Custom Headlamp Projie Di Mobil Xenia Avanza

Lampu headlamp projie xenia avanza AES Ultimate DRL LED A8 running
Headlamp projie xenia avanza
Pengalaman Pasang Headlamp Projie Di Mobil Xenia Avanza

Kalau bicara tentang memodifikasi mobil memang seakan tidak ada habisnya. Berapapun uang yang kita punya serasa masih kurang saja untuk urusan modifikasi ini. 

Salah satu dari modifikasi mobil tersebut adalah dengan mengganti headlamp OEM bawaan mobil dari pabrik dengan retrofit Headlamp dari mobil lain atau dengan headlamp Projie after market. 

Tinggal anda sesuaikan saja antara selera dengan isi dompet yang anda punya. Mau pilih projie dari produk after market atau dari mobil lain.
Baca juga ; Cara mengganti wiper mobil
                   : mengatasi kaca spion mobil goyang

Modifikasi mobil dengan merubah dari headlamp standart ke headlamp projie saat ini sudah semakin banyak dilakukan para pengguna mobil khususnya para pecinta modifikasi otomotif baik motor maupun mobil. 


Dikalangan pecinta modifikasi in mungkin sudah mengenal yang namanya projie ini karena selain dari tampilan yang lebih mempesona juga karena bisa membuat pancaran cahaya dari headlamp menjadi lebih terang.

Untuk produk headlamp projie after market ini tersedia bermacam – macam merk dan berbagai spek. Dari yang murah sampai yang mahalpun ada. 


Untuk projie dari mobil lain bisa diambil dari projie mobil kelas premium seperti dari headlamp projie mobil Toyota yaris,Toyota Alphard,Toyota Fortuner,Mitsubishi Pajero,honda CRV,dan headlamp projie dari mobil – mobil yang lain. 

Namun untuk harga Projie mobil tersebut buat saya terlalu mahal karena yang saya tahu untuk harga copotan masih berkisar di range harga 5juta ke atas.
Video custom headlamp projie
Baca juga : Pengalaman ceper dengan potong per bawaan xenia
                   : Cara jumper mobil dengan motor

Maka dari itu saya memilih modifikasi headlamp Daihatsu xenia saya dengan produk dari after market saja karena bisa menyesuaikan budget dengan specknya. 


Untuk modifikasi headlamp mobil ini sebaiknya anda konsultasikan dahulu dengan orang yang paham betul tentang seluk beluk projie ini supaya anda terhindar dari penjual atau bengkel yang menjual projie dengan harga mahal namun spek masih dibawah.

Saya mengganti headlamp mobil xenia saya dengan projie ini sudah yang kedua kalinya. Memangnya kenapa kok sampai dua kali ganti? Karena rusak atau karena faktor yang lain? Alasan saya mengganti sampai dua kali karena headlamp projie yang pertama tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan.


Harapan pertama saya memasang projie di xenia saya adalah seperti yang saya katakana diatas.Selain tampilan yang terlihat keren juga karena ingin menambah terang sinar dari headlamp. Namun hanya tampilan saja yang saya dapatkan. 


Ini tidak lepas dari kurangnya pengetahuan serta informasi yang sya dapatkan mengenai projie tersebut. Waktu itu saya hanya terpikat oleh tampilan manisnya projie saja tanpa memikirkan lebih dalam untuk masalah penerangan. 
Baca juga : Cara ganti perr belakang mobil avanza xenia
                  : Modifikasi lampu sein kedip cepat ala bus malam

Namun karena saking kepincutnya untuk segera mengganti maka saya langsung ke bengkel lampu untuk menggantinya. Dari pegawai bengkel waktu itu juga mengatakan bahwa hasil dari sepaket projie ini sudah cukup terang dibanding dengan lampu bawaan.Namun setelah projie terpasang dimobil saya ternyata tidak sesuai dengan harapan. 

