Pasang Hidrolik Di Kap Mesin Avanza Xenia

Oprek kali ini masih seputaran hal ringan saja yaitu penambahan hidrolik pada kap mesin mobil.Tujuanya apa dipasang hidrolik begitu? Yang utama karena gaya (trend) dan fungsi lainya adalah kita tidak perlu menggunakan penahan (kait) kap mesin yang manual versi pabrikan.

Nah dari beberapa macam modifikasi tersebut,ada oprekan (DIY) ringan yang bisa menambah gaya di tunggangan kita.Contohnya seperti diatas yaitu hanya memasang hidrolik pada kap mesin.
Kenapa saya bilang ringan karena biaya yang dikeluarkan cukup murah.Modifikasi tersebut ternyata tidak mahal.Karena yang dipakai adalah hidrolik yang biasa untuk lemari dan sejenisnya yang berkekuatan 100N (10kg).

Hidrolik yang banyak dijumpai adalah merk huben atau 188 atau merk lainya.Jika mau yang bagus ya beli hidrolik pintu mobil yang khusus untuk kap mesin seperti yang ada di pintu belakang.Tapi harganya lumayan bro.
Baca juga : Cara bongkar pasang per belakang mobil
: Penyebab sensor mundur dan kamera mundur mati
Jadi ketika kita membuka kap mesin,tidak perlu lagi mengaitkan tangkai penahan seperti yang dari pabrikan.Begitu buka kita tinggal dorong aja ke atas tanpa perlu dikaitkan dan kap tidak akan jatuh jika pemasanganya benar.

Penahan kap yang bawaan mobil tidak perlu dilepas,biarkan saja menempel ditempatnya.Untuk safety nanti ketika sewaktu waktu hidrolik ini ada masalah. 
Baca juga DIY peredam panas di kap mobil

Langsung saja deh kita mulai langkah langkahnya ketimbang kalian bosen dengerin cerita saya terus hee.Tanpa banyak basa basi,langsung saja ikuti langkah langkahnya berikut ini :
diy pasang hidrolik kap mesin mobil avanza xenia
diy pasang hidrolik kap mesin mobil
DIY pasang hidrolik kap mesin xenia avanza
Baca juga : Cara ganti shock belakang motor vario

Bahan dan alat yang perlu disiapkan antar lain (gambar 1):
1.Mobil (sudah jelas ya)
2.Kunci L dan kunci Pas1.
3.Hidrolik 4 set ( Saya memakai merk 188 100N ) : Rp 80.000
4.Long nut M6 2 buah (untuk sambungan hidrolik) : Rp 10.000
5.Bor tangan :Pinjam teman
6.Baut shank 2pcs : Rp 5.000
7.Kopi dan cemilan hehe
Baca juga : Pasang kamera depan (Car DVR) mobil
Setelah semua bahan dan alat siap,langsung kita mulai dengan tahapan prosesnya.

Yang pertama adalah,oval disalah satu lubang dudukan bawaan hidroliknya saja dengan bor atau alat yang lain yang menghasilkan lubang diameter 7 atau lebih supaya baut yang di kap mesin bisa masuk.(gambar no 2).Jumlah yang harus dibeasrkan lubangnya ada 4buah.

Langkah selanjutnya adalah melepaskan rumah pin diujung hidroliknya (satu sisi saja) kemudian sambung dengan long nut M6 yang tadi (1 biji saja) sehingga hidrolik menjadi lebih panjang dan terbagi menjadi 2 hidrolik panjang (gambar no 3) Baca juga : Kabin mobil lebih terang dengan ganti LED

Sehingga dari 4 hidrolik berubah menjadi 2 hidrolik yang lebih panjang.Jangan lupa kencangkan sambungan hidrolik tersebut (long Nut M6) atau sampai rapat di kedua sisi ujung hidrolik (mentok ulirnya).Ini bisa dengan tangan atau dibantu kunci pas juga boleh.
Setelah hidrolik siap selanjutnya adalah buka kap mobil dan tahan dengan pengait seperti biasanya,lepaskan baut yang di kap mesin (bagian atasnya saja) dike dua sisi (kanan dan kiri).Baut ini ada dibagian bawah yang menempel pada rangka atau tepatnya diatas headlamp.
Baca juga : Cara jitu menghilangkan noda aspal pada mobil
: Cara merubah warna lampu kabut (Foglamp)

Masukkan holder (dudukan) untuk hidroliknya menghadap ke dalam lalu masukkan baut shank tadi dan kencangkan dengan kunci pas atau ring 10.Pasang dudukan hidrolik yang bawah diarea body (chassis) mobil di kedua sisi (kiri dan kanan).kemudian pasang juga dudukan hidroliknya yang diatas yang ada diarea kapnya.

Kiri dan kanan.Kemudian pasang ke dua hidrolik tersebut sesuai dudukan yang tadi terpasang. 
Baca juga : Cara jumper aki mobil tekor dengan motor

Jika tidak ada yang tertabrak berarti pemasangan berhasil,dan mobil menjadi lebih bergaya dari sebelumnya.Lakukan test dan lihat apakah ada area atau benda yang tertabrak hidrolik tersebut saat kap mesin ditutup? 
Baca juga : Cara melepas jog belakang dan tengah avanza xenia
Demikian oprek sederhana kali ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog mazcecep dan semoga bermaanfaat
Baca juga : Cara ganti bohlamp lampu belakang mobil
: Cara pasang filter AC (kabin) mobil xenia avanza