Arti dan Cara Baca Kode Pada Velg Mobil

Arti dan cara baca kode pada velg mobil
Arti dan cara baca kode pada velg mobil
Arti dan Cara Baca Kode Velg
Seperti halnya ban,velgpun mempunyai kode.Namun kode velg tidak sama dengan kode ban.Namun tidak sedikit yang belum mengetahui cara membaca kode ban atau velg ini beserta artinya.Untuk kode ban silahkan baca disini

Untuk anda yang berniat upgrade velg atau ganti velg sebaiknya memahami kode pada velg ini supaya pemilihan velg untuk mobil anda tidak salah atau serasi sesuai keinginan anda. Kode velg ini umumnya berada di bagian dalam lingkaran atau diameternya.
Nah berikut kode velg yang biasanya digunakan untuk di Indonesia beserta artinya
Baca juga : Review Mobil ceper dengan ganti per
                   : Membedakan Oli palsu dengan Oli Asli

Membaca kode velg mobil

Misalnya pada velg terdapat kode seperti ini : 7 ½ (7.5) X 17 ,4/114.3,et +40
Angka 7.5 (7 ½) yang terdapat pada velg tersebut adalah lebar velg dalam satuan inch (“) yaitu jarak luar terhadap dalam.

Kemudian untuk angka 17 adalah diameter velg tersebut yang juga dalam satuan inch (inci) .Bisa kita artikan bahwa velg tersebut mempunya lebar 7.5 inch dengan diameter 17 atau biasa disebut dengan Ring 17.

Baca juga: Ingin ganti Velg lebih besar? Perhatikan ini

Sedangkan kode 4/114.3 adalah kode untuk menunjukkan berpa jumlah baut velgnya yaitu 4 baut dan 114.3 adalah kode untuk menunjukkan diameter pola lingkaran posisi baut dalam satuan millimeter atau biasa disebut PCD (Pitch Circle Diameter). 


Jadi kode 4/114.3 adalah velg tersebut memiliki 4 lubang baut dengan PCD 114.3mm.Jika di velg terdapat kode 5/112 maka velg tersebut memiliki PCD 112mm dengan 5 lubang baut.

Baca juga : Modifikasi lampu sein ala bus malam
                  : Tips merawat Ac mobil agar tetap dingin

Kode ET adalah ukuran offset velg yang dihitung dari centerline velg yaitu jarak dari tengah lebar velg atau antara bibir luar velg dan bibir dalam velg. Jika dudukan baut velg berada tepat ditengah lebar velg atau antara bibir dalam dan bibir luar velg maka velg tersebut memiliki offset 0.


Jika velg tertulis ET+40 maka posisi dudukan baut roda pada velg tersebut bergeser kearah luar sejauh 40milimeter dari centerline lebar velg.

Kode ET ini bisa positif atau negative.Jika ET+ maka velg tersebut memiliki offset kearah luar dan jika negative maka velg tersebut memiliki dudukan baut semakin ke arah dalam.

Masalah umum yang banyak terjadi ketika pergantian velg adalah para pemilik mobil tersebut lalai atau lupa cek berapa offset velgnya sehingga baru ketahuan setelah velg siap dipasang ataupun setelah velg dan ban diaplikasikan dimobilnya.

Baca juga : Cara melepas jog mobil
                   : Cara pasang talang air mobil

Mayoritas masalah yang timbul adalah mentoknya ban dengan bibir fender atau spakbor,piring dudukan suspense,dinding apron atau dinding rumah roda akibat melupakan faktor offset velg.

Nah kalau velg sudah kita beli lalu kita aplikasikan ternyata tidak sesuai dengan kemauan kita maka akan menimbulkan kerja dua kali. Bisa juga dengan tukar velg atau ada yang mengatasinya dengan menambahkan spacer.

Demikian kode pada velg beserta cara membacanya,semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Arti dan Cara Baca Kode Pada Velg Mobil"