DIY Pasang Peredam Panas Kap Mesin Mobil

Pasang Peredam Panas Kap Mesin Mobil
Cara pasang peredam panas dikap mesin mobil
Peredam panas kap mesin mobil xenia

Kenyamanan pada sebuah mobil menjadi dambaan setiap pemilik mobil dan juga penumpang mobil tersebut. Salah satu kenyamanan adalah ketika kita berada didalam mobil maka panas dari luar bisa terserab oleh bagian –bagian mobil sehingga kondisi kabin akan tetap dingin sehingga penumpang yang ada didalam pun merasa nyaman dan betah.
Baca juga : Cara mengganti lampu Kabin dengan LED agar lebih terang
                   : Cara mengatasi switch sensor pintu yang error

Untuk mendapatkan kondisi mobil dingin ini ada beberapa macam factor yang mempengaruhi serta ada beberapa hal modifikasi yang dilakukan jika spec mobil kita masih kelas standrart seperti mobil xenia ini. Salah satu contoh ubahan modifikasi adalah menambah peredam pada sisi pintu serta kabin atau bagian dasar kabin.


Untuk beberapa bagian mobil tersebut akan saya share artikelnya nanti jika saya sudah mulai memasangnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang peredam panas mobil dibagian mesin yaitu pada bagian kap mesinya.


Peredam panas mobil pada bagian kap mesin ini juga diperlukan karena untuk antisipasi jika mobil ada kendala sewaktu mesin mobil panas sehingga kita perlu untuk membuka kap mesinya. Nah supaya tidak terlalu lama menunggu kap mesin menjadi dingin,maka solusinya adalah menambah peredam panas dikap mobil kita.

Baca juga : Cara dan fungsi mereset ECU mobil
                   : Penyebab aki mobil tekor/drop/soak

Beberapa merk dan type mobil tertentu memang sudah dilengkapi dengan peredam panasnya. Namun untuk kelas mobil xenia saya ini masih berupa plat besi polos yang belum dilapis dengan bahan peredam apapun. Untuk itu maka saya menambahkan peredamnya sendiri. 


Saya memakai jenis peredam panas dari alumunium foil dengan tebal 5mm. Bahan yang dibutuhkan tidaklah banyak dan untuk mobil xenia atau avanza ataupun sejenisnya cukup hanya dengan 1m alumunium foil.


Bahan atau material alumunium foil ini bisa anda dapatkan melalui toko online atau toko bangunan ataupun juga dari toko kelontong yang lain dengan harga kisaran 40ribu sampai 70ribu untuk 1meternya. Setelah bahan didapat maka eksekusipun segera dimulai.

Baca juga : Cara bongkar pasang per belakang mobil

Langkah pertama adalah bukalah kap mesin mobil anda,kemudian ukurlah area yang mau anda lapisi dengan peredam panas alumunium foil ini. Atau bisa juga dengan metode jiplak alias dengan mal .


Alat untuk untuk membuat mal ini  bisa anda pakai dari plastic atau  kardus. Setelah pola peredam didapat,maka langkah selanjutnya adalah memotong bahan alumunium foil tadi sesuai dengan pola yang tadi kita buat berdasar dari area kap mesin mobil.

Baca juga : Cara mengganti oli mesin mobil sendiri
                   : Cara mengganti wiper mobil sendiri

Setelah semua pola kita potong maka langkah berikutnya adalah menempelkan ke area kap mesin. Lepaskan dahulu perekat yang ada pada bagian peredam alumunium tadi. Setelah terlepas,tempelkan ke bagian kap mesin sesuai areanya kemudian tekan secara merata supaya daya perekat lem alumunium foil tadi merekat kuat pada kap mesin.


Pasang semua potongan alumunium foil tersebut ke area kap mesin. Setelah semua peredam panas alumunium foil menempel pada kap mesin mobil. Selanjutnya coba anda lakukan test dengan cara parker diarea panas atau bisa juga dengan menyalakan mesin mobil untuk beberapa saat. 


Setelah itu matikan mesin dan buka kap mesin. Rasakan apakah masih panas seperti sebelum terpasang atau ada perubahan menjadi lebih dingin. Pemasangan peredam panas pada kap mesin selesai. Silahkan mencoba
Baca juga : Cara pasang talang air (Door visor) mobil
                   : Membedakan magnet clutch mobil yang asli dengan yang palsu