Banyak masalah yang saya alami setelah memasang projie tersebut. Antara lain,ketika melewati jalanan aspal sinar lampu hamper tidak kelihatan,apalagi jika turun hujan dan hujannya dimalam hari sewaktu melewati jalanan aspal. 


Rasanya seperti orang buta,hamper tidak terlihat jalanannya. Itulah alasan saya menggantinya lagi. 
Lampu headlamp projie mobil avanza xenia
Headlamp projie xenia 
Baca juga : Tips membedakan oli asli dan oli palsu
                  : Cara setel ketinggian kopling avanza xenia

Projie pertama saya harus merogoh kocek kisaran 2.7juta sudah terima beres di bengkel lampu projie pada tahun 2016. Dengan harga tersebut saya mendapatkan 2buah Bowl Projie merk AES bisa,inverter 2 buah,ballas DC 35W 2buah,Hid lamp 3400K 2buah,LED silicon 2 buah,dan bongkar pasang headlamp plus dismoke (pilox warna hitam). 

Waktu itu saya masih belum banyak mengerti tentang lampu HID,Bowl,Ballast,Inverter mana yang specknya bagus sesuai ekspektasi saya.

Sepaket projie tersebut saya pakai dimobil xenia saya kurang dari setahun. Karena mau ganti belum punya tabungan lagi. Karena sudah tidak nyaman dengan sepaket headlampprojie tersebut,akhirnya projie saya tawarkan untuk tukar tambah dengan headlamp standart bawaan mobil xenia yang lain.


Ketemu dengan lawan akhirnya projie saya dihargai 1.3 juta dengan tuker headlamp punya yang beli tadi.
Baca juga : Tips deteksi kerusakan shockbreaker
                  : Ini penyebab sensor parkir dan kamera mundur mati

Karena sudah mendapat pengalaman untuk kasus projie pertama,maka untuk projie yang kedua ini saya memperbanyak informasi supaya tidak terulang kasus yang sama. Akhirnya setelah manap dengan pilihan akhirnya dimulailah pencarian partnya. 


Untuk projie kali ini saya memasang sendiri dengan kawan dan biaya yang saya keluarkan adalah kisaran 3juta dengan spec projie yang lebih tinggi dari sebelumnya yaitu : 2buah bowl AES Ultimate,Inverter 2buah,HID lamp 5600K 2 buah,Ballas AC 55W dua buah,LED DRL Crystal running A8 2buah.

Untuk paket yang kedua ini hasilnya jauh lebih baik dibanding paket projie yang pertama. Dari segi tampilan juga lebih menawan,sinarnya juga lebih terang. Sudah tidak takut lagi ketika mengendarai dimalam hari yang hujan melewati jalanan aspal.

Baca juga : Mau pasang lampu DRL sendiri ? Begini caranya
                   : Mau pasang talang air (door visor) begini caranya

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda memasang projie menurut saya adalah :


1.Headlamp dengan Projie itu menggoda secara penampilan,jadi jangan terburu buru mengganti yang standart jika memang anda belum banyak informasi tentang projie

2.Kebanyakan projie dengan spec biasa,hasil pencahayaan yang didapat juga tidak lebih dari headlamp standart bawaan mobil. Misalnya,tidak terang ketika melewati jalan aspal,tidak menembus hujan

3.Perhatikan spec dari setiap partnya. Misalnya Bowl proyektornya,Inverternya,ballasnya,Lampu HIDnya,LED DRLnya 

4.Tanyakan garansi produknya. Ini penting karena harga part ini cukup lumayan.

5.Konsultasi dan pasang kepada ahlinya
Demikian sedikit sharing tentang projie yang saya aplikasikan di mobil Daihatsu xenia saya. Semoga membantu anda yang berencana akan mengganti headlamp bawaan dengan projie.
Baca juga : DIY pasang kamera mundur avanza xenia
                   : GAnti lampu kabin mobil dengan LED