Kenali 6 Jenis Wiper Mobil Ini

Beberapa Jenis wiper mobil yang beredar dipasaran
Jenis wiper mobil
Jenis wiper mobil di pasaran
Dalam musim penghujan seperti sekarang, keberadaan wiper mobil tentu saja amat menentukan performa berkendara Anda. Bagaimana tidak, wiper mobil berfungsi untuk membersihkan kaca depan mobil yang air maupun kotoran yang lain yang bisa menghalangi pengelihataan di saat menyetir. 

Maka dari itu, Anda harus menentukan apakah wiper mobil dalam keadaan yang bagus ataupun tidak. Meskipun pada mobil sudah memiliki wiper masing-masing, ternyata wiper mobil memiliki berbagai jenis. Perhatikan penjelasan berikut mengenai varian wiper yang ada pada pasaran:

Baca Juga : Cara merawat wiper mobil

                   : Ukuran wiper berbagai merk mobil

1.WIPER KONVENSIONAL

Jenis untuk wiper konvensional ini. terdiri dari braket kemudian juga karet. Namun pada jaman modern ini, wiper jenis seperti ini sekarang akan sulit ditemukan sebab biasanya hanya terpasang dalam mobil-mobil jenis keluaran tempo dulu. Type wiper konvensional ini sudah tidak lagi digunakan dalam mobil-mobil keluaran terbaru saat ini.

2. WIPER FULL FRAME

Untuk model wiper full frame ini akhirnya menjadi jenis standar yang normal digunakan pada banyak tipe mobil keluaran pabrik masa kini. Wiper ini biasanya dilengkapi dengan gagang besi, sehingga sangat banyak penggunanya yang menganggap untuk wiper jenis ini mempunyai daya tahan yang ekstra kuat. Tidak hanya itu saja, adanya gagang besi juga dianggap bisa mendukung aksi wiper untuk menyapu bersih kotoran yang ada di bagian depan kaca. Namun, keberadaan gagang besi pada wiper di sini juga bisa berbahaya bila karet pada wiper telah menipis sehingga gagang bisa saja menggores permukaan kaca.

Baca Juga : Cara mengganti wiper mobil

                   : Cara ganti wiper belakang

3. WIPER FLAT-BLADE

Wiper jenis ini diklaim memiliki bobot yang amat ringan. wiper flat-blade hanya memiliki penyanggah tipis di bagian tengah wiper. Hampir seluruh badan pada  komponen wiper jenis ini  berbahan karet, namun terselip besi pipih di wiper untuk memperkuat aksi wiper dalam menyapu kaca. Wiper ini untuk sebagian pengguna mobil dianggap memiliki sapuan yang amat bersih jika digunakan.

Baca juga : Membersihkan interior mobil mudah dan murah


4. WIPER RE-FILL

Untuk jenis wiper ini mungkin anda sudah terbayang jika dilihat dari namanya. Anda tentu telah dapat menebak jenis wiper seperti apakah wiper re-fill ini. Ya, wiper re-fill ini tersedia dalam bentuk isi ulang. Saat dirasa karet wiper sudah menipis ataupun rusak, kita hanya cukup mengganti bagian karet wipernya saja. Namun, Anda pun musti memerhatikan untuk ukuran karet agar tetap sesuai dengan kerangkanya.

Baca Juga : Cara mengganti sensor switch pintu mobil

                    : Cara membedakan oli asli atau palsu

5. WIPER HIBRIDIA

Varian wiper hibridia ini adalah gabungan antara wiper biasa dan juga wiper flat-blade. Untuk jenis wiper ini memiliki komponen braket dan juga holder plastik. Pas untuk anda yang menginginkan wiper biasa namun memiliki kinerja optimum seperti flat-blade.

Baca juga ; Penyebab aki soak atau tekor


6. WIPER FRAME-LESS

Yang terakhir adalah tipe wiper frame-less yang memiliki bingkai yang terbuat dari bahan plastik, sedangkan karet yang terdapat di dalam tipe ini juga punya tekstur yang lebih lembut. Jika pada tipe full frame kaca Anda bisa saja terkena risiko lecet gara-gara bingkai besi, pada tipe wiper ini Anda dapat lebih tenang. Namun, pada keadaan  karet wiper menipis, Kita tak bisa mengganti bagian karet wipernya saja. Kenapa? karena karet di dalam wiper ini tidak bisa untuk diisi ulang atau replace, sehingga Kita pun butuh budget ekstra untuk membeli seluruh komponennya.

Baca Juga : Cara melepas jog mobil

                    : Membuat kabin terang dengan LED

Dari keenam macam jenis wiper tersebut, Anda tentu saja sudah bisa menentukan wiper jenis mana yang paling cocok bagi mobil terbaik keluarga anda.


Baca juga : Cara pasang kamera mundur mobil

                   : Cara melepas emblem mobil

Post a Comment for "Kenali 6 Jenis Wiper Mobil Ini"