Cara Mudah Bongkar Pasang (Mengganti) Per Belakang Mobil Avanza Xenia

Cara membuka dan memasang per belakang mobil xenia avanza dengan mudah tanpa buka roda
Cara Buka dan pasang per avanza xenia
Cara Melepas Dan Memasang Per Belakang Mobil Avanza Xenia bisa kita lakukan sendiri digarasi rumah dengan mudah. Mayoritas orang melepas atau mengganti per kareana beberapa sebab daintaranya karena per sudah keras dan ingin mengganti dengan yang baru atau karena ingin melakukan modifikasi ceper sehingga harus memotong per atau melakukan pergantian per dengan per mobil lain.
Baca juga : Cara jumper aki  mobil dengan motor
                   : Cara mengetahui konsumsi bahan bakar kendaraan
Nah saya akan share cara bongkar dan pasang per belakang avanza xenia yang kemarin saya lakukan. Cara ganti per belakang ini mungkin tidaklah beda jauh dengan type atau jenis mobil lain. Saya mengganti per belakang xenia saya karena masalah ayunan per yang saya rasa sangat keras. Apalagi jika mobil melewati jalanan keriting atau polisi tidur. 

Saya sebagai driver saja merasakan kerasnya bantingan atau ayunan tersebut apalagi penumpang yang ada dibaris bangku belakang mobil. Sepertinya kepala akan mentok ke kabin jika melewati lubang atau polisi tidur akibat per yang keras. 


Cara melepas dan memasang per belakang mobil xenia atau avanza ini cukup mudah.Yang kita perlukan hanyalah dongkrak dan kunci shock saja. Jikalau ada dongkrak buaya akan lebih enak lagi.Namun jika tidak ada dongkrak buaya,anda bisa memakai dongkrak bawaan mobil xenia atau avanza anda.


Dan usahakan memakai kunci shock dengan tangkai yang panjang supaya lebih mudah dalam membuka pernya nanti. Karena jika tidak memakai kunci shock panjang,dalam melepas per nanti akan sedikit ribet karena kunci biasa akan mentok ke fender atau atas ban dan mungkin harus membuka rodanya terlebih dahulu.

Baca juga : DIY cara mengatasi kaca spion kendor atau goyang
                   : DIY mengatasi switch sensor pintu error

Setelah semua bahan dan alat siap,maka kita mulai cara mengganti atau bongkar pasang per mobil xenia atau avanzanya.Berikut langkah – langkahnya :


Pertama adalah posisikan mobil anda dijalan atau ditempat yang rata supaya dongkrak tidak miring dan bisa menahan beban maksimal. Setelah itu langkah selanjutnya adalah membuka dulu baut shock breaker belakang dengan kunci shock yang panjang tadi.

Cara mudah melepas per dan shock belakang mobil xenia avanza
Lepaskan baut shock
Setelah baut terlepas kemudian posisikan dongkrak dibawah chassis yang ada dibagian tengah antara lengan ayun dengan bodi pinggir didepan roda belakang.

Cara mudah melepas per dan shock belakang mobil xenia avanza
Pasang dongkrak di chassis
Setelah posisi dongkrak tepat,langkah selanjutnya adalah naikkan dongkrak beberapa centimeter dulu lalu lepaskan shock breaker dari bautnya dengan cara ditarik kearah luar mobil.

Baca juga : Cara pasang lampu DRL sendiri
Cara mudah melepas per dan shock belakang mobil xenia avanza
Lepaskan shock breaker

Setelah shock terlepas,langkah selanjutnya adalah naikkan dongkraknya sampai per mobil kita terlihat kendor atau goyang dari dudukanya. Kemudian ambil dan keluarkan per belakang mobil tadi dari dudukanya dengan tangan.
Cara mudah melepas per dan shock belakang mobil xenia avanza
Ambil per dari dudukanya
Baca juga : Tips cara melibas tanjakan macet
                   : Tips cara membedakan oli asli dengan oli palsu

Setelah per belakang xenia atau avanza anda terlepas maka langkah selanjutnya adalah memasang per belakang mobil yang baru atau penggantinya.Caranya adalah seperti tadi pada langkah melepaskan per belakang mobil xenia avanza anda  tetapi dengan urutan terbalik. Bsa kan? Atau masih bingung? Jika masih bingung,begini langkahnya : 

Masukkan per kedalam karet dudukanya,kemudian setelah tepat menempel turunkan dongkraknya secara perlahan sampai batas baut dengan lubang shock belakangnya sejajar. Setelah sejajar kemudian masukkan shock breaker kedalam baut dengan cara didorong. Setelah masuk,kendorkan dongkraknya sampai habis lalu kencangkan baut shock breakernya.


Atau Lihat video ini : 

Begitulah tutorial cara mengganti atau melepas dan membongkar per belakang mobil xenia avanza. Semoga bermanfaat. 
Baca juga : DIY Cara menyetel ketinggian kopling mobil avanza xenia
                   : DIY Cara memasang kamera mundur mobil avanza xenia