Penyebab Aki Mobil Soak,Ngedrop atau Tekor.

Penyebab aki mobil ngedrop,tekor atau soak pada mobil.
Aki termasuk komponen yang vital dalam mobil,aki yang tidak bagus (ngedrop,soak,tekor) bisa berakibat mobil tidak bisa distarter serta komponen lainyapun berpengaruh terutama yang berhubungan dengan kelistrikan.
Penyebab Aki mobil Soak atau Tekor
Aki mobil merk GS astra
Seperti kejadian yang saya alami pada mobil saya kemarin pagi.Rencana pagi hari  saya akan berangkat kerja menggunakan mobil,sebelum berangkat saya mencucinya dulu setelah shalat subuh.

Karena garasi saya sedikit sempit dan menanjak,seperti biasa mobil saya mundurkan tanpa di hidupkan dan hanya melepaskan handbrake (rem tangan ) saja supaya saya lebih leluasa mencucinya.

Baca juga : Cara membaca kode pada aki

Setelah selesai mencuci dan mengelap dengan kering,seperti biasa saya tinggal untuk mandi dan beres beres lainya.

Perlengkapan saya masukan mobil semua dan sudah siap untuk berangkat.Namun apa yang terjadi? Tiba tiba mobil saya tidak bisa distarter.


Saya lihat lampu lampu semuanya redup menjelang mati.Saya coba berkali kali tetap tidak mau hidup bahkan karena seringnya mencoba starter sampai sampai untuk lock dan unlock pintupun tidak kuat.

Ternyata aki saya SOAK alias Ngedrop atau tekor.

Mobil saya terparkir digarasi selama kurang lebih 2 mingguan tanpa dihidupkan atau dipanasin.Akhirnya berangkat kerja menggunakan mobilpun batal karena tidak ada bantuan untuk jumper aki.Mana mobil berada ditengah tengah gerbang (setengah masuk dan setengah diluar).


Baca juga  : Memasang Filter AC kabin mobil sendiri

                   : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil

Repot kan kalau aki tiba tiba mati begitu? Apalagi kalau lagi dijalan atau tempat yang jauh dari rumah.Mungkin bisa panik.Kenapa bisa ngedrop atau soak? Berikut penyebabnya :


1.Ketinggian permukaan elektrolit aki atau air aki berada pada posisi dibawah level low.Seharunya volume air aki berada pada level yang cukup yaitu rentang batas low dan high.


2.Permukaan pada penjepit atau klem pada terminal aki baik pada terminal positif atau negatif kotor atau berkerak.


3.Klem atau penjepit aki pada salah satu terminal atau keduanya (terminal plus dan terminal minus ) kendor alias tidak kencang.


4.Ada salah satu kelistrikan yang hidup terlalu lama,misalnya lampu indikator pada dasboard atau lampu kabin atau lampu kabut atau lampu utama dalam beberapa jam dalam keadaan mesin mati.


5.Akibat sering menyalakan audio/video (tape/radio/video) tanpa menghidupkan mesin.Karena perangkat audio membutuhkan strum yang lumayan besar.Jika mesin mati maka aki tidak terisi strum dari alternator sehingga output tidak seimbang dengan input.


6.Mobil yang jarang dipakai atau jarang dihidupkan terlalu lama sehingga battery (aki) tidak terisi.


7.Banyaknya aksesoris yang terpasang dimobil yang membutuhkan setrum besar seperti audio atau lampu lampu tambahan.


8.Adanya kerusakan pada dinamo starter.Dinamo starter berfungsi untuk menyalurkan strum ke aki.Jika salah satu komponen didalamnya bermasalah maka aki tidak akan terisi strum.Biasanya yang sering bermasalah adalah area alternator.


9.Sel pada aki sudah rusak.


Baca juga : Cara jumper aki mobil menggunakan motor 


Itu tadi beberapa penyebabnya,kemudian langkah sementara atau darurat yang harus dilakukan agar mobil bisa hidup adalah :


1.Jumper aki.Jumper aki dengan aki pada kendaraan lain supaya aki terisi kembali dan mobil bisa dihidupkan. BIsa dijumper dengan mobil atau bisa dijumper dengan motor


2.Dorong mobil.Ini dilakukan jikalau memang sudah mendesak karena tidak ada jumper.Mendorong mobil supaya hidup hanya bisa dilakukan pada mobil bertransmisi manual dan tidak bisa dilakukan di mobil matic.


Jadi jika mobil anda matic,solusinya hanya menunggu aki untuk menjumper atau aki diganti dengan yang baru.

Baca juga : Cara ganti lampu plafon mobil dengan LED

                  : Cara ganti sensor pintu / doorswitch mobil

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi (solusi) sementara dari masalah aki tekor atau ngedrop.Untuk kasus dimobil saya,saya menjumpernya dengan aki dari mobil lain (mobil teman) akhirnya mobil masih bisa dihidupkan kembali.


Demikian pengalaman yang bisa saya bagi,semoga bermanfaat.Untuk perawatan aki supaya tidak cepat drop akan saya share pada artikel berikutnya.Silahkan ikuti blog ini terus.