuang oli yang lama lebih maksimal hasilnya. 

Jika anda punya alat yang bisa memudahkan dalam nanti masuk kolong mobil seperti tatakan yang untuk cuci steam atau bengkel knalpot itu akan lebih baik karena kita akan lebih leluasa dalam menggantinya dan tidak perlu berbaring dengan tikar. 

Jika tidak punya berarti anda siapkan saja dongkrak dan alas yang buat ngolong dengan cara tiduran. Saya menggunakan dongkrak bawaan dari mobil xenia karena tidak punya dongkrak buaya. 
Baca juga cara stel ketinggian kopling avanza xenia 
Cara mudah bersihkan interior mobil

Setelah itu naikkan mobil dengan cara mendongkrak pada bagian belakang di area chassis yang terdekat dengan gardan.Sebaiknya posisi dongkrak disebelah kiri mobil didepan roda belakang supaya oli yang lama lebih sedikit yang tertinggal didalam gardan. 


Karena posisi lubang drain gardan ini tidak tepat menghadap kebawah tapi menyamping kearah kanan. Naikkan mobil sampai sekiranya posisinya cukup untuk masuk orang dengan mudah. 

Kemudian siapkan kunci shock ukuran 24 untuk membuka baut drain dan baut pengisian oli gardan mobil anda.Kunci 24 ring juga bisa,silahkan anda pilih sesuai kenyamanan. Jangan lupa siapkan juga wadah untuk menampung oli bekasnya nanti. 
Baca juga cara ganti per belakang mobil avanza xenia 
Penyebab aki mobil soak atau drop

Selanjutnya adalah,Buka baut drain yang ada dibagian belakang gardan sebelah kanan dan biarkan oli keluar sampai habis. Jika anda mempunyai semprotan angin maka akan mempercepat proses penggantian oli gardan. 


Jika tidak punya seperti saya maka anda harus sedikit bersabar menunggu sampai oli tidak menetes lagi. Sembari menunggu oli habis,bukalah baut pengisian olinya yang ada dibagian depan gardan dengan kunci 24 tadi.

Setelah oli kering langkah selanjutnya adalah tutup lubang pembuangan oli dengan baut tadi dan kencangkan. Lalu masukkan oli gardanya (GL5 SAE 90) tadi sebanyak 2liter sampai 2.5 liter.Setelah selesai menuang oli ke gardan,selanjutnya pasang kembali baut di lubang pengisian dan kencangkan dengan kunci 24 tadi. 
Baca juga cara mengatasi sensor switch pintu
Cara menyalakan indicator pintu avanza xenia

Bersihkan gardan dari oli dan pergantian oli gardanpun sudah selesai. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips jitu menghilangkan noda aspal pada bodi mobil, cara melepas (membuka) jog avanza xenia