Cara modifikasi ceper xenia avanza


Cara membuat modifikasi mobil xenia ceper enak
Daihatsu Xenia ceper harian
Diartikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pengalaman nyeperin mobil xenia saya.Alasan pertama Saya tertarik untuk membuat mobil xenia saya menjadi ceper adalah karena tampilan mobil menjadi lebih ganteng dengan jarak fender dan ban yang sedikit.Keinginan untuk membuat ceper semakin kuat ketika melihat mobil temen yang dipakai untuk jemputan karyawan dibuat ceper sampai ban nyelup didalam fender. Nah dari hal itu maka mulailah untuk modifikasi xenia saya menjadi ceper.

Xenia dan avanza ceper semakin hari semakin banyak digandrungi para pemiliknya untuk mempercantik tampilan.Berbagai cara membuat ceper mobil avanza xenia ini dilakukan untuk mengejar tampilan ini. Dari potong per,mengganti dengan per custom,mengganti dengan coil over,atau bahkan airsuspension tergantung budget yang kita mampu. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga : Cara setel ketinggian kopling avanza
                  : Mengatasi sensor parkir tidak bunyi dan kamera mundur mati

Saya mulai merubah mobil standart menjadi ceper pertama kali di tahun 2016 yang lalu.Namun saya belum berani ceper seperti mobil avanza temen saya yang menurut saya extrim. Dan karena jalanan di wilayah saya masih banyak jalan gelombang,jalan berlubang dan juga polisi tidur yang tinggi maka saya buat ceper 2-3. Maksud 2-3 ini adalah jarak dari ban (atas) dengan fender,yaitu ban depan sisa 2 jari dan ban belakang sisa 3jari yang pada mobil standarnya sekitar 6jari.

Sebelum xenia saya ceperkan,saya sudah mengganti velg standar dari R13 dengan velg racing merk SSR R15 dan ban dengan ukuran 195/55 depan belakang dan rata dengan fender. Nah dibawah ini akan saya review beberapa formula yang saya gunakan untuk membuat mobil saya ceper  berikut kekurangan dan kelebihanya :

Baca juga : Cara menghitung konsumsi bahan bakar 
                  : Cara memasang talang air (Door visor) mobil

1.Potong per standart,potong stopper belakang ganti shock belakang.
Karena saking ngebetnya pingin ceper namun budget pingin murah maka metode pertama ini saya pakai yaitu dengan cara memotong per asli bawaan mobil xenia saya.Kira-kira dipotong dua ulir sehingga jarak fender menjadi 2-3. Selain dengan potong per,saya juga memotong stopper bagian belakang supaya tidak mentok garden yang bisa mengakibatkan bunyi jedug jedug.

Selain memotong dua part diatas saya juga mengganti shockbreaker belakang dengan shockbreaker yang lebih pendek dari bawaan xenia atau avanza.Penggantian shock ini berfungsi supaya per tidak lepas ketika mobil dicuci steam gantung dengan hidrolik atau ketika melewati jalan yang tingginya tidak sama.

Dibagian ujung per ini dikasih selang untuk mengurangi bunyi akibat gesekan besi dan mencegah per melesat dari dudukan.Selain dikasih selang,per juga harus diikat dengan mangkoknya supaya tidak lepas. Karena untuk per potongan area yang menempel pada mangkok hanya dibagian ujung saja.

Baca juga : Cara pasang kamera mundur mobil
                  : Cara mengatasi sensor switch pintu

Review dari metode ini :
-Ketika melaju dijalan yang halus seperti jalan bebas hambatan atau TOL mobil lebih seimbang dan limbung berkurang.Limbung ketika melibas tikungan juga berkurang. Ini jarak groun Clearence lebih pendek.
-Biaya yang dikeluarkan untuk proses ini cukup murah.Total biaya yang saya keluarkan untuk potong per,potong stopper,ganti shock belakang dan bongkar pasang adalah 600ribu.Shock saya menggunakan yang second atau bekas.
-Untuk muatan full 7orang masih aman tidak mentok.

-Ketika melewati jalan berlubang ataupun jalan gelombang dan polisi tidur saya musti pelan pelan karena mobil anjrut anjrutan seperti kuda lumping akibat karakter per yang keras.Perut seraca dikocok-kocok,dan penumpang yang belakang bisa kram perut. Dan ada suara jedug ketika melewati jalan keriting akibat stopper mentok gardan.

Baca juga : Cara memperbaiki kaca spion mobil goyang / getar
                  : Kabin mobil lebih terang dengan LED

Secara keseluruhan untuk metode ini jika kita ingin mendapatkan kenyamanan saya kurang merekomendasikan. Tapi jika hanya untuk mengejar tampilan saja tidak masalah. 
Saya mengaplikasikan metode diatas ke mobil saya sekitar 1 bulan saja karena sangat tidak nyaman dipakai.

Itu tadi adalah pengalaman saya cara modifikasi ceper mobil xenia atau avanza dengan potong per. Sorry gambar tidak komplit karena gambar tersimpan di sd card dan sd card waktu itu rusak sehingga gambar banyak yang terhapus.

Metode nomer dua 
2.Per Vios,per All New Avanza,stopper mercy

Baca Juga : Cara merubah warna lampu kabut (Foglamp)
                   : Penyebab aki mobil soak,ngedrop atau tekor

1 comment for "Cara modifikasi ceper xenia avanza"

Uwansh January 14, 2023 at 9:42 AM Delete Comment
Shock belakang diganti pake apa mas?