Cara Mengganti Bohlamp Lampu Belakang (Stoplamp,sein,mundur) Mobil

Cara ganti lampu rem avanza xenia
Lampu rem
Jangan sepelekan lampu kendaraan yang mati atau tidak berfungsi.Fungsi lampu itu sangat penting untuk kendaraan dan bagi pengendara.Baik lampu depan,lampu sein,lampu rem,lampu mundur dan lampu lampu yang lain.

Ini sudah didesain dari pabrikan dan sudah mengikuti aturan yang  berlaku dalam berlalu lintas.Salah satu lampu kendaraan mati,maka hilang satu fungsinya dan itu bisa membahayakan bagi sendiri dan pengendara yang lain.


Sudah berapa kejadian yang disebabkan karena salah satu lampu mati? 

Baca juga : Kamera mundur dan sensor parkir tiba tiba mati

Sebagai contoh adalah lampu diarea belakang mobil.Diarea belakang mobil biasanya terdapat 4 jenis lampu sebagai penanda.Yaitu lampu kota,lampu rem,lampu mundur,lampu sein.

Lampu sein mati maka akan membahayakan pengendara dibelakangnya karena tidak tahu kalau mobil didepannyua akan belok.

Baca juga  : Ini penyebab Lampu sein tiba tiba mati,kaca tidak bisa turun naik,ac juga mati.
                    : Ganti lampu kabin dengan LED supaya lebih terang
Lampu mundur mati,ini juga membahayakan pengendara karena tidak tahu kalau mobil akan mundur.Lampu kota mati juga bisa menimbulkan bahaya karena waktu malam hari tidak terlihat kalau didepanya ada mobil.Lampu rem mati juga membahayakan pengendara karena tidak tahu kalau mobil akan berhenti.

Maka dari itu jangan sepelekan lampu anda yang mati karena bisa membahayakan diri atau pengendara yang lain.Pernah lihat kan ada mobil yang beberapa lampu belakangnya mati dan posisi kita ada dibelakangnya.


Saya sering sekali melihat ini dan beberapa kali mau menubruk kendaraan didepan saya itu karena tidak adanya indikator lampu.

Kita akan eksta waspada jika dibelakang mobil yang lampunya mati.Karena kalau meleng sedikit bisa bisa kita nyium itu pantat mobil.Bahkan ketika berkendara di siang hari juga dibutuhkan konsentrasi jika didepan kita lampunya ada yang mati.Ini berlaku untuk semua kendaraan.


Tapi yang akan saya share disini adalah lampu pada mobil.Karena kebetulan saya mengalami lampu mobil yang mati.

Baca juga penyebab aki mobil soak,drop atau tekor
Cara jumper aki mobil dengan motor
Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil

Atau bisa lihat video dibawah ini
Video cara ganti lampu belakang
Sebenarnya cara mengganti lampu belakang itu gampang dan tidak mahal.Harga untuk satu bohlamp kisaran 2500 sampai 15ribu saja.Tetapi saya heran kenapa mereka tidak kunjung mennggantinya? Apakah tidak punya uang untuk service atau beli bohlamnya? Atau saking sibuknya? 

Dalam berkendara kita juga harus memperhatikan keselamatanpengendara lain.
Ini saya kasih tips cara mengganti bohlamp belakang anda yang mati,dan setelah anda tahu caranya sebaiknya segeralah menggantinya demi keselamatan berkendara.
Siapkan dulu bohlampnya,kita bisa membelinya di toko sparepart.Lalu siapkan kunci T10 untuk membuka baut covernya.Kemudian buka pintu belakang mobil.Dimobil saya,satu cover lampu terisi 3bohlamp sekaligus yaitu lampu mundur,sein,rem & senja.

Setelah dibuka bautnya maka tarik covernya perlahan,cover lampu ini ada lock plastik yang mengikat ke body mobilnya.Setelah terlepas dari body maka akan terlihat posisi bohlamp yang ada didalamnya.Anda tinggal mengganti sesuai bohlamp mana yang mati.

Jika susah,lepaskan saja soketnya agar cover lepas dari bodynya.Cara ganti bohlampnya sudah tau kan? Gampang itu kok,tinggal putar saja. Baca juga : Tips deteksi kerusakan shockbreaker mobil

Setelah semua diganti,pasang kembali soketnya dan tempelkan cover ke body dengan locknya saja.Kemudian test satu persatu lampu yang dibelakang.Jika semua menyala normal barulah kita pasang dan kencangkan baut covernya.

Untuk lampu yang dispoiler saya belum pernah membukanya karena kebetulan dari semejak beli sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.Nanti akan saya update jika saya sudah membongkarnya.Tapi belum tahu kapan,nunggu waktu longgar dulu atau mungkin nunggu waktunya ganti lampu hehe.
Baca juga : Cara mengetahui konsumsi bahan bakar kendaraan anda
                  : Cara ganti sensor pintu / doorswitch mobil

Nah kini kita sudah selesai mengganti lampunya,berkendarapun jadi ga was was khawatir ditubruk atau dicium pantatnya karena lampu kita mati.Jadi jangan sepelekan lampu mati.

Cek secara berkala lampu kita dan segera ganti jika diketahui sudah mati atau tidak berfungsi.Terimakasih sudah mengunjungi blog mazcecep dan semoga bermanfaat.
Baca juga : Tips membedakan oli palsu dan oli asli
                  : Cara mengganti oli mesin mobil sendiri