Cara Melepas dan Mengganti Emblem / Logo Mobil

Mengganti emblem (logo) mobil
Banyak kita temu mobil dijalanan dengan merk dan emblem yang tidak sama,dan rata rata mereka adalah bagian dari komunitas mobil.Saya sendiri juga tidak mengerti histori kenapa harus diganti emblemnya.

Mungkin kurang pede dengan logo merk mobilnya atau mungkin juga kepingin mobilnya tapi belum bisa beli hehe.Seperti punya saya ini,saya mengganti emblem daihatsu dengan emblem  velfire atau alphard.

Dalam hati sih supaya terlihat seperti mobil mahal,padahal mungkin orang yang melihatnya mah tetap sama saja terlihat mobil murah haha.Ada juga yang menggantinya dengan emblem mobil lexus atau logo yang lainya.Ini masalah selera saja. 
cara Melepas dan mengganti logo atau emblem mobil xenia avanza
Melepas Emblem mobil
Saya mengganti ketiga emblem yang menempel di mobil saya diantaranya emblem depan yang di grill bumper,emblem belakang yang diatas plat nomor dan emblem yang ada di tengah kemudi atau stir.

Untuk mobil saya (xenia old 2011) atau avanza yang sejenisnya melepasnya agak lumayan ribet kalau hanya dengan tangan kosong,tidak seperti mobil dengan tahun lebih muda yang sudah lebih simple lagi karena sudah menerapkan dengan memakai sistem pengunci atau pengait (lock).Jadi tidak ada perekat yang menempel di emblemnya lagi

Ok langsung saja kita eksekusi .
Sebelum memulai baiknya siapkan dulu semua peralatanya supaya nanti tidak bolak balik.Bahan yang disiapkan adalah benang,cutter,obeng minus (-) minyak kayu putih,kanebo dan tisue.
Baca juga : Cara mengganti lampu kabin dengan LED
                   : Cara mengganti sensor pintu (doorswitch) mobil

Kita akan melepas logo yang ada di body depan dan belakang dulu karena caranya sama.Untuk yang dibodi,caranya adalah,bentangkan benang yang tadi sudah disiapkan kemudian tempelkan pada sisi tengah antara emblem dengan body.

Gerakkan dengan perlahan dengan cara seperti mengiris atau menggergaji.Ini gunanya untuk memotong lemnya.


Gerakkan perlahan sampai emblem terlepas.Setelah terlepas dari body maka sebagian bekas perekat masih menempel dibody.Bersihkan dulu sisa lemnya sampai bersih yaitu dengan cara disayat pakai cutter atau bisa juga langsung dengan mengoleskan minyak kayuputih dengan tisu kering.


Biarkan beberapa saat sampai minyak meresap kemudian lap dengan tisu tisu kemudian keringkan dengan kanebo.Jika perekat masih belum hilang semuanya,maka ulangi langkah dengan kau putih tadi sampai bersih.

Kalau permukaan bekas logo lama sudah bersih maka emblem yang baru sudah bisa dipasang.Cara pemasanganya mudah,yaitu tinggal lepaskan penutup perekat (double tape) kemudian posisikan dengan pas lalu ditempel.

Tekan perlahan lahan supaya menempel dengan kuat.Saran saya pakailah perekat 3M.Cara ini berlaku untuk bodi depan dan belakang.


Setelah bagian body beres maka kita berpindah ke area kemudi.Untuk yang bagian kemudi ini caranya berbeda dengan yang dibody.Area ini lebih mudah,tidak perlu menggergaji dengan benang lagi.

Cara melepaskanya yaitu dengan cara dicongkel perlahan lahan memutar sampai terlepas.Karena untuk diarea stir ini hanya menggunakan lem seperti aibon saja.


Setelah terlepas maka bersihkan sisa lemnya dengan minyak kayu putih.Setelah bersih.pasang emblem penggantinya.Caranya,oleskan lem aibon atau sejenisnya diarea logo dan diarea kemudi yang akan ditempel logo.

Jika masih bingung,bisa cek video dibawah :
Tunggu beberapa saat supaya agak kering baru ditempelkan.Perekatan dengan lem aibon bagusnya setelah lem agak kering supaya dapat merekat dengan kuat.
Baca juga : Cara murah dan mudah membersihkan interior mobil
                   : Memasang Filter AC kabin mobil sendiri

Nah sebagai catatan saja bahwa ukuran emblem mobil tidak semua sama,antara xenia old dengan old new xenia atau dengan great new xenia ukuranya tidak sama.Sebaiknya tanyakan dulu ke penjual agar tidak salah ukuranya .

Sayangkan kalau sudah kebeli tapi tidak pas dengan dudukannya.Saya membeli ketiga emblem tersebut dengan harga 120rb.Harga yang cukup murah untuk reinkarnasi menjadi velfire  atau lexus palsu hahaa.
Apakah mobil anda mau reinkarnasi juga? Silahkan dicoba,Demikian tips dari saya semoga bermaanfaat