DIY Cara Mengganti Nozzle Air Wiper Avanza Xenia

Diy kali ini saya akan bagikan tutorial cara mengganti nozzle air wiper mobil avanza atau xenia.Nozzle wiper berfungsi untuk menyemprotkan air dari tampungan air wiper melalui selang setelah tuas wiper kita putar keposisi on.
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
Air akan menyemprot melalui nozzle wiper ini untuk membasahi kaca depan supaya ketika bilah dan karet wiper menyapu kaca akan menjadi licin dan tidak mengakibatkan baret atau scratch pada kaca karena banyak kotoran ataupun adanya debu.
                   : Cara ganti wiper belakang

Ketika air tidak keluar dari nozzle wiper,ada banyak faktor penyebabnya. Salah satunya adalah karena adanya kotoran di lubang nozzle atau karena mampet akibat masalah lain.
Anda bisa mencobanya dengan cara mencolok lubang nozzle wiper dengan menggunakan jarum agar lubang kembali lancar.

Namun jika tidak bisa,kemungkinan harus diganti dengan yang baru.Cara mengganti nozzle air wiper ini bisa kita lakukan sendiri dirumah. Seperti yang saya lakukan ini. Selain bisa menghemat dengan tidak mengeluarkan ongkos jasa ,juga bisa menambah pengetahuan bagi kita.
Langkah langkah mengganti nozzle air wiper mobil avanza atau xenia adalah sebagai berikut.
Atau lihat video dibawah ini :
video cara ganti nozzle wiper
Pertama siapkan dahulu nozzle air wiper yang baru. Sparepart atau sukucadang ini bisa anda beli ditoko onderdil terdekat didaerah anda atau bisa juga melalui online shop. 
Saya membelinya dengan harga 45ribu di daerah saya. Ori atau tidaknya saya juga kurang paham,yang penting fungsinya sama.
Kedua,buka kap depan mobil anda lalu tahan dengan pengaitnya yang ada disebelah kanan anda.
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
Ketiga,lepaskan selang air wiper dari nipple pada nozzle air wiper dengan cara mencabut atau menariknya.
                   : Cara merawat wiper agar awet

Keempat,tekan kedua lock atau pengunci yang ada di nozzle wipernya kemudian dorong keatas sampai lepas dari kap mesinya. Jika dengan tangan saja agak keras,anda bisa memakai tang sebagai bantuan untuk menekan penguncinya.

Kelima,pasang nozzle wiper yang baru dari arah atas kap mesin mobil anda lalu tekan nozzle tersebut sampai penguncinya terkait dengan kap mesinya.Perhatikan lubang airnya agar tidak terbalik pasang.
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
cara ganti nozzle air wiper avanza xenia
Keenam,sambung kembali selang air ke nipple nozzle dari arah bawah kap mesin. Pastikan selang masuk lebih dalam agar tidak ada kebocoran air atau terlepas.

Setelah langkah diatas semua selesai,selanjutnya lakukan test dengan menyalakan tuas wipernya. Kalau air keluar dengan sempurna maka pergantian nozzle air wiper sudah selesai.

Demikian tutorial cara mengganti nozzle air wiper mobil avanza dan xenia. Semoga bermanfaat.Cara mengganti nozzle air wiper untuk mobil lain mungkin tidak jauh berbeda caranya.