DIY Cara Mudah Ganti Wiper Mobil Sendiri Dengan Wiper Frameless

DIY Cara ganti wiper mobil xenia avanza
Wiper frameless
Wiper adalah satu piranti dari mobil yang ga kalah pentingnya juga dengan part lainya.Wiper membantu pengendara agar bisa lebih jelas dalam area pandang,baik didepan mobil ataupun belakang mobil.

Bayangkan jika mobil kita tidak dilengkapi dengan wiper atau wiper kita sedang rusak atau juga wiper kita sudah tidak bagus maka penglihatan driver akan sangat terganggu dan bahkan bisa menimbulkan kecelakaan.


Seperti beberapa waktu lalu ketika saya mudik ke jawa tengah yang melalui jalan tol sementara brebes sampai batang (JTF). Ini Ukuran wiper dari berbagai merk mobil


Debu yang berterbangan seperti sedang offroad dipadang pasir jasirah arab sehingga harus sering menggunakan wiper untuk membersihkannya.Jika wiper tidak bagus maka penglihatan akan terganggu karena banyaknya debu dan kemungkinan terburuk kaca jadi scratch akibat debu yang ikut tersapu oleh wiper.


Lalu bagaimana cara merawat wiper agar tetap optimal fungsinya? Nanti akan saya share dengan detail di artikel cara merawat wiper .Artikel kali ini saya akan ulas cara menggantinya dulu atau cara ganti wiper mobil avanza xenia maupun mobil yang lain bagian depan.

Baca juga : 6 Jenis wiper mobil yang perlu anda ketahui
: Cara mengganti wiper belakang

Akibat yang ditimbulkan jika wiper kering atau bahkan sudah jelek adalah bisa menggores bagian kaca yang tersapu wiper.Jika kaca sudah tergores maka akan lebih susah dalam perbaikanya.


Masih bisa diperbaiki dengan cara dipoles tapi terkadang hasilnya kurang maksimal dan bisa menimbulkan cembung atau tidak rata.Bisa bisa malah harus ganti kaca yang baru karena tingkat kerusakan sudah parah. 
Baca juga Membuat wiper JDM (Tegak) ala mobil jepang 
Mengubah wiper menjadi single wiper atau satu wiper

Pergantian karet wiper yang ideal adalah 2-3 tahun atau tergantung pemakaian.Saya mengganti wiper direntang waktu tersebut untuk menjaga agar wiper tetap berfungsi dengan baik.


Kita bisa menggantinya sendiri dengan mudah. Tinggal siapkan saja karet wipernya ataupun bilah wipernya.Saya memilih mengganti sekalian bilah wipernya karena lebih praktis atau plug and play. 
Baca juga : Cara ganti sensor switch pintu mobil yang error

Berikut saya bagikan beberapa tahapan  cara mengganti karet wiper ataupun bilah wipernya dengan mudah yang bisa dikerjakan dimana saja. 

Baca juga : Cara pasang kamera mundur mobil xenia avanza
Cara mengganti wiper depan
Cara mengganti wiper depan 
Saya langsung mengganti dengan bilahnya karena ini cukup mudah dan praktis,tidak perlu diukur karet yang lamanya.Dan jika mengganti karetnya saja tetapi tidak tepat maka sapuan terhadap air tidak bersih bahkan bisa menimbulkan baret dikaca karena karet tidak rata.
Baca juga : Cara bongkar pasang per belakang mobil

Ini langkah langkah mengganti bilah wiper :


Pertama tegakkan dulu tangkai wipernya agar mudah dalam melepas bilah wipernya (gambar no1).Posisikan badan kita disamping mobil sebelah kanan jika yang diganti yang sebelah kanan,dan posisi disebelah kiri jika yang diganti wiper sebelah kiri.Jangan ditengah tengah ya,susah nanti hehe


Kemudian tekan lock pengunci yang ada dibawahnya kemudian sambil ditekan tarik bilah wiper kebawah (gambar no 2).Setelah kunci pengait terlepas,ambil karet wipernya ke atas atau kebawah (Gambar no 3).Lepaskan bilah wiper dari tangkainya.


Sekarang kita pasang wiper yang baru.Saya mengganti bilah wiper bawaan pabrik dengan wiper Frameless Hella Razor.Kemarin beli satu set kanan kiri 210rb. 

Baca juga cara mengatasi kaca spion mobil yang goyang atau getar
Atau lihat video cara ganti wiper depan dibawah


Video Cara ganti Wiper Depan
Saya mengganti dengan yang ini karena kualitasnya yang mumpuni.Frameless atau fleksible terhadap permukaan kaca.Daya hapus airnya lebih baik dibandingkan dengan beberapa wiper frameless yang pernah saya pakai.Anda tidak harus memakai ini,silahkan pilih sesuai selera.

Ada banyak macam merk yang beredar dipasaran,dari yang murah sampai yang mahal.JIka kita mau menggantinya dengan merk bawaan mobil,cara pasangnya seperti ketika melepasnya tapi dengan urutan terbalik. 

Baca juga DIY pasang peredam panas di kap mobil


Pasang bilah wiper yang baru seperti tahapan ketika membuka tetapi urutanya dibalik.
Masukkan wiper yang baru lalu dorong ke atas sampai mentok,kemudian tutup kuncinya (gambar no 4).Selesai.Ganti wiper sudah selesai dan bisa digunakan

Cobalah dengan menyalakan switch wipernya untuk mengetahui apakah berfungsi dengan baik atau tidak.Ketika mencoba jangan lupa semprotkan airnya supaya kaca tidak baret atau scratch.

Baca juga : Cara menghilangkan bekas lem stiker pada mobil

Oh iya,ukuran wiper xenia avanza adalah 20" dan 16".Yang 20 untuk posisi depan sopir dan yang 16 untuk posisi samping sopir.Kita bisa mengganti dengan ukuran yang lebih panjang agar sapuan wiper tidak ada celah.Tapi jangan terlalu panjang supaya wiper tidak bertabrakan.Saya mengganti dengan ukuran 20' dan 17'

Baca juga : Review modifikasi ceper avanza xenia dengan potong per bawaan

Demikian tips tutorial cara ganti wiper dari mazcecep.Cara mengganti wiper mobil baik xenia ataupun avanza ataupun wiper mobil lain yang hampir sama caranya.semoga bermanfat.

Baca juga : Cara setel ketinggian kopling avanza xenia