Wiper JDM Avanza Xenia

Wiper JDM avanza xenia
Wiper JDM avanza xenia

Mobil anda pingin kekinian ala JDM seperti club atau komunitas? Gampang,salah satunya yaitu ganti posisi wiper belakang menjadi berdiri .Awalnya saya pikir itu bisa menghilangkan fungsinya tapi ternyata tidak.
Karena kita hanya merubah arah motor saja.dan menurut saya versi tegak/ngacung begini lebih keren,debu juga tidak banyak menempel dibagian atasnya ketika dalam posisi standart.

Tapi tetap ada masalah karena kita merubah dari posisi pabrikan,yaitu ketika air wiper dinyalakan maka air langsung bablas ke bawah.Tidak seperti sebelumnya yang mana air membasahi karet wiper terlebih dahulu sehingga mencegah goresan jika karet atau kaca kotor.

Tapi pilihan kembali ditangan anda sebagai empunya mobil.

Cara membuat wiper ala jdm cukup mudah saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama.Namun sebaiknya dilakukan oleh 2 orang atau lebih agar lebih mudah .
Mari kita mulai.

Bahan yang dibutuhkan sbb :

1.Kopi dan cemilan (Biar eksekusinya lebih santai hahaha)
2.Obeng plus panjang
3.Kunci T10
4.Mobil (kalau ga ada mobil apa yang mau dieksekusi?)

Pertama buka pintu bagasi kemudian lepaskan doortrim pintu bagasinya dengan cara menariknya.Doortrim hanya dikait dengan pengunci dari plastik.Tarik semua hingga benar benar lepas.Nariknya pakai perasaan ya,supaya tidak ada yang terluka haha

Baca juga : Cara mengatasi kusam pada karet dan plastik mobil

Kemudian buka baut penutup motor wiper dengan kunci T10

Setelah terbuka,kemudian lepaskan baut yang mengunci motor wiper dengan body mobil dengan obeng plus tadi.Cari posisi yang enak supaya kekuatanya didapatkan sehingga mudah dalam membukanya.Karena baut obeng ini lumayan agak susah dibukanya.

Setelah baut terlepas maka akan tampak motor wiper beserta perangkatnya disitu.
Wiper JDM avanza xenia
Wiper JDM avanza xenia
Lalu tinggal merubah penggerak dan pengait wipernya
Pada posisi awal pengait ada dilubang yang sebelah kiri.Untuk merubahhagar berdiri,lepas dulu pengaitnya kemudian masukkan ke lubang pada gear yang sebelah kanan.

Setelah digeser maka tutup kembali dan pasang dengan urutan terbalik dari ketika membuka.

Coba nyalakan tombol wiper belakang dan lihat apakah gerakan sudah sesuai dengan yang diinginkan. Jika tidak sesuai kemungkinan ada salah pemasangan lubang pengait

Dan sekarang Wiper anda sudah ngacung ala JDM atau anak club hahhaa,tampilan jadi lebih kece dari sebelumnya dengan wiper tidur hehe
Selamat menikmati tampilan wiper baru anda.Demikian DIY kali ini tentang wiper jdm avanza xenia,semoga bermanfaat