Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Sendiri

Cara mengganti oli mesin mobil sendiri
Oli mesin mobil pertamina fastron gold (PFG) 5w-30
pertamina fastron gold (PFG) 5w-30

Cara mengganti oli mesin kendaraan itu sebenarnya mudah dan bisa kita lakukan sendiri di parkiran rumah.Penggantian oli mobil yang tepat waktu dan sesuai dengan spec yang disarankan oleh pabrik sangatlah penting karena akan mempengaruhi performa mobil dan juga lifetime mobil tersebut.

Fungsi dari oli mesin kendaraan baik itu mobil atau motor diantaranya adalah untuk melumasi part agar tidak terjadi goresan ketika bergesekan dengan part lainya.


Ganti oli mobil inipun harus sesuai kapasitas atau volume dari mobil tersebut.Setiap jenis mobil tidaklah sama kapasitasnya.Untuk satu jenis mobilpun juga tidak sama antara ganti oli saja ataupun dengan mengganti filter olinya juga.


Jika kita mengganti oli sekalian dengan ganti filter olinya biasanya kapasitasnya lebih banyak dari hanya ganti olinya saja. Baca juga cara mengganti filter oli mobil


Untuk mengetahui spec dan kapasitas oli mesin mobil anda,lihatlah di buku panduan atau biasanya terdapat dihousing filter area mesin.Penggantian oli pada umumnya mengikuti 2 kriteria yaitu mengikuti jarak tempu mobil (KM) atau mengikuti jarak bulan dari ganti oli sebelumnya.Tinggal kita sesuaikan saja.

Tabel kapasitas oli mesin xenia
Tabel kapasitas oli mesin xenia

Baca juga : Cara membedakan oli palsu dengan oli asli
                   : Arti kode pada kemasan oli

Alasan saya mengganti oli mesin mobil sendiri adalah untuk menghemat biaya atau budget.Jika mengganti di bengkel biasanya kita kan dikenakan dua tarif tambahan.Pertama dari harga olinya dan kedua untuk ongkos jasanya.Belum lagi jajan buat mengisi waktu tunggunya hehe.


Kali ini saya kan sharing cara mengganti oli mesin mobil xenia 1000cc saya.Perbedaan cara ganti oli pada mobil Xenia 1000cc dengan 1300cc hanya terletak pada penempatan lubang dan kapasitas olinya saja. Xenia dengan avanza pun tidaklah berbeda jauh.


Begini langkah atau tahapanya dalam mengganti oli mesin mobil:

Pertama, siapkan bahan dan alatnya.Seperti oli yang sudah anda beli sesuai spec rekomendasi dan tentunya jangan sampai kurang dari kapasitas dari yang dianjurkan.

Selanjutnya siapkan juga wadah untuk oli mesin bekas dari mobil kita.Siapkan juga filter oli baru jika anda akan menggantinya.
Baca juga : Cara pasang filter kabin (AC)
                   : Cara pasang kamera mundur

Kedua, siapkan alat – alatnya yaitu kunci ukuran 14.Bisa kunci pas,shock atau ring.Kemudian siapkan juga kunci khusus untuk membuka filter oli jika anda akan menggantinya. Kali ini saya tidak memakai kunci filter oli karena filter oli mobil saya bisa dilepas hanya dengan tangan saja.Dan jangan lupa siapkan juga alat bantu untuk menuang oli mesin kedalam block mesin seperti corong atau lainya.


Langkah selanjutnya adalah membuka baut drain yang ada pada block mesin untuk membuang olinya.Untuk membuka baut ini kita harus ngolong dibawah mobil karena letaknya dibawah mobil bagian depan.Posisikan wadah oli tadi tepat dibawah baut drain tersebut supaya oli tidak tercecer.


Setelah baut drain terbuka maka kita pindah posisi ke atas.Buka kap mobil anda lalu Jika kita mengganti filter oli maka lepas dulu filter olinya dengan cara diputar kekiri.


Sebaiknya dibawah filter oli dikasih plastik atau kain supaya oli tidak mengotori bagian mobil yang lain.Sebelum membuka filter oli tunggu dulu tetesan oli mesin dari drain sudah tidak ada atau tinggal sedikit. 
Baca juga : Cara menghitung konsumsi bahan bakar (BBM)
                   : Cara ganti wiper mobil sendiri

Tunggulah beberapa saat sampai tetesan oli bekasnya tinggal sedikit atau tidak menetes lagi.Buka tutup oli yang diblock mesinya dan jika ada pompa angin atau semacamnya lebih bagus supaya oli terbuang lebih banyak.Untuk membuka tutup oli diblock mesin gunakan tang supaya lebih mudah.
tutup oli blok mesin xenia
Tutup oli mesin xenia

Berikutnya adalah tahap mengisi oli mesin yang baru ke mesin mobil.
Tutup dan kencangkan baut drain yang tadi dibuka,lalu pasang filter oli yang baru.Setelah itu tuangkan oli mesin mobil sesuai kapasitasnya dengan mengggunakan corong.Untuk mobil xenia saya adalah 2.3 liter untuk ganti filter dan 2.1 liter jika tidak ganti filter olinya.

Jika anda punya literan oli lebih bagus agar mudah untuk cek berapa liter yang sudah dituangkan.Jika tidak punya maka bisa dilihat dari kemasan olinya.Dikemasan oli terdapat garis literannya.Kalau garisnya tidak begitu terlihat,cobalah untuk diterawang.


Deepstick oli mesin xenia (Kuning)
Terakhir coba cabut deepstick oli dan periksa volume olinya apakah sudah tepat. Yaitu berada pada posisi full atau garis yang atas.Jika sudah tepat maka penggantian oli mesin mobil kita sudah selesai.Ketika kita melakukan pergantian oli ini sebaiknya posisikan kendaraan dijalan rata.
Demikian sharing tentang cara mengganti oli mesin.Semoga bermanfaat
Baca juga : Cara menghilangkan bekas lem sticker pada body atau kaca
                   : Sensor parkir dan kamera mundur mobil tidak bunyi? Ini masalahnya