Pasang Kamera Depan Mobil (Car Dvr_Camera dasboard) Murah

Car Dvr (camera dasboard mobil)
Car Dvr (camera dasboard mobil)
Saat ini,perangkat kamera itu sudah seperti hal wajib yang kita punyai.Baik itu dari perangkat smartphone ataupun kamera khusus.
Banyak manfaat yang kita peroleh dari kamera ini kalau kita gunakan dengan semestinya yang tidak melanggar aturan.

Bisa untuk merekam momen penting ataupun bisa dijadikan alat bukti untuk sebuah kasus. Baca juga : DIY pasang kamera mundur mobil xenia avanza


Dan kali ini mazcecep memasang kamera di dalam mobil (car dvr camera) atau biasa disebut kamera dasboard,sebenarnya tidak terlalu kepingin banget karena akhir akhir ini saya jarang bepergian menggunakan mobil sendiri.


Bisa dibilang hanya seminggu atau dua minggu sekali saja.Dikarenakan akhir akhir ini jalanan yang sering saya lalui macetnya semakin parah.jalan yang biasa ditempuh normal hanya dengan 15 sampai 20 menit sekarang bisa satu jam atau lebih. 

Baca juga : Cara pasang Talang air (Door visor) mobil

Waktu saya banyak terbuang hanya untuk nungguin macet.Lalu untuk apa memasang kamera mobil kalau mobilnya saja jarang dipakai?Alasanya adalah iseng dan pingin nyobain saja.

Alasan saya yang lain memasang kamera ini adalah untuk mengabadikan suatu kejadian dijalan yang tidak biasa,misalnya ketemu cewek cakep atau emak2 racing gitu hahaha.Dan itupun kalau sedang bepergian dengan mobil.Kalau mobil stay dirumah terus ya kapan dapat momen indahnya? heehe 
Baca juga : Cara pasang filter kabin (AC) mobil xenia avanza

Saya tertarik melihat video yang diambil dari dalam mobil sedang menemukan momen momen tertentu dijalanan.Berbagai macam video yang diupload di media sosial yang diambil dari kamera mobil ini.makanya saya tertarik untuk memasangnya. 

Baca juga : Cara mudah dan cepat ganti shock vario 

Setelah saya browsing beberapa merk kamera dasboard ini akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang murah saja.Karena baru tahap mencoba dan iseng plus mobilpun jarang digunakan jalan.

Saya membeli kamera ini di toko online 125rb belum termasuk memory card nya.Total dengan memory card 200rb.Ada banyak pilihan kamera jenis ini.Anda tinggal pilih yang sesuai selera saja. 
Baca juga Cara pasang port usb charger di motor vario

Kamera ini disarankan dipasang diarea yang tidak terlihat oleh orang lain secara jelas agar mereka tidak tau kalai kita sedang mengambil gambarnya.Atau istilah kulonya hidden camera atau kamera tersembunyi.Pemasangan silahkan dicari yang menurut anda tidak terlihat dan aman alias tidak mengganggu ketika sedang mengemudi.


Saya memasangnya dideket kaca spion dalam,lalu kabel charger semaksimal mungkin tidak terlalu terlihat dari luar.Pemasangan kamera ini dalam kondisi terburu buru jadi sementara sedapatnya dan seadanya dulu.Nanti mungkin akan saya rapihkan jika waktu sudah senggang. 

Baca juga : Penyebab kamera mundur dan sensor parkir tiba tiba mati
Pasang kamera dasboar mobil (car Dvr cam) atau dascam
Pasang kamera dasboard (car dvr cam)
Kamera saya pasang didepan kaca spion dalam kabin (no 1).Sekilas memang tidak terlihat tetapi kalau melihatnya dalam beberapa menit ini akan terlihat karena adanya display dibagian belakang kameranya. 
Baca juga : Cara ganti sensor switch pintu yang error

Kemudian kabel chargernya saya tempelkan di area plapon bagian atas kaca depan terus kekanan sampai ke pilar pintu (no 2) lalu kebawah disampaing dasboar kemudi dan masuk ke kolong pedal yang seterusnya nyambung ke bagian pemantik atau lighter.Sementara saya rekatkan pakai double tips karena seperti tadi saya bilang ini kondisi buru buru. Baca juga : Cara membersihkan blower AC dengan mudah



Kamera ini auto on dan auto off.Jadi ketika mobil distarter kamera otomatis on dan mobil off kamera otomatis mati.Pengisian batre langsung menggunakan kabel yang terhubung ke lighter mobil.Battery kamera ini tidak seperti batre smartphone (HP) yang setelah terisi penuh bisa bertahan dalam beberapa jam.

Untuk kamera ini,jika charger dilepas dari pemantik mobil maka dalam beberapa detik kamera akan mati karena batre tidak menampungnya dan hanya menyalurkan dari lighter.Jadi kalau kamera mau tetap menyala kabel charger harus selalu dihubungkan ke ligter (pemantik) mobil.  Atau ihat video ini 

Kamera yang saya beli ini hasilnya kurang terlihat jika digunakan pada malam hari.Karena tidak dilengkapi infrared atau led yang membantu penyinaran.Hanya mengandalkan penerangan yang ada didepan mobil saja.
Maklum namanya juga murah,kualitas juga menyesuaikan.Kalau kepingin yang hasilnya bagus untuk siang dan malam dan resolusi tinggi juga banyak,Anda tinggal siapkan budgetnya saja.
Baca juga : Cara ganti oli transmisi manual dan ganti oli gardan xenia avanza

Satu lagi yang kurang efisien dikamera saya ini yaitu tidak dilengkapi dengan kabel data atau blutut untuk memindahkan hasil bidikan kedalam komputer.Hanya ada kabel charger saja dan itu tidak bisa digunakan untuk transfer data.Soket untuk transfer data melalui kabelpun masih tergolong jadul karena bentuknya belum pipih seperti charger smartphone.


Soketnya seperti soket game PSP yang 200rban.Cara satu satunya yang paling mudah yaitu dengan melepas kartu memorinya dan masukkan kedalam card reader lalu colok ke komputer.Terimakasih sudah mengunjungi blog mazcecep.Sekian dan semoga bermanfaat.


Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi Pemantik tidak berfungsi

                  : Custom headlamp projie di xenia