Modifikasi pasang Colokan Port USB Charger di Motor

Pasang charger HP di motor matic Vario techno cbs 110
cara pasang colokan port usb charger di motor matic vario
Port Usb Charger Motor 

Diartikel kali ini saya akan berbagi modifikasi ringan untuk motor yaitu tentang cara memasang atau menambah port charger untuk HP (Smartphone) di motor matic vario cbs techno 110 milik saya. Saya memasang port untuk charger HP ini karena handphone saya yang bermasalah dengan baterainya yang sering drop karena factor usia.

Maka dari itu saya kepikiran untuk menanamkan port charger hp ini dimotor saya supaya ketika baterai HP perlu diisi maka tinggal colok saja dimotor.


Baca juga : Modifikasi lampu sein ala bus malam

                  : Cara mudah ganti bohlamp lampu vario

Setelah saya browsing port charger HP maka saya putuskan untuk membelinya di toko online dengan harga 50ribu.Saya membeli colokan usb ini yang type biasa tanpa adanya voltmeter.Setelah barang datang maka eksekusipun dimulai.




Untuk posisi penempatan port colokan usb untuk charger HP ini disesuaikan saja dengan selera namun perlu diperhatikan juga segi keamanan supaya tidak ada masalah.Misalnya dibuat mainan anak – anak atau rawan terkena hujan. 


Sesuai petunjuk dari bukunya,posisi penempatan adalah dispion. Namun saya memutuskan untuk menempelkanya dibagian bodi sebelah samping stang supaya lebih aman dari jangkauan anak dan air hujan.


Baca juga : Tips membedakan oli palsu dengan oli asli


Langkah pertama adalah membuka dudukan plat nomor dan body bagian depan dibawah kepala motor dengan cara membuka baut plat nomor dan baut body nya. Setelah baut semua terlepas maka buka cover bodynya dengan cara mendorong keatas. 

Kemudian lubangi bagian cover yang samping stang.Saya melubangi dengan cara memanaskan obeng kemudian menusukanya ke bagian cover. Jikalau ada bor mungkin akan lebih mudah.


Setelah itu pasang port colokan usb charger hp tersebut di lubang yang barusan kita buat dan kencangkan agar tidak lepas. 


Langkah selanjutnya adalah sambungkan kabel positif (+) warna merah port colokan ke positif aki (battery) dan kabel negatife (hitam) ke negatife aki atau bisa juga ke body motor.Lalu kencangkan lilitan kabel dan bautnya.

Baca juga : Indikasi atau gejala komstrir motor rusak


Langkah terakhir adalah rapikan kabelnya dan lakukan test fungsinya sebelum cover dipasang kembali. Jika sudah dipastikan port colokan charger hp tersebut berfungsi maka selanjutnya adalah memasang covernya kembali dan selesai. 


Sekarang kita tidak perlu khawatir jika battery HP kehabisan dijalan dan susah menemukan colokan listrik.

Demikian diy pemasangan port colokan usb charger dimotor semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips cara deteksi kerusakan shock breaker