Review,Spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga

Review
Suzuki Ertiga hadir pertama kali di JIEXpo Kemayoran di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dengan nama R-III. Kemudian tampil secara global di New Delhi Auto Expo 2012, di India pada Januari 2012 dan berubah nama Suzuki Ertiga. Di Indonesia sendiri Suzuki Ertiga secara resmi diluncurkan pada tahun 2012.

Suzuki Ertiga ini merupakan MPV Global berjenis Low MPV yang pertama dari Suzuki yang dirakit dipabrik Indonesia.Suzuki Ertiga menggunakan mesin K-Series kedua yang diterapkan di Indonesia setelah Splash. Mesin berkode K14B,4 silinder dan telah mengadopsi teknologi DOHC serta VVT (Variable Valve Timing). 
Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017
New Suzuki Ertiga

Pada awal kemunculannya Suzuki Ertiga ini hadir dengan tiga varian bertransmisi manual 5 percepatan disemua varianya yaitu type GA,GL dan GX.Suzuki mengklaim,Produk Ertiga merupakan MPV dengan kenyamanan sekelas sedan serta kelincahan layaknya type hatchback. 

Semenjak keluar dipasaran sejak 2012, Suzuki Ertiga ini baru mengalami perubahan wajah sekali dan hanya beberapa ornament saja (facelift). BSetelah setahun dari kehadiranya di Indonesia, muncul varian Ertiga dengan AC Double Blower. 


Model ini hanya diterapkan pada Suzuki Ertiga model GL dan GX. Seiring banyaknya tuntutan dan permintaan dari konsumen,maka Suzuki merilis Ertiga Matic pada tahun 2013.Kemudain muncul lagi Ertiga Elegant dan Ertiga Sporty.

Pada kedua model ini (Elegant dan Sporty) ditambahkan bodykit dan spoiler belakang.Suzuki ini menjadi penantang baru segment MPV yang lebih dulu nangkring di posisi atas dari Astra yaitu si kembar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.
Rentang harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari harga Rp 183 juta sampai Rp 236,5 juta untuk type tertinggi (Ertiga Dreza).

Eksterior
Secara umum, tampilan Suzuki Ertiga ini tidak mempunya perbedaan yang signifikan disemua variannya.Pada bagian depan sedikit banyak mengingatkan pada wajah New Swift, terutama karena penggunakan lampu besar memanjang dan sedikit melengkung.


Untuk gril depan dibuat dengan bentuk kisi-kisi untuk mengalikran udara segar ke ruang mesin.Tepat dibagian tengahnya ada Logo S yang dilapisi dengan chrome.
Pada bagian samping, siluet bodi yang ramping dan simple dipadankan dengan velg berkelir silver. 


Dibelakang, bagian lampu stop dibuat mirip dengan SX-4, hanya saja dibentuk sedikit lebih melebar ke bagian pilar C. Pemakaian bohlam juga belum diaplikasikan type LED. Pada bagian kaca belakang ini terdapat tambahan lampu rem yang digabung dengan spoiler.Juga sudah terdapat wiper untuk menyapu ketika hujan.Pada bumper belakang juga disisipkan reflektor kecil disudut kiri dan kanan. 
  
Bentuk Suzuki Ertiga ini mengalami perubahan jelas pada New Ertiga yang dirilis pada tahun 2015.Paling mencolok terdapat dibagian grill depan yang berbentuk tiga bilah horizontal yang dilebur chrome. Rumah foglamp juga berubah dan dilapisi aksen chrome. 

Perubahan pada Suzuki Ertiga facelift ini antara lain pada velg dan desain bumper depan. Namun perubahan sangat terlihat ketika Suzuki mengeluarkan New Ertiga Dreza pada Januari 2016 yang menawarkan dua varian yakni New Ertiga Dreza dan New Ertiga Dreza GS. Semuanya merupakan top of the line dari semua model Suzuki Ertiga. 


Perbedaan lainnya ditemukan pada model velg yang memadukan nuansa aluminium hitam yang terlihat lebih elegan. Ornamen krom juga banyak ditemukan pada tipe ini. 

Baca juga : Review dan spesifikasi Toyota Veloz

Interior
Pada bagian Interior Suzuki Ertiga ini,ruang kabin dibentuk agar dapat memberikan kenyamanan untuk tujuh orang penumpang.Tata letak keseluruhan ruang interior Suzuki Ertiga ini juga terlihat lebihciamik.Lekuk-lekuk dashboard dibentuk dinamis dengan sedikit patahan-patahan berlebihan. 


