Bahaya Mengganti Lampu Mobil Dengan Watt Lebih Besar

Bahaya mengganti daya lampu pada mobil
Bahaya mengganti daya lampu pada mobil
Lampu utama mobil atau headlamp adalah perangkat penting untuk membantu kita ketika berkendara pada waktu malam hari atau jalan yang gelap. Ketika cahaya atau sinar yang dihasilkan dari bohlamp headlamp kurang terang maka akan menggangu kita dalam berkendara dan bahkan bisa membahayakan.

Bohlamp pada headlamp atau lampu utama ini juga mempunya lifetime. Begitu juga dengan mika pada lampu utama. Semakin lama usia headlamp ini pada umumnya akan berdampak pada kurangnya cahaya yang dihasilkan. Masalah yang kebanyakan ditemui adalah karena mika lampunya yang mulai menguning dan buram serta kondisi dari bohlampnya.

Karena masalah ini maka tak jarang para pemilik mobil dibuat pusing untuk memperbaikinya. Cara untuk mengembalikan supaya cahaya menjadi terang seperti semula adalah dengan membersihkan mika lampunya agar menjadi bening kembali atau menggantinya dengan yang baru. Namun harga mika lampu ini juga lumayan mahal. 

Selain dari cara diatas,tidak sedikit pula pengendara mobil yang mengganti bohlampnya dengan yang lebih besar daya atau wattnya dari standart yang dianjurkan dengan harapan cahaya yang dikeluarkan menjadi lebih terang dari sebelumnya.Namun penggantian bohlamp dengan yang lebih besar ini mempunyai dampak yang merugikan serta membahayakan.
Dampak negatif yang ditimbulakn oleh penggantian bohlamp dengan waat yang lebih besar tersebut diantaranya :

1. Headlamp akan menjadi cepat panas karena efek panasnya bohlamp sehingga mika lampu akan cepat menguning.
2.Fuse atau sekering lebih sering putus karena tidak seimbang antara daya lampu dengan kekuatan sekering. Sehingga anda harus stock sekering lebih banyak.
3.Dudukan bohlamp pada headlamp akan mudah meleleh atau terbakar karena panasnya dan akibat fatalnya bisa terjadi konsleting bahkan terjadi mobil terbakar.
4.Bohlamp lebih sering putus karena melebihi daya yang dianjurkan.
Ada cara yang lebih aman jika anda terpaksa harus mengganti bohlampnya dengan yang lebih besar wattnya yaitu dengan menambahkan relay. Namun efek mika headlamp yang mudah menguning tetap akan ada.

Cara paling aman mengembalikan cahaya headlamp supaya terang kembali adalah dengan mengganti mikanya atau membersihkanya dengan memoles atau dengan mengganti dengan headlamp aftermarket seperti HID projie. Review headlam dengan projie bisa baca disini.
Demikian tips dari mazcecep tentang resiko dan bahaya mengganti bohlamp headlamp dengan watt yang lebih besar dari yang disarankan pabrik. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Bahaya Mengganti Lampu Mobil Dengan Watt Lebih Besar"