Penyebab Dan Cara Mengatasi Rembesan Oli Disekitar Blok Mesin Mobil

Penyebab dan cara mengatasi oli rembes di mobil
Penyebab dan cara mengatasi oli rembes di mobil
Pada artikel kali ini mazcecep akan berbagi pengalaman tentang penyebab dan cara mengatasi oli bocor atau rembes dibagian blok mesin mobil xenia atau avanza.

Rembesan oli yang terjadi di mobil xenia saya ini mungkin berbeda dengan kondisi pada mobil anda. Namun ini bisa dijadikan sebagai bahan refferensi pengecekan masalah kebocoran oli dan siapa tahu masalahnya sama. 
Baca juga cara memasang filterac mobil

Rembesan oli di sekitar blok mesin ini memang tidak terlalu banyak keluar,hanya tetesan sedikit saja. Namun jika dibiarkan,maka lama kelamaan oli menjadi banyak dan tentunya mengganggu penampilan dapur pacu mobil anda.
Baca juga Cara membuka speedometer mobil avanza xenia

Setelah saya analisa dan melakukan pengecekan dibeberapa bagian,akhirnya ditemukan bahwa rembesan oli ini akibat dari seal oring pada rumah filter oli sobek atau rusak.Sehingga tekanan oli tidak bisa tertahan maksimal oleh seal oring tersebut dan oli keluar melalui celah seal oring yang robek tadi.

Pada gambar diatas adalah kondisi kebocoran sudah beberapa minggu sehingga terlihat oli banyak menempel di sekitaran blok mesinya.Cara mengatasinya agar oli tidak lagi bocor adalah dengan mengganti seal oring pada rumah filter oli tersebut. 

Harga seal oring ini cukup murah yaitu kisaran 30ribu yang saya beli dari toko sparepart mobil terdekat di wilayah saya. Saya menggantinya sendiri karena untuk menghemat biaya.
Seal oring housing filter oli avanza xenia
Seal oring housing filter oli avanza xenia
Baca juga cara mudah membersihkan blower ac
Baca juga Cara menghilangkan jamur kaca mobil 

Nah untuk mengganti seal oring rumah filter ini,anda harus melepas filter olinya. Untuk cara melepas filter oli baca disini.Namun kita tidak bisa hanya dengan melepas oli filternya saja,karena nanti oli mesin akan terbuang keluar melalui filter oli tersebut. 

Maka untuk mengganti sealnya kita harus melakukan pergantian oli mesin juga. Cara mengganti oli mesin mobil bisa baca disini. Agar lebih efisien sebaiknya dilakukan berbarengan dengan waktu ganti oli mesinya.

Setelah filter oli terbuka,langkah selanjutnya adalah dengan melepas dan mengganti seal oring rumah filternya dengan cara membuka baut rumah filternya. Posisi seal oring ada dibalik rumah filter tersebut. Tinggal anda lepas kemudian ganti dengan seal oring yang baru.

Baca juga cara ganti wiper depan 

Sebelum seal oring dipasang sebaiknya lumasi sedikit dengan oli baru kemudian dipasang kembali rumah filternya dan kencangkan baut pengikatnya.Untuk mengetahui apakah oli masih bocor atau tidak,tidak bisa langsung seketika. 

Caranya adalah kita bersihkan dahulu bekas oli yang sebelumnya rembes kemudian kita tunggu beberapa hari untuk mengeceknya. Jika tidak ada bekas oli maka oli sudah tidak bocor. Jika masih ada rembesan kemungkinan masih ada masalah di area rumah filternya.
Baca juga cara mengganti oli gardan sendiri

Demikian sharing penyebab dan cara mengatasi rembesan oli di bagian mesin dari maz cecep. Semoga bermanfaat