Cara Membuka Atau Melepas Speedometer Mobil Avanza Xenia

cara membuka speedometer avanza xenia
cara membuka speedometer avanza xenia
Cara membuka speedometer mobil avanza xenia. Pada artikel kali ini,mazcecep akan memberikan tips cara melepas speedometer dari dashboard mobil avanza xenia anda khususnya untuk tahun 20014 sampai 2011 atau type old. Untuk membuka speedometer ini antara avanza atau xenia yang lama (old) dengan yang baru atau all new (2012 keatas) berbeda. 
Baca juga cara ganti batre remote mobil

Karena untuk keluaran lama masih memakai kabel speedo dan untuk all new sudah memakai digital. jadi perlakuan membukanya tidak sama.Untuk yang allnew nanti akan saya tuliskan diartikel berikutnya.

Kenapa speedometer harus dilepas ari dashboardnya? Ada beberap hal yang mungkin akan anda lakukan sehingga perlu untuk membuka atau melepas speedometernya. 


Diantaranya dalah,karena ingin membersihkan area speedometernya atau ingin mengganti lampu speedometer yang mati,atau ingin mengganti kabel speedo yang putus atau error,atau bisa juga ingin membuat custom warna atau indiglow pada speedometer,atau bisa juga ingin menghidupkan indicator pintu atau indicator yang lainya.

Baca juga penyebab sensor dan kamera parkir mati
Untuk mobil avanza atau xenia type old (2004-2011) ini cara membuka speedometernya memang sedikit lebih rumit dibanding dengan allnew avanza atau xenia.Jika anda baru pertama kali membukanya,maka anda harus sabar karena biasanya memakan waktu agak lama ketika melepas soket odometernya.
Baca juga cara memasang filter ac mobil

Nah begini tahap demi tahap cara membuka speedometer avanza dan xenia old : 
Cara melepas speedometer mobil avanza xenia
Cara melepas speedometer mobil avanza xenia
Pertama,lepaskan baut yang ada dibagian atas cover speedometernya dengan obeng plus yang pendek supaya tidak mentok dengan cover bawahnya. Baut ini hanya ada satu dibagian atas saja.
Baca juga cara memasang lampu led drl mobil

Kedua,tarik cover warna hitam atau cover terluar dari speedometernya dengan sedikit ditekan agar pengunci terlepas. Kemudian keluarkan dari area speedometer.

Ketiga,lepaskan baut plus dibagian samping kiri dan kanan yang jumlahnya ada 4buah.

Cara melepas speedometer mobil avanza xenia
Cara melepas speedometer mobil avanza xenia
Keempat,tarik sedikit speedometer sampai ada celah untuk tangan masuk kebalik speedometer untuk melepaskan soket soketnya. Soket yang harus dilepaskan ada 3 buah. Dan biasanya pada soket odometernya agak sedikit susah. Ketika melepas ini anda harus bersabar
Baca juga Cara ganti oli mesin mobil sendiri

Setelah semua soket terlepas maka keluarkan speedometer set dari area dashboarnya.

Jika masih bingung bisa lihat video ini : 
Untuk memasangnya kembali ikuti sesuai dengan ketika melepas namun dengan tahapan sebaliknya.
Baca juga Cara mudah membersihkan blower ac mobil

Demikian artikel tentang cara membuka atau melepas speedometer untukmobil avanza dan xenia lama 2004-2001 dari mazcecep. Semoga bermanfaat.