Mobil Tidak Bisa Dihidupkan? Jangan Buru-Buru Ganti Aki ! Cek bagian ini !

Penyebab mobil susah dihidupkan dan muncul indikator battery (aki) di avanza xenia
Indikator panel speedometer
Mobil tiba tiba tidak bisa distarter dan muncul indikator Aki di panel speedometer. Pernahkan anda mengalami masalah mobil yang susah distarter atau susah dihidupkan? Seperti yang sempat saya alami di mbil saya beberapa waktu yang lalu. Sebelum mobil susah distarter ini,pada hari sebelumnya tidak ada gejala atau indikasi adanya kerusakan. Namun tiba tiba saja pas mobil mau dihidupkan tidak bisa hidup.
Ini penyebab Kamera mundur dan sensor parkir tiba tiba tidak berfungsi

Kronologisnya kira – kira seperti ini : Ketika kunci kontak mobil saya putar ke on, semua indicator di panel speedometer menyala dengan normal namun ketika starter tidak kuat ngankat alias hanya bunyi cekekek cekekek saja.Kemudian saya coba cek fuse atau sekering yang ada dibagian bawah stir dan dibagian depan atau di area mesin . Setelah saya cek satu persatu semua sekering (fuse) masih Ok dan tidak ada satupun yang putus.

Tiba tiba Lampu sein mati,kaca pintu mati,ac mati. Cek bagian ini.

Lalu saya berasumsi bahwa aki atau battery mobil saya sudah drop atau soak atau tekor atau mungkin sudah mati. Untuk menguji aki saya apakah masih layak untuk diapakai maka saya putuskan untuk mencobanya dengan cara mendorong mobil. 


Kenapa tidak dijumper? Karena waktu itu tidak ada mobil lain didekat saya,yang ada hanya motor saja dan juga tidak adanya kabel jumpernya. Maka jalan terkahir adalah dengan memaksa hidup dengan cara mobil didorong.

Kaca spion mobil goyang? Begini mengatasinya
Mobil anda Toyota Calya? Anda musti baca ini

Setelah meminta bantuan beberapa kawan untuk mendorong, akhirnya mobil bisa hidup. Saya melakukan perjalanan kurang lebih 30menit dengan harapan aki akan terisi lagi dan menjadi normal atau masih bisa dipakai. Setelah beberapa jam mobil berhenti dirumah dan saya mencoba untuk menyalakan kembali ternyata mobil tidak bisa hidup lagi.


Saya coba untuk menjumper dengan mobil tetangga saya dan setelah mobil hidup ternyata muncul lampu indicator akinya menyala. Saya coba untuk melakukan perjalanan lagi dengan mobil saya dan nyala indicator aki tadi masih saja ada. Namun setelah beberapa menit indicator aki tersebut tidak lagi menyala.

Aki mobil anda sering drop? Mungkin salah satu ini penyebabnya
Begini cara jumper aki mobil dengan motor

Pikir saya waktu itu adalah penyebab dari mobil saya yang susah distarter atau dihidupkan adalah akibat dari aki (battery) nya yang sudah drop atau soak. Tanpa berpikir panjang lagi saya langsung pergi ke tukang aki untuk membeli aki baru NS60 GS MF dengan harga kisaran 800ribuan. 


Aki baru kemudian langsung saya pasang dimobil saya dan saya coba untuk starter ternyata mobil langsung bisa hidup. Oh ternyata benar masalahnya ada di aki (Gumam saya).
Sensor switch pintu error? Begini memperbaikinya

Namun alangkah kagetnya saya setelah sehari kemudian ternyata mobil saya tidak bisa langsung hidup ketika distarter. Jadi bingung saya sebenarnya masalahnya dimana.Setelah saya Tanya ke beberapa teman yang paham masalah mesin mobil,teman saya menyarankan untuk cek bagian alternatornya yang ada pada dynamo starter. 


Dinamo starter berfungsi untuk mengisi arus listrik ke bagian mesin dan aki melalui putaran.Jika dynamo starter atau alternator lemah maka tidak akan bisa menyuplai arus listriknya.

Masih takut melewati jalan macet ditanjakan? Ini caranya

Cara cek dynamo starter apakah masih normal atau lemah salah satunya adalah dengan cara menempelkan besi kebagian dinamonya. Jika masih ada medan magnet berarti dynamo masih berfungsi normal.Namun jika tidak ada medan magnet maka dynamo starternya ada masalah.


Setelah saya cek ternyata memang medan magnet yang ada sangatlah kecil sekali. Maka dari itu saya lepaskan dynamo starter dari dudukanya dan saya bawa ke bengkel khusus dynamo untuk dilakukan pengecekan menyeluruh.
Bingung  Cara menghilangkan bekas lem stiker? Baca tips ini 

Setelah dicek olek mekanik bengkel dynamo,ternyata alternatornya sudah tidak berfungsi dengan normal dan harus diperbaiki.Biaya perbaikan alternator kisaran 100ribu. Setelah beres maka dynamo saya pasang kembali dan saya coba untuk starter mobil. Jreeng,mobil langsung bisa hidup seperti semula.


Ternyata masalah mobil susah dihidupkan atau distarter dan munculnya indicator aki (battery) adalah akibat alternator pada dynamo starter sudah tidak berfungsi atau bekerja dengan normal. Dan akhirnya aki mobil saya yang pertama tidak terpakai. 


Jadi jika anda mengalami gejala msalah seperti saya diatas,sebaiknya jangan tergesa gesa untuk membeli aki baru,namum dicek dahulu semua part yang berhubungan. Demikian pengalaman saya tentang masalah mobil susah hidup. Semoga bermanfaat.

Ini cara pasang kamera mundur sendiri di avanza xenia
Mau kabin mobil lebih terang? Solusi ini bisa anda coba