Pada Suzuki Ertiga awal, dashboard dibuat dengan warna abu-abu dan beige, sementara pada New Ertiga menggunakan kombiansi cokelat tua dan beige.
Pada bagian tengah ada sistem hiburan yang terintegrasi dengan dashboard yang bisa memainkan musik dengan format CD, MP3, radio, atau dengan dikoneksikan melalui USB dan AUX-IN. Setir diberi aksen silver dan dari balik setir terlihat on-boad computer berpenampilan modern.


Aksen silver juga ditempelkan di sebagian doortrim dan tuas transmisi.Sarung jok tetap memakai bahan fabric kecuali model New Ertiga Dreza yang sudah diaplikasikan pelapis kulit. 
Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017
Interior Suzuki New Ertiga

Dibagian Pengaturan AC masih dengan cara manual yaitu diputar, belum ada fitur AC Dual Zone.Penumpang tidak perlu lagi rebutan charge di lighter karena bagian bangku baris kedua juga sudah ada tambahan lighter.

Nilai plus pada Suzuki Ertiga adalah posisi duduk pengemudi yang nyaman, ergonomis, serta sedikit rendah yang mirip dengan kemudi mobil jenis sedan. Inilah penggunaan platform New Swift pada Ertiga. 

Bagian bagasi juga cukup luas dan jika kekurangan tempat tambahan,bangku bisa dilipat untuk tambahan menaruh barang bawaan anda.


Performa
Dapur pacu Suzuki Ertiga ini mengusung mesin berkode K14B DOHC dengan 4 silinder dan kapasitas total 1.373 cc dengan kemampuan 92 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di 4.000 rpm.


Di atas kertas, performa ini terbilang modern, tidak terlalu superior tapi juga tidak lemah.Bedanya hanya pada pilihan transmisi manual 5-speed atau transmisi otomatis 4-speed.
Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017
Performa Suzuki New Ertiga
Suzuki Ertiga ini belum menganut teknologi CVT, tetapi gearbox otomatis Suzuki Ertiga bisa memberikan pergeseran antar gigi yang mulus.Hanya saja untuk pengguna tipe transmisi manual musti menyesuaikan diri dengan menambah gas sewaktu pergantian gigi supaya RPM tidak drop. 


Bantingan suspensi pada Suzuki Ertiga juga diklaim lebih lembut disbanding pada MPV pendahulunya yaitu Avanza dan Xenia.
Suzuki Ertiga ini juga menggunakan teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive by Wire Technology yang berfungsi membuat mobil  melesat di segala situasi namun penggunaan bahan bakar lebih efisien.


Suzuki Ertiga memiliki daya laju 0-100 km/jam dalam 13,9 detik atau 2,8 detik lebih lambat dari Honda Mobilio. Sedangkan transmisi otomatis waktu yang dicatat adalah 14 detik. Suzuki Ertiga mengaplikasikan sistem penggerak roda depan (front wheel drive).Ditopang dengan suspensi MacPherson yang membuat mobil ini nyaman dan stabil dalam keadaan normal maupun macet

Baca juga : Review dan Spesifiksi lengkap All new Xenia

Keamanan
Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017
Fitur keamanan Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga dirancang untuk kenyamanan serta keselamatan penumpang.Sudah ada dual SRS Airbags pada sisi pengemudi dan penumpang depan dan pada seluruh tipe (GA, GL, GX, Ertiga Sporty, Ertiga Elegant, dan New Ertiga Dreza).


Terdapat juga fitur side impact beam sebagai standar  fitur keselamatan mobil ini,sehingga ketika terjadi kecelakaan, penumpang tetap dapat keluar karena pintu tidak mudah terjepit akibat adanya penahan besi di bagian sisi pintunya.
Suzuki Ertiga juga dilengkapi seat belt untuk seluruh kursi .


Fitur child proof rear door locks pada pintu belakang mobil yang membuat pintu tidak mudah dibuka oleh anak kecil ketika tertutup. Tersedia pula parking sensor namun belum ditambahkan kamera mundur.

Mobil Ertiga ini juga dilengkapi sistem keyless entry dan immobilizer untuk menambah keamanan dari pencurian. Khusus tipe New Ertiga Dreza, ditambahan Antilock Breaking System (ABS) dan juga Electronic Breaking Distribution (EBD) untuk daya pengereman yang lebih baik.  


Spesifikasi Dan Harga Suzuki New Ertiga
Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017




Review,Harga dan spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga 2017