LIGHTER (PEMANTIK) MOBIL MATI,TIDAK BERFUNGSI ATAU RUSAK? CEK DULU BAGIAN INI!

pemantik api mobil pemantik rokok mobil tidak berfungsi pemantik rokok mobil pemantik api mobil mati pemantik rokok mobil mati pemantik rokok mobil rusak harga pemantik mobil pemantik korek mobil pemantik rokok mobil avanza mati pemantik rokok mobil kijang pemantik mobil pemantik mobil rusak pemantik api mobil rusak pemantik api mobil yaris pemantik api mobil harga pemantik rokok mobil avanza pemantik api mobil avanza harga pemantik rokok buat mobil pemantik rokok di mobil tidak berfungsi pemantik rokok di mobil pemantik rokok di mobil rusak pemantik api di mobil rusak pemantik api di mobil mati
Pemantik api mobil 
Mengatasi Lighter (Pemantik r0k0) mobil mati ,tidak berfungsi atau rusak. Lighter atau disebut juga pemantik adalah komponen mobil yang berbentuk bulat kecil yang berada dibawah headunit sebuah mobil. Fungsi dari lighter atau pemantik ini adalah untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti HP (smartphone),kamera dvr dan lainya.

Dan bisa juga untuk menyalakan rokk dengan adanya bara pada lighter ini. Perangkat kecil ini sangat berguna ketika sedang mengendarai mobil dan smartphone kita perlu discharge baterainya . 


Namun apabila perangkat ini mati atau rusak maka kita harus sedia powerbank untuk mengisi baterai smartphone atau perangkat yang lainya. Jadi biarpun komponen itu mungil namun sangat berguna ketika berada didalam mobil.
Baca juga : Bingung cara ganti per belakang mobil ? Ini trik mudahnya
Kaca spion mobil anda getar ? Lakukan ini ! 

Masalah lighter atau pemantik mobil yang mati ini kebetulan terjadi pada mobil xenia saya dari beberapa waktu yang lalu. Agak kerepotan juga ketika lighter ini mati karena saya harus sedia powerbank ketika bepergian. Apalagi jika bepergian jauh seperti kemarin ketika kedaerah jawa tengah dari lokasi saya di Bekasi. 


Power bank sudah habis ditengah perjalanan dan Hp perlu diisi dayanya karena selain untuk antisipasi jikalau ada telepon penting juga saya pergunakan untuk GPS.Setelah ada waktu senggang,barulah saya cek kenapa ligter mobil saya mati atau tidak berfungsi.


Yang pertama adalah saya memeriksa dibagian fuse atau sekeringnya. Dimanakah letak sekeringnya? Sekering dimobil xenia atau avanza terletak di dua bagian terpisah yaitu berada didepan diabgaian mesin sebelah kiri (kalua posisi dari depan mobil) dan yang satunya terletak dibawah kemudi. Untuk sekering lighter ini berada pada box sekering yang berada dibawah dasboar kemudi.

Baca juga :  Mobil susah distarter ? Jangan terburu ganti aki,periksa dulu komponen ini !
Tips membedakan oli palsu dengan oli asli

Buka panel sebelah kanan yang ada dibawah kemudi. Kemudian buka penutup box sekeringnya dan periksa satu persatu apakah sekering ada yang putus atau mungkin terbakar. Jika ditemukan sekering atau fuse ada yang putus atau terbakar,maka gantilah sekering yang putus tersebut dengan yang baru.


Harga sekering atau fuse ini tidaklah mahal,mungkin kisaran 5ribu sampai 10ribu. Maka dari itu,sebaiknya sediakan spare sekering (fuse) untuk setiap jenisnya (7A,10A,15A) minimal 1 atau banyak juga boleh untuk antisipasi jikalau terjadi sekering putus di tengah perjalanan yang jauh dari toko spare part mobil.

Baca juga: Mau bergaya dengan satu wiper (single wiper) ?

Jika sudah diganti sekeringnya dengan yang baru ternyata lighter atau pemantik tersebut masih tidak berfungsi seperti semula,selanjutnya cobalah periksa dibagian batang ligternya atau rumah pemantiknya tersebut.Dikomponen lighter (batang dan rumahnya) tersebut terdapat plat tipis yang berfungsi untuk mengunci atau lock antara batang dengan rumahnya.


Periksalah plat tipis yang menonjol tersebut apakah posisinya sudah tepat ketika lighter dipasang atau ternyata masih longgar. Untuk kasus jika plat pengunci lighter ini tidak mencekam dengan baik,yang saya lakukan adalah mencongkel plat tersebut agar lebih menonjol supaya lighter mengunci dengan kuat antara batang dan rumah sehingga aliran listrik bisa tersalur ke batang lighter.

Baca juga: Cara membuat sein kedip cepat ala bus malam
Switch pintu mobil anda error? Begini cara gantinya

Demikian sedikit tips cara mengatasi masalah lighter atau pemantik mobil yang mati atau tidak berfungsi dengan baik pada mobil kita.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi sensor parkIr tiba-tiba tidak berfungsi
                   : AC,Sein,Kaca pintu tiba-tiba mati ? Begini solusinya