2020,Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Dan Gratis

Minggu lalu saya membayar pajak motor vario saya yang kebetulan sudah lewat dari tanggalnya. Bukan sengaja ga dibayar tapi saya salah mengingat tanggal dan bulannya. Yang harusnya pajak bulan oktober 2019 tapi saya ingatnya bulan November 2019 dan tahun kemarin bertepatan dengan ganti plat nomor (TNKB) karena motor sudah 5 tahun (2014-2019).
bayar pajak samsat cikarang
Kantor samsat cikarang
Mulai tahun ini ada reminder dari kantor samsat jika sudah mendekati tanggal pembayaran pajak, reminder itu bisa berbentuk sms atau surat yang dikirim ke rumah pemilik kendaraan seperti yang kemarin saya terima.

Pajak kendaraan motor atau mobil biasanya saya titip ke biro jasa atau teman kantor. Karena pekerjaan saya sebagai karyawan pabrik yang masuk pagi terus dan cuti saya sedikit, jadi tidak sempat datang bayar pajak ke kantor samsat sendiri.


Nah kebetulan perusahaan saya untuk tanggal 30 dan 31 desember 2019 kemarin diliburkan, maka saya ada waktu untuk datang sendiri bayar pajak ke kantor samsat. Terhitung sampai tanggal 30 desember 2019, pajak motor vario saya sudah terlambat 2 bulan dan pastinya akan dikenakan denda.


Saya berangkat dari rumah pukul 09.30 dan sampai kantor samsat cikarang pukul 10.00 karena rumah saya tidak terlalu jauh dengan kantor samsat. 
Supaya lebih menghemat waktu, saya menyiapkan berkas persyaratan pajaknya dari rumah. Jadi di samsat nanti tidak perlu fotocopy lagi dan langsung mengisi formulir saja.

Syarat atau berkas yang perlu di lampirkan untuk pembayaran pajak kendaraan adalah:
BPKB Asli
KTP asli dan fotocopy
STNK asli dan fotocopy

Jika sudah 5 tahun maka kendaraan juga harus dibawa.

Sampai kantor samsat langsung saja menuju ke tempat parkir untuk gesek nomor rangka dan nomor mesin.Namun sebelum digesek oleh petugas,kita harus melakukan pendaftaran dulu. Loket pendaftaran jadi satu di tempat gesek nomor tersebut. Setelah daftar dan sambil menunggu panggilan, motor bisa langsung digesek oleh petugas yang sudah siap disitu.
Kantor samsat cikarang
jam istirahat di kantor samsat cikarang
Setelah dipanggil dari loket pendaftaran, selanjutnya menuju ke pintu masuk utama gedung dan mengambil formulir untuk diisi datanya sesuai stnk dan ktp. Jangan lupa motor di parkir di tempat parkir dulu. Untuk mempersingkat waktu,sebaiknya kita membawa ballpoint sendiri biar ga nunggu antrian terlalu lama. Kadang sudah nunggu agak lama,ternyata ballpointya tidak ada.

Setelah isi data selesai, selanjutnya serahkan berkas ke loket 1. Berkas ini harus kita serahkan sendiri ke petugas karena tidak ada panggilan. Jadi langsung saja bawa ke depan dan tumpuk dengan berkas yang lain.


Selanjutnya nunggu antrian dipanggil dari petugas loket 1 tersebut. Setelah dipanggil dan datanya tidak ada masalah, kita akan disuruh mengantri di loket pembayaran yang ada disebelahnya.Jumlah pembayaran baru bisa diketahui setelah dipanggil oleh petugas di loket pembayaran. 


Setelah melakukan pembayaran selesai, kita akan dikasih bukti struk tanda sudah bayar dan lunas. Dan selanjutnya tinggal menunggu pemanggilan dari loket penyerahan stnk yang ada disebelah loket pembayaran.

Pajak yang harus saya bayar untuk motor Vario CBS Techno keluaran tahun 2009 dengan telat bayar 2 bulan adalah 601 ribu rupiah.
Biaya pajak motor vario CBS Techno 2009
Biaya pajak motor vario CBS Techno 2009
Beberapa saat mengantri akhirnya dipanggil untuk mengambil stnk motor saya.Karena saya harus ganti plat nomor juga,maka harus ada satu step proses lagi yaitu untuk pengambilan TNKB. Untuk mengambil plat nomor ini posisinya ada di belakang gedung disamping tempat parkir. Disitu ada plakat bertuliskan TNKB.

Petugas yang menyerahkan stnk tidak memberi tahu proses selanjutnya, jadi saya langsung saja mencari loket untuk pengambilan plat nomor.

Untuk bisa mengambil plat nomor motor, kita harus menyerahkan stnk asli lebih dulu ke petugas untuk distempel dan dicetak platnya sesuai STNK dan nanti akan dipanggil jika sudah selesai.


Setelah menunggu sekitar 10 menit akhirnya dipanggil juga dan plat nomor sudah jadi. Plat nomor sekarang tulisanya lebih rapi dan lebih kecil dari 5 tahun lalu ketika saya ganti plat nomor.


Proses pembayaran pajak dan ganti plat nomor motor saya selesai pukul 14.00 karena terpotong waktu istirahat jam 12.00-13.00wib.

Sebagai saran saja:
Sebaiknya anda datang sepagi mungkin untuk antisipasi antrian yang banyak dan bisa mempercepat waktu prosesnya. Proses pembayaran di samsat ini sebenarnya cukup cepat,yang membuat lama adalah banyaknya antrian. Belum lagi kalau kepotong jam istirahat.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "2020,Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Dan Gratis"