Cara Mudah Mengganti Wiper Belakang Hanya Dalam 5 Menit

Wiper berfungai untuk menyeka kotoran yang ada pada kaca mobil supaya pandangan tidak terhalangi.Wiper yang masih baik maka akan menghasilkan sapuan pada kaca juga lebih baik. 

Dan kali ini adalah jatah mengganti wiper belakang mobil xenia saya.Wiper belakang mobil xenia saya ini belum pernah ganti dari tahun 2011 atau semenjak saya membeli mobil baru. Kurang lebih sudah 7tahun. 


Wiper belakang ini umumnya memang lebih awet dibanding dengan wiper depan karena intensitas pemakaianya juga lebih sering wiper bagian depan.

Setelah beberapa hari ini saya perhatikan hasil sapuan karet wiper belakang kurang sempurna dibanding dengan sebelumnya,setelah saya periksa ternyata karet wipernya sudah ada beberapa bagian yang retak atau sobek dan sudah terasa lebih kaku.
Baca juga : Tips merawat wiper 
                   : Modifikasi mobil dengan 1 wiper

Karena khawatir nanti berefeect lebih fatal seperti membekas pada kaca,akhirnya saya putuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Saya menggantinya dengan satu set bilah dan karetnya karena saya rasa lebih mudah dalam pergantianya.

Cara mengganti wiper belekang mobil
Wiper belakang mobil xenia avanza
Saya mengganti dengan wiper merk Bosch Diatas dengan panjang 14" yang saya beli dengan harga 45ribu di toko online. 
Baca juga ; Daftar ukuran wiper dari berbagai merk mobil
                   :Kenali 6 jenis wiper ini

Setelah barang sampai kerumah maka segera saya lakukan pergantian wipernya. Cara gantinya cukup mudah,begini langkah langkahnya :

Cara mengganti wiper belakang
Cara ganti wiper belakang
Pertama,tarik batang wiper dari kaca belakang dan tegakkan batang wipernya supaya dalam melepasnya nanti lebih  mudah. 

Cara mengganti wiper belakang
Cara mengganti wiper belakang 
Selanjutnya pegang bagian atas dan bagian bawah pada bilah wipernya.Karena cara melepas wiper belakang ini berbeda dengan wiper depan yang hanya cukup dengan melepaskan clip penguncinya.Detail cara mengganti wiper depan baca disini.

Setelah wiper dipegang,selanjutnya adalah dengan cara menarik atau mendorong wiper bagian yang bawah kearah atas dengan tangan yang bawah dan tangan yang bagian atas menahanya.

Cara mengganti wiper belakang
Cara mengganti wiper belakang 
Setelah didorong maka bilah akan terlepas dari batang atau arm wipernya. Selanjutnya pasang wiper belakang yang baru ke batang wiper tadi.
Atau lihat video cara ganti wiper belakang dibawah ini :
Cara memasangnya seperti tadi ketika membuka namun dengan langkah kebalikanya.
Kini tidak lagi khawatir akan sapuan wiper belakang di mobil xenia saya,karena sudah diganti dengan yang baru.
SIlahkan mencoba dan semoga bermanfaat