Cara Melepas atau Membuka Jog Mobil Xenia Avanza

Mumpung hari ini senggang alias tidak banyak pekerjaan yang harus diselesaikan secara mendesak,maka hari ini saya sedikit memberikan sentuhan kepada mobil saya yang sudah lama jarang dibelai.

Sesuai planning saya sebelumnya bahwa saya berencana untuk membersihkan bagian interior secara keseluruhan.Saya berencana membersihkan semua bagian interior diantaranya adalah Jog mobil,lantai dasar ,dashboard serta trim atau panel atas atau kabin.
alt"google pictures"
Membuka atau melepas jog mobil xenia avanza
Supaya pembersihan lebih maksimal dan lebih mudah dalam menjangkau bagian bagian tertentu yang biasanya sedikit sulit maka saya putuskan untuk membuka atau melepas jog mobilnya.Jog yang saya lepas adalah bagian jog (kursi) paling belakang dan jog bagian tengah.

Tujuan saya melepas jog ini adalah agar lebih mudah dalam membersihkan area dasar atau lantai mobilnya serta lebih enak membersihkan kulit jognya jika berada diluar mobil.Karena membersihkan jog didalam mobil itu lebih pengap dan lebih mudah berkeringat sedangkan membersihkan diluar kabin mobil akan lebih enak karena angina bisa menyeka kita dari mana saja.
Baca juga : Cara memasang kamera mundur mobil sendiri
                      : Cara mengganti sensor pintu (Doorswitch) mobil

Nah sebelum saya tuliskan tentang membersihkan interior yang lebih jauh maka akan saya kasih tahu sedikit cara membuka atau melepas jog mobil bagian belakang atau bagian tengah pada avanza ataupun Xenia.Untuk mobil lain kemungkinan tidaklah terlalu berbeda jauh caranya. 

Yang perlu disiapkan untuk membuka atau melepas bangku (jog) adalah cukup hanya dengan kunci T10 saja.Kenapa harus dengan kunci T10? Apakah bisa dengan menggunakan kunci 10 lainya misalnya kunci ring,kunci pas atau kunci shock? 

Jawabanya adalah bisa,namun jika menggunakan kunci 10 jenis ring dank unci 10 pas maka beban untuk membuka bautnya semakin berat.Sebaiknya gunakan kunci T10 ata kunci Shock agar lebih ringan.

Membuka jog mobil ini saya mulai dari bangku baris paling belakang yang dekat dengan bagasi kemudian setelah terlepa dilanjutkan dengan membuka atau melepas jog bagian tengahnya.Untuk bagian belakang ini cara membukanya adalah dari depan bangku atau dari belakang bangku (jog) yang tengah.
Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan interior
                      : Cara jitu membersihkan noda aspal

Caranya adalah,lipat dulu jog bagian tengah untuk memberikan ruang yang lebih lega dalam membuka jog bagian belakang,Tarik cover yang menutup bautnya.Cover baut aini ada dibawah jog belakang sebelah depan dan terdapat dua cover yaitu sebelah kanan dan sebelah kiri. 


Setelah cover terbuka maka langkah selanjutnya adalah melepas baut pengikat jog tersebut dengan menggunakan kunci T10 tadi. Lepaskan baut tersebut satu persatu sampai keduanya terlepas.

Jika sudah terlapas,selanjutnya lipat jog bagian belakang dan buka pengait jognya yang ada dibagian bawah jog dan posisinya ada di tengah.Setelah pengaitnya lepas jog belakang xenia avanza ini sudah bisa kita pindahkan keluar.Selanjutnya adalah membuka atau melepas jog bagian tengah.

Cara melapas atau membuka jog bagian tengah ini sama tehnisnya dengan jog bagian belakang tadi.Namun berbeda pada jumlah cover dan baut pengikatnya.Jog bagian tengah ini terdapat 4 baut yang mengikatnya yang terdapat dibelakang dan di depan.

Seperti yang tadi membuka jog belakang,lepas cover penutupnya yang ada dibelakang jog.Terlebih dahulu kita harus melipat bangku tengah tersebut kemudian lepaskan pengaitnya dari samping.Maka akan terlihat dua buah cover dibawah jognya,buka cover tersebut kemudian lepaskan bautnya dengan kunci T10.


Setelah kedua baut terlepas maka kita pindah posisi kedepan jognya.Disana juga terdapat dua cover dan dua baut disisi kanan dan kiri.Lepaskan cover dan kedua bautnya.Hati hati yang disebelah tengah karena ada pegas yang mengaitnya.Setelah keempat bautnya terlepas maka jog bagian tengah sudah bisa kita pindahkan keluar ruangan mobil.

Lakukan hal yang sama untuk jog tengah yang sebelahnya.Sebaiknya baut baut pengikat jog tadi (jog belakang dan depan) kita pasang kembali ditempatnya supaya resiko hilang lebih minim.

Nah cara melepas jog bagian tengah dan melepas jog bagian belakang sudah kita lakukan,tinggal kita lanjutkan ke proses selanjutnya. Proses selanjutnya adalah membersihkan karpet dan lantai mobil kemudian plafon serta trim atau panelnya dan terakhir adalah bagian kulit jognya.


Jika masih kurang jelas tentang tentang cara melepas atau membuka jog mobil avanza xenia,silahkan tonton video diawah ini

Video cara membuka jog avanza xenia
Untuk kelanjutan prosesnya tadi akan saya tuliskan di artikel berikutnya.Sekian dulu tips dari saya tentang cara membuka atau melepas jog bagian belakang dan jog tengah mobil avanza xenia kali ini.Semoga bermanfaat.
Baca juga : Cara mengganti wiper dengan mudah
                      : Cara mudah mengganti Lampu plafon (kabin ) dengan LED