Arti Tanda Huruf E pada Indikator Bensin

Arti-huruf-atau-simbol-E-pada-indikator-bensin-mobil
Arti simbol huruf E pada indikator bensin kendaraan
Buat anda yang sering pergi kemana-mana menggunakan kendaraan pribadi, pasti sudah tidak asing lagi dengan simbol-simbol yang ada pada papan panel speedometer mobil anda.

Pastinya sudah familiar dengan speedometer, dong? Itu lho, alat pengukur kecepatan kendaraan.

Nah di dekat panel speedometer tersebut  juga terdapat jarum indikator bensin yang memberikan informasi kapasitas bensin. Dalam indikator bensin tersebut biasanya terdapat simbol huruf "F" dan "E."
Baca juga : Cara menghitung konsumsi bahan bakar kendaraan
                   : Cara mengemudi ditanjakan macet agar tidak mundur

Namun banyak orang yang mendefinisikan bahwa huruf "F" adalah berasal dari kata complete atau penuh atau bahasa inggrisnya adalah Full. Sedangkan huruf "E" diartikan dengan kata emergency atau bahaya atau juga waspada.


Tapi anda tau nggak? Ternyata, saat indikator bensin menunjukkan huruf "E" ternyata bukan karena bensin di tangki habis. Huruf E ini bisa ditunjuk oleh jarum maupun secara digital (mobil-mobil keluaran baru)


Yap,tanda E bukan berarti bensinnya habis, tetapi menjadi sebuah pertanda. Jika indikator bensin telah menunjuk di huruf 'E' ternyata bahan bakar di tangki anda masih tersisa sekitar 10% hingga 15% dari kapasitas maksimum isi tangki.

Artinya, jika kapasitas tangki bahan bakar kendaraan, misalnya mobil anda dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 40 liter maka masih ada sekitar 4 liter bensin di tangki mobil anda.

Baca juga : Membaca kode pada ban kendaraan
                   : Cara membaca kode aki kendaraan
                  : Cara membaca kode pada velg

Meskipun masih ada bensinnya,  anda juga harus segera mengisi kembali bahan bakarnya. Hal itu dimaksudkan agar kendaraan kita tidak benar-benar kehabisan bahan bakar saat melaju di jalan yang mengakibatkan mobil bisa mogok atau lebih parahnya pompa bensin menjadi rusak karena.

Jangan menunda pengisian bahan bakar, meski mobil masih punya sisa jarak tempuh yang jauh sesuai hitung-hitungan secara manual. Mobil dengan bahan bakar yang terisi penuh atau banyak akan membuat kita lebih tenang dalam berkendara.

Post a Comment for "Arti Tanda Huruf E pada Indikator Bensin"