Modifikasi Mobil Menjadi Satu Wiper (Single Wiper)

Cara merubah wiper depan avanza xenia menjadi satu wiper (single wiper)
Xenia Single wiper
Modifikasi Mobil Menjadi Satu Wiper (Single Wiper)
Mungkin anda masih ada yang belum mengerti maksud dari modifikasi single wiper ini. Single wiper atau wiper satu adalah merubah jumlah wiper pada mobil bagian kaca depan yang awalnya 2 buah wiper menjadi satu wiper (single wiper). Perubahan ini bisa dikatakan modifikasi atau bukan terserah dari pandangan anda masing-masing.

Pertanyaan yang mungkin muncul didalam benak anda adalah apakah bisa dirubah dan bagaimana nanti jadinya? Serta bagaimana dengan fungsinya? Apakah masih bisa seperti ketika standart dengan dua wiper? Jawabanya adalah bisa dirubah,namun secara fungsi memang berkurang dari ketika wiper standart (2 buah wiper).

Baca juga : Cara mengganti wiper mobil
                   : Ukuran wiper berbagai jenis mobil
                   : Cara merawat wiper

Perubahan ini menurut saya lebih condong ke penampilan mobil saja. Jadi terlihat seperti mobil drag atau mobil angkot mungkin? Hehe.Untuk fungsi memang berkurang jauh dibanding dengan 2 wiper. Sapuan yang dihasilkan mungkin hanya 50% dari kondisi 2 buah wiper.


Tampilan wiper nanti menjadi seperti gambar mobil diatas.

Nah cara merubahnya adalah sebagai berikut.
Pertama lepaskan kedua buah wiper yang ada dibagian kaca depan. Cara membukanya adalah dengan sedikit mencongkel cover baut yang ada dipangkal wiper tersebut. 

Setelah itu buka baut dengan kunci pas atau kunci lainya.Setelah keduanya terlepas,maka selanjutnya adalah memindahkan wiper yang ada didepan driver menjadi terpasang disebelah kiri driver.
Baca juga : Cara Mengatasi kaca spion kendor
                  : Cara membedakan oli palsu dengan oli asli

Anda bisa langsung memindahkan wiper aslinya atau dengan mengganti wiper dengan ukuran yang lebih panjang. Untuk Daihatsu xenia atau Toyota avanza standarnya adalah 20”. Saya mengganti dengan yang lebih panjang yaitu 24” atau bisa juga 22”. Bedanya sih memang tidak terlalu jauh.


Posisikan wiper yang akan kita pasang itu dengan sedikit kemiringan supaya sapuan bisa terjangkau ke kaca depan sopir.Kira kira 45 derajat. 


Setelah wiper terpasang selanjutnya psang baut penguncinya dan kencangkan,kemudian tutup kembali cover bautnya. Sekarang silahkan test hasil sapuan.Jika sapuan wiper tidak menabrak dengan list kaca bagian depan sopir berarti sudah pas posisinya.
Baca juga : Cara menghitung konsumsi BBM kendaraan
                   : Mengatasi sensor switch pintu error

Demikian tips cara merubah wiper mobil yang awalnya dua menjadi satu wiper.