Cara Mudah Cek Kampas Kopling Mobil Masih Bagus Atau Sudah Habis

Jika pada artikel sebelumnya saya sudah berbagi tips cara menjaga kampas kopling supaya tidak cepat habis,kali ini saya akan berbagi tips cara mengecek atau mengetahui kampas kopling mobil apakah sudah aus atau sudah waktunya diganti.

Kampas kopling merupakan bagian yang vital juga untuk sebuah mobil. Kampas kopling ini juga bisa mempengaruhi power sebuah mobil,terutama untuk mobil manual.
Tanda dan ciri kampas kopling mobil aus dan habis
Tanda dan ciri kampas kopling mobil aus dan habis

Anda sebagai pemilik dan pengendara mobil wajib mengetahui kondisi kampas kopling mobil apakah masih bagus atau sudah aus dan waktunya untuk diganti dengan yang baru.


Nah dibawah ini akan saya jelaskan ciri ciri atau indikasi bahwa kampas kopling mobil anda sudah mulai aus.
Diantara ciri cirinya adalah : 

1.Pada tarikan atau akselerasi awal biasanya mobil seperti tertahan atau berat.

Layaknya seperti mobil matic atau motor matic pada akselerasi tarikan awal akan terasa seperti berat atau menderung dulu baru kemudian tarikan menjadi normal.Pelajari hal ini sebelum anda mengemudikan mobil transimisi matic

Jika mobil manual anda mengalami hal demikian berarti kampas kopling mobil anda sudah mulai aus.


2. Tarikan mobil lebih lambat dari biasanya.

Coba perhatikan jarum speedometer anda ketika mobil sedang melaju.

Misalnya saja dengan RPM 3000 mobil bisa melaju dengan kecepatan 60-70km/h,nah ketika kampas kopling sudah aus biasanya kecepatan mobil tidak selaras dengan RPM. 

Yang biasanya RPM 3000 dengan kecepatan 70km/h,ini menjadi lebih kurang misal diangka 50km/h. Nah jika mobil anda seperti ini berarti anda perlu mengecek kampas kopling,mugkin sudah aus.


3.Hidupkan mesin mobil anda kemudian masukkan ke tuas gigi 3 dan jangan injak gas. Kemudian lepaskan pedal kopling secara perlahan dan lihat apa yang akan terjadi

Jika kopling sudah dilepaskan full dan mobil masih melaju lancar,maka ada kemungkinan kampas kopling sudah aus.

Kampas kopling harus diganti jika setelah pedal kopling dilepas mobil melaju lebih kencang.

Jika kampas kopling masih bagus maka mobil akan tersendat sendat atau bahkan mati.


Nah sekarang anda sudah tahu ciri ciri kampas mobil sudah aus,maka dari itu periksa apakah tanda tanda diatas ada pada mobil anda.

Jika anda sebaiknya mobil anda bawa ke bengkel langganan untuk dilakukan pemeriksaan supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Demikian indikasi atau ciri ciri kampas mobil anda sudah aus,semoga bermanfaat.