5 Tips Cara merawat wiper mobil dengan mudah

cara merawat wiper mobil
cara-merawat-karet-wiper-mobil
Cara merawat karet wiper mobil 
Wilayah jakarta atau jabodetabek saat ini sedang memasuki musim hujan maka dari itu kita wajib memeriksa beberapa komponen mobil supaya berkendara dikala hujan tetap aman dan nyaman.Dan salah satu komponen yang harus kita cek adalah bagian wiper mobil.Cara perawatan wiper ataupun cara merawat karet wiper mobi sebenarnya tidaklah terlalu sulit dilakukan sendiri dirumah. Merawat wiper diperlukan supaya kinerja wiper tetap bagus dan tentunya daya tahan atau life time pemakaian wiper dan karet wipernya lebih panjang umurnya. Selain itu,karet dan wiper yang bagus juga membantu penglihatan pengendara lebih maksimal.

Lalu bagaimana cara perawatan karet wiper supaya bisa dipakai di mobil lebih lama dan tentunya tidak menimbulkan goresan pada kaca? Diartikel kali ini saya akan berbagi tips cara merawat atau menjaga wiper dan karet wiper mobil secara singkat dan anda bisa praktekan di mobil anda.
Dibawah adalah beberapa tips atau panduan untuk merawat wiper :

Baca juga  : Cara mengganti wiper mobil sendiri

Pertama
Periksa lebih dahulu keadaan pada karet wiper mobil anda, jika diketemukan retakan pada karet atau karet wiper yang telah rusak, baiknya segera ganti karet wipernya atau bisa juga mengganti sekalian bilahnya. 

Kedua
Sewaktu membersihkan pada wiper mobil, usahakan jangan mengelap pada bagian pinggir karetnya. Karena dibagian sisi karet disitu ada bagian susunan kimia yang dapat melindungi serta menjaga elastisitas karet wipernya.Jadi, apabila anda mengelapnya pada bagian sisi tersebut, maka cairan pelindung itu juga akan berkurang atau bahkan hilang. Lalu sewaktu kita membersihkannya sebaiknya posisi stand atau gagang wiper diangkat supaya karet tidak melekat pada kaca mobil. Dan membersihkanya hanya pada bagian depan saja.

Baca juga : Membuat kabin lebih terang dengan lampu LED

Ketiga
Untuk membersihkan bagian karet wiper mobil,kita dapat menggunakan cairan yang dikhususkan untuk pembersih wiper.Cairan ini bisa anda dapatkan di toko aksesoris mobil terdekat.Caranya adalah campurkan cairan khusus pembersih wiper mobil tadi dengan air kemudian gunakan untuk mengelap bagian karet kacanya.
Kita juga bisa menggunakan shampoo untuk mencuci mobil.

Baca juga : Pasang filter Kabin (AC) sendiri

Keempat
Periksa pada komponen yang menghubungkan wiper diantaranya adalah bagian engsel engselnya. Gunakan cairan anti karat untuk melumasi supaya kinerja wiper tidak terganggu karena macet

Baca Juga : Cara memperbaiki kaca spion mobil yang goyang atau kendor

Kelima
Cek secara berkala tampungan air wipernya dan usahakan volume cairan masih pada batas amanya. Menyapukan wiper tanpa air bisa berakibat karet wiper cepat rusak serta bisa menimbulkan goresan pada kaca mobil anda.

Demikian panduan sederhana cara merawat wiper beserta karetnya. 
Baca juga   : Cara membersihkan interior mobil dengan mudah dan murah
                    :  Cara melepas atau membuka jog mobil



1 comment for "5 Tips Cara merawat wiper mobil dengan mudah"

Unknown November 3, 2018 at 6:07 PM Delete Comment
Terimakasih informasinya..
sangat berguna..