Cara Ganti Shockbreaker Belakang Mobil Avanza Xenia

Shockbreaker kendaraan merupakan faktor penting kenyamanan dibagian suspensi.,baik depan maupaun belakang.Shockbreaker yang bermasalah seperti bocor,keras atau mati bisa menjadi penyebab berkurangnya kenyamanan berkendara.

Shock breaker mobil bagian belakang yang bocor,keras atau mati pada umumnya akan menimbulkan bunyi bunyian pada bagian roda belakang seperti bunyi glodak glodak atau jedug jedug.
cara ganti shockbreaker belakang avanza xenia
cara ganti shockbreaker belakang avanza xenia
Kondisi tersebut akan sangat terasa ketika kita berkendara melewati jalanan keriting,jalan berlubang atau melintasi polisi tidur. Selain itu,ketika kita melibas tikungan pun, bantingan mobil terasa berbeda akibat shock yang bermasalah tadi.

Untuk mengatasi Shockbreaker yang bocor bisa juga anda perbaiki di ahli shock yang sering kita temukan di pinggir jalan,namun biasanya kondisi setelah perbaikan tidak bertahan lama.
Dalam jangka waktu 2 sampai 3 bulan umumnya akan kembali seperti semula.


Kondisi ini mungkin bisa menjadi alternatif sementara jika kita sedang tidak ada uang cadangan untuk ganti shock yang baru. Namun jika anda sedang ada uang, lebih baik dengan mengganti shock yang baru karena akan lebih nyaman dan lifetime pemakaian juga lebih lama.

Harga shock belakang avanza atau xenia ini berkisar diangka 500 sampai 700ribu tergantung dari wilayah dan toko yang menjual.Untuk shock standart xenia avanza bawaan pabrik biasanya memakai yang type oli.

Cara mengganti shock ini bisa anda lakukan sendiri dirumah atau bisa juga ke bengkel langganan dengan biaya jasa kisaran 100ribuan. Namun untuk anda yang ingin bongkar pasang sendiri shock belakang avanza xenia ini,dibawah akan saya bagikan step atau langkah langkahnya.

Baca juga : DIY Cat tromol rem belakang avanza xenia


Pertama,siapkan shockbreaker belakang yang baru atau penggantinya
Kedua,siapkan kunci ukuran 17,kunci roda dan dongkrak
cara ganti shockbreaker belakang avanza xenia

Ketiga,lepaskan dahulu baut baut roda mobil dengan kunci roda yang sesuai. Biasanya kunci 21.Setelah semua baut terlepas,kemudian pasang dongkrak dari belakang mobil dan disamping gardan kemudian naikkan dongkrak sampai ban menggantung dari tanah supaya mudah untuk melepasnya.
cara bongkar pasang shock belakang avanza xenia
cara bongkar pasang shock belakang avanza xenia
Setelah dongkrak dinaikan,kemudian lepaskan ban dan taruh dibawah chassis. Kenapa harus dibawah chassis? Ini berfungsi sebagai antisipasi jika dongkrak los sehingga body mobil masih tertahan oleh roda.

Kemudian lepaskan baut pada shockbreaker dengan kunci 17. Baut shock ini ada dua posisi,dibawah dan dibagian atas shock.


Atau lihat video cara ganti shock dibawah ini:




Lepaskan dahulu bagian atas kemudian lepaskan baut bagian bawah. Pada bagian bawah ini biasanya mur akan ikut berputar jika baut kita putar dengan kunci. Solusinya adalah dengan menahan baut atau murnya dengan kunci 17. Kemudian kunci 17 yang satunya untuk mengendurkan.

cara ganti shockbreaker belakang avanza xenia


Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bunyi gluduk roda belakang


Setelah baut terlepas kemudian tarik as pada shock,kemudian dorong shocknya kearah belakang. Selanjutnya tarik shock yang bagian atas kearah luar hingga shock terlepas dari body mobil


Untuk memasang shock yang baru anda hanya perlu mengikuti langkah langkah ketika melepas shocknya namun dengan step kebalikanya. Sebelum memasang shock baru,jangan lupa pasang dulu karet shocknya dikanan dan kiri lubang pada posisi shock bagian bawah.


Demikian diy tentang cara melepas dan memasang shock breaker belakang mobil avanza xenia atau mobil sejenisnya. Semoga bermanfaat