Penyebab Dan Cara Mengatasi Bunyi Gluduk Roda Belakang Mobil


Cara mengatasi bunyi gluduk dan ganti karet stabilizer avanza xenia
Mengatasi bunyi gluduk roda belakang
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil.
Sudah beberapa hari ini mobil xenia saya terasa tidak enak dibagian kaki-kakinya terutama pada bagian roda belakang. Sering terdengar bunyi jedug atau gluduk-gluduk ketika melintasi jalan keriting atau melewati jalan rusak.

Suara gluduk yang timbul ini terdengar begitu keras dan seperti ada sesuatu yang berbenturan ketika roda menghantam lubang atau jalan gelombang keriting.

Bunyi gluduk pada bagian roda belakang ini tidak seperti biasanya. 

Kondisi ini sudah berasa beberapa hari ini dan karena belum ada waktu untuk memeriksa bagian manakah yang terjadi masalah, maka saya biarkan dahulu.
Baca  juga: cara deteksi kerusakan shock breaker 

Setelah ada waktu senggang barulah saya periksa satu persatu kondisi kaki-kaki mulai dari per dan shock breakernya. 

Kondisi per mobil xenia saya terlihat masih bagus dan pada posisi yang tepat dirumah dudukanya.

Kondisi shock absorber pun juga terlihat masih bagus dan berfungsi dengan baik. 

Tidak ada juga kebocoran dibagian shock dan pegasnyapun masih berfungsi naik turun dengan normal.
Baca juga :Cara ganti per belakang xenia avanza

Kemudian pengecekan saya lanjutkan dibagian stabilizernya dan saya perhatikan karet stabilizer mobil saya sudah pada pecah cenderung robek di beberapa bagian. 

Lalu saya mengganti karet stabilizer belakang ini dengan karet stabilizer yang baru. 

Setelah diganti kemudian saya lakukan test jalan di permukaan jalan yang keriting atau gelombang untuk merasakan apakah ada perbedaan dengan kondisi sebelumnya sebelum diganti karet stabilizernya. 

Dan ternyata, bunyi gluduk gluduk ketika melewati jalan gelombang dan rusak itu hampir tidak terdengar lagi seperti sebelumnya. 

Akhirnya penyakit dari bunyi gluduk atau jedug di bagian roda belakang mobil xenia saya adalah karena karet stabilizer yang sudah rusak.
Dan untuk cara mengatasinya adalah dengan mengganti dengan karet stabilizer yang baru.

Karet stabilizer belakang mobil avanza xenia
Karet stabilizer belakang mobil avanza xenia
Baca juga : Cara mengganti door switch mobil

Untuk anda yang belum tahu cara mengganti karet stabilizer mobil bagian belakang pada mobil xenia atau avanza, dibawah saya akan memberikan tips tahap demi tahapnya cara mengganti karetnya.

Mengganti sendiri atau biasaya disebut DIY selain menambah pengetahuan juga sedikit menghemat kantong.

Cara mengganti karet stabilizer avanza xenia adalah sebagai berikut :


Video cara ganti karet stabilizer belakang

Pertama,Siapkan dahulu karet stabilizer yang baru. Karet ini saya beli di toko sparepart mobil dengan harga 20ribu rupiah untuk 1 set.
Cara mengatasi bunyi gluduk dan ganti karet stabilizer avanza xenia
Ganti karet stabilizer mobil
Baca juga : Cara mengganti oli transmisi manual mobil

Kedua, posisikan mobil dibagian rata supaya ketika kita mengganti karet stabilizer posisi badan lebih nyaman. 

Jika anda punya tangga untuk cuci steam, maka akan lebih bagus karena lebih mudah ketika menggantinya. 

Jika tidak punya ya dengan terpaksa kita harus rebahan di kolong mobil.

Ketiga, Lepaskan baut pada stabilizer dengan kunci ring atau shock berukuran 19 dan lepaskan satu persatu karet stabilizernya.


Keempat, pasang karet stabilizer yang baru sesuai posisi sebelumnya. 
Jika anda lupa sebaiknya didokumentasikan supaya tidak salah waktu memasangnya.

Kelima, pasang bautnya dan kencangkan bautnya kembali sampai kuat.

Baca juga : Cara memperbaiki kaca spion mobil goyang atau kendor

Pengantian karet stabilizer pada mobil avanza atau xenia anda sudah selesai.

Demikian tips cara mengatasi bunyi jedug pada roda belakang dan cara mengganti karet stabilizer belakang mobil xenia avanza .
Semoga bermanfaat.