Aki Mobil Tekor atau Soak? Jumper Saja Dengan Motor


Aki tekor? Jumper saja dengan motor.Begini caranya
Lagi Lagi masalah aki tekor atau drop ini menimpa mobil saya.Dan diwaktu yang sama seperti yang pernah saya ceritakan pada artikel penyebab aki drop yang saya tuliskan beberapa waktu yang lalu.

Cara jumper mobil dengan motor


Aki drop itu memang membuat kita jadi jengkel,apalagi ketika mobil mau dipakai jalan keacara yang sudah kita jadwalkan.Pas waktunya mau di starter atau dihidupkan terdengar bunyi mirip tokek (cekekekeke,cekekekeke) ini sungguh menyakitkan.Dan galaunya bertambah dalam ketika mobil sama sekali ga ada reaksi dari awal kita tekan remotnya.


Untuk mengatasi aki mobil yang tekor atau drop,kita bisa mengisinya kembali dengan cara dijumper dengan aki lain yang masih bagus dayanya.Jika tidak punya aki cadangan,kita bisa meminjam mobil teman atau tetangga untuk membantu mengisi daya atau strum dengan cara dijumper.


Lalu bagaimana jika tidak ada mobil yang dekat disekitar kita? Ya terpaksa kita tunggu mobil lain datang membantu.Kalau anda merasa kelamaan nunggu dan mobil anda mau dipakai saat itu juga,maka ada alternative lain yaitu dengan menjumper aki mobil dengan mengunakan motor.


Loh memangnnya bisa? Ampere aki motor kan lebih kecil dari aki mobil? Apakah nanti aki motor malah ikutan drop atau tekor?

Pertanyaan itu juga sempat terbesit dikepala saya,namun segera tercerahkan ketika saya mencobanya dan akhirnya berhasil.Mobilpun bisa hidup dan siap kita pakai untuk jalan.


Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil

                   : Cara mengganti lampu kabin mobil dengan LED

Nah cara menjumper aki mobil yang soak dengan motor adalah seperti berikut : 

Langkah pertama tentu kita siapkan alat bantunya yaitu,kabel jumper dan motor.Setelah kedua barang itu siap,selanjutnya adalah buka penutup aki yang ada dimotor anda.

Berbeda motor mungkin berbeda pula peletakan akinya.Setelah terbuka dan siap,selanjutnya adalah hidupkan motor anda.Kemudian sambungkan kabel jumper tadi ke aki motor. 


Atau bisa tonton video cara jumper aki mobil dengan motor dibawah ini :
Video acara jumper aki mobil dengan aki motor

Untuk kabel jumper yang kita beli jadi dipasaran,kabel merah adalah positif dan kabel hitam adalah negatifnya atau lihat tanda di jepitnya. Sambung kabel tersebut mengikuti tanda yang ada pada aki motor.

Setelah tersambung ke aki motor,maka sambung pula ujung kabel jumper yang satunya ke aki mobil anda.Sesuaikan dengan tanda positif dan negative pada aki mobil.Setelah semua tersambung dengan benar dan pas,langkah selanjutnya adalah tambah RPM motor anda lebih tinggi.


Posisikan RPM diatas 1000RPM. Fungsi dari menambah gas atau putaran (RPM) ini adalah supaya pengisian daya ke mobil lebih cepat.Pertahankan posisi RPM motor tadi sampai kira kira 20menit atau 30 menit.Setelah waktu tunggu tercapai,coba anda hidupkan mobil anda.


Jika aki mobil anda masih bagus seharusnya mobil langsung bisa dihidupkan.JIka mobil sudah hidup maka lepaskan kabel jumper dari aki mobil dan aki motor.matikan motor anda dan kemudian kita tunggu mobil hidup untuk beberapa menit.Setelah sekiranya 5 atau 10 menit maka mobil sudah siap dipakai jalan.


Jangan menyalakan mobil terlebih dahulu sebelum waktunya selesai,karena bisa mengakibatkan aki motor menjadi tekor atau kiproknya rusak.Ini karena daya yang dibutuhkan untuk starter mobil lumayan tinggi.


Baca juga : Cara memasang sendiri Filter AC kabin pada mobil
                   : Cara memasang kamera mundur pada mobil

Demikian tips cara jumper aki mobil yang soak atau drop dengan menggunakan aki motor. Semoga bermanfaat


0 Response to "Aki Mobil Tekor atau Soak? Jumper Saja Dengan Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel