Cara Melepas Dan Memasang Shock Belakang Motor Matic Vario Techno 110

Cara ganti shock belakang motor bebek matic honda vario
Shock belakang motor vario
DIY kali ini adalah mengganti shock breaker belakang vario techno 110 yang saya rasakan ayunanya sudah keras dan saya lihat juga ada kebocoran dibagian shocknya. Rencana ganti shock ini sebenarnya sudah lama karena ayunan shock vario saya sudah sangat keras.Jika lewat jalan keriting terdengar suara jedug dan perut serasa kram akibat dari kerasnya shock breaker belakang saya. Namun baru ada waktu minggu ini.

Setelah beberapa hari melakukan pertimbangan maka pergantian shock belakang motor vario saya ini saya aplikasikan dengan shock breaker after market atau shock yang biasa dijual di toko variasi motor. 


Saya memilih shock after market ini dengan pertimbangan bisa diadjust keras dan empuknya per dan juga karena sebelumnya saya sudah mengganti dengan shock seperti bawaan motor namun longlife nya tidak lama dan terjadi bocor ini. 

Kira kira saya ganti shock belakang ini setahun yang lalu. Mungkin shock yang saya beli adalah part bukan ori atau biasa disebut KW1.

Baca juga : DIY Pasang charger HP di motor
                   : DIY cara memasang filter kabin (AC) mobil

Setelah saya melihat lihat shock ditoko variasi motor akhirnya saya putuskan untuk membeli shock seperti tampak pada gambar diatas dengan harga 200ribu. Saya tidak begitu familiar dengan merk shock motor,jadi belinya ya hanya sebatas selera saja.


Eksekusi dimulai :

Pertama bukalah baut cover belakang yang ada disamping jog dan depan jog. Setelah semua baut terbuka,selanjutnya kita lepas cover yang berada didepan jog motor. 

Saya hanya membuka cover ini saja karena tidak mau ribet bongkar pasang cover body yang lainya. 
Jangan lupa buka juga handle yang ada dibelakang jog. Karena dibawah handle atau pegangan tersebut terdapat satu baut yang mengikat cover motor vario ini.
Buka cover vario untuk mengganti shock belakang
Cover depan Jog vario

Langkah selanjutnya adalah siapkan kunci 14 untuk baut bagian atas dan kunci 12 untuk baut bagian bawah baut shock belakangnya. Melepas bautnya bisa dari posisi atas atau dari bagian yang bawah dulu. 

Saya memulai dari bagian atas,Tarik sedikit cover sehingga kunci bisa masuk ke baut shock dan bisa untuk melepas bautnya.
Baca juga : Tips dan Cara melibas macet di tanjakan curam
                   : Cara mereset ECU dan Fungsinya

Setelah baut atas terlepas selanjutnya buka atau lepaskan baut yang bagian bawah.Setelah kedua baut terlepas maka shock bisa diambil. 


Setelah shock terlepas maka pindahkan bushing pada shock bagian atas. Biasanya lubang pin pada bushing shock yang asli dengan yang variasi berbeda diameternya.
Baca juga : Arti mesin SOHC dan DOHC pada motor
Cara melepas dan memasang shock belakang vario
Cara melepas dan memasang shock belakang vario
Setelah bushing diganti maka pasang kembali shocknya. Bisa dimulai dari bagian bawah atau bagian atas. Jika dimulai dari bagian atas,maka disaat memasang baut bagian bawah kita perlu sedikit mengangkat bodi motor agar baut pas dengan shocknya.
Baca juga : Cara mengatasi kaca spioon mobil error.
                   Cara mengatasi switch pintu error

Periksa shock apakah sudah kencang. Setelah shock terpasang dengan kencang maka pasang kembali cover bodinya dan jangan lupa pasang dan kencangkan lagi baut bautnya.

Demikian cara membongkar pasang shock belakang motor vario techno cbs 110.Semoga bermanfaat
Atau lihat video cara bongkar pasang shock vario dibawah :
Video cara bongkar pasang shock belakang